6 Karakteristik Benua Antartika yang Membedakannya dari Benua Lain

Apa karakteristik Benua Antartika? - Wilayah daratan di bumi dibagi menjadi 6 jenis benua. Terdapat Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Afrika, Benua Asia, Benua Australia, serta Benua Antartika. Antartika kerap disebut dengan kutub selatan. Benua yang satu ini memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh benua lain (lihat juga: Karakteristik Benua Eropa) . Karakteristik benua Antartika tersebut akan dijelaskan dengan rinci di bawah ini.

1. Benua Bersalju Abadi
Benua Antartika disebut sebagai benua bersalju abadi sepanjang tahun. Hal itu dikarenakan sebagian besar daerah benua tersebut berada di sisi selatan garis khatulistiwa (garis imajiner lintasan dari matahari yang melalui bumi). Benua tersebut tidak mendapat pancaran sinar matahari yang cukup tiap tahunnya.

Suhu permukaan daratan benua Antartika yaitu berada di bawah suhu 0°C. Tak heran kadar air di daratan tersebut selalu ada dalam kondisi beku. Air yang membeku itulah yang membuat adanya salju abadi di tiap tahun walaupun ketika siang hari (lihat juga: Karakteristik Benua Afrika).

2. Benua yang Tak Memiliki Penghuni
Karena letaknya yang tergolong jauh dari garis ekuator (khatulistiwa) maka hal itu bisa membuat cuaca, iklim, maupun suhu di sana hanya mempunyai satu musim. Musim yang dialami hanyalah musim salju yang datang hampir sepanjang tahun. Musim dingin tersebut tidak cocok dengan sejumlah ekosistem makhluk hidup.

Tabel Karakteristik dari Benua Antartika
Karakteristik Penjelasan
Benua bersalju abadi Karena letaknya di selatan garis ekuator
Benua yang tak memiliki penghuni Karena sepanjang tahun hanya ada musim salju
Benua yang tak dimiliki negara manapun Tidak ada satupun negara yang memiliki benua Antartika
Benua yang letaknya ada di selatan bumi Karena posisi garis lintang serta garis bujurnya ada di bumi bagian selatan
Benua Antartika hanya mempunyai vegetasi tundra Karena benua Antartika adalah wilayah gurun salju yang hanya memiliki curah hujan sebesar 200 mm tiap tahun
Julukannya adalah benua magnetis selatan Karena benua Antartika mempunyai kutub magnetis dengan penunjuk arahnya selatan

3. Benua yang Tak Dimiliki Negara Manapun
Walaupun ada banyak negara yang bereksplorasi dan meneliti sejumlah wilayah di Benua Antartika namun tak ada satupun dari mereka yang mengakui jika benua tersebut masuk ke dalam wilayah negara mereka. Namun ada juga beberapa negara yang mempunyai area di benua itu sebagai daerah teritorial penelitian mereka. Negara tersebut antara lain Perancis, Jerman, Inggris, serta Amerika. Benua yang satu ini juga punya kode telepon internasional sendiri yaitu +672.

4. Benua yang Letaknya Ada di Selatan Bumi
Karakteristik benua Antartika selanjutnya adalah dari letaknya. Berdasarkan letak geografisnya yaitu di permukaan peta serta citra satelit, Antartika berada di selatan bumi. Jika dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur benua dingin tersebut juga ada di bawah garis khatulistiwa atau garis ekuator.

5. Benua Antartika Hanya Mempunyai Vegetasi Tundra
Terdapat beberapa ilmuwan yang mengatakan jika Benua Antartika merupakan gurun. Hal itu dikarenakan curah hujannya hanyalah 200 mm di tiap tahunnya. Selain itu benua tersebut juga mempunyai kontur tanah tandus dengan angin kencang yang bertiup. Dengan kondisi topografis tersebut maka vegetasi yang dapat tumbuh hanyalah tundra. Tundra sendiri merupakan jenis tumbuhan lumut yang bisa bertahan hidup di wilayah yang suhunya di bawah 0°C.

6. Julukannya Adalah Benua Magnetis Selatan
Berdasarkan sistem arah yang berlaku di seluruh dunia, benua yang satu ini adalah benua yang mempunyai kutub magnetis berpetunjuk arah ke selatan. Hal tersebut adalah pasangan dari kutub magnetis bagian utara. Dari sanalah julukan tersebut bisa ada.

Demikianlah 6 karakteristik benua Antartika. Tiap benua pasti memiliki ciri khas masing-masing yang membedakannya dari yang lain. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.

6 Karakteristik Benua Antartika yang Membedakannya dari Benua Lain