Ciri-Ciri Bioma Tundra Paling Lengkap

Ciri khas bioma tundra - Bioma merupakan suatu daerah di bumi ini yang memiliki kondisi iklim serta geografis yang sama seperti tumbuhan dan hewan beradaptasi di lingkungan yang mereka tinggali. Ada juga yang menyebutkan jika bioma adalah ekosistem besar yang di dalamnya terdapat fauna dan flora dengan ciri khas masing-masing (lihat juga: Ekosistem Hutan). Bioma memiliki banyak jenis, salah satunya adalah bioma tundra.

Bioma tundra merupakan jenis ekosistem darat yang berada pada daerah dataran yang luas yang tak mempunyai pohon. Bioma tundra hanya ada di kutub utara dan selatan saja. Adapun bioma tundra punya sejumlah ciri khas tersendiri yang tak dimiliki jenis lainnya. Berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri bioma tundra beserta tabelnya.

Bioma tundra berada di sekitar wilayah lingkar Artik serta Greenland di kutub utara, dan juga di Antartika serta pulau kecil di sekitarnya di kutub selatan. Seperti yang telah disinggung di atas, bioma tundra tak bisa ditemukan di pohon melainkan di tumbuhan kecil seperti lumut atau rumput.

Berdasarkan pembagian iklimnya, bioma jenis ini terletak di daerah yang memiliki iklim es abadi serta iklim tundra. Ciri-ciri bioma tundra bisa dilihat berdasarkan tabel dan penjelasannya di bawah ini.

Tabel Ciri Bioma Tundra Berdasarkan Pembedanya
Ciri Pembeda Keterangan
Kondisi Wilayahnya tertutup es
Sifat Permafrost
Kemampuan Tundra Alpine
Ciri Lain Curah hujan tahunan

1. Berdasarkan Kondisi
  • Bisa dibilang seluruh wilayahnya ditutupi oleh es atau salju.
  • Mempunyai musim dingin yang sangat panjang dan gelap. Sementara itu musim panasnya juga panjang dan terang. Peristiwa tersebut bisa terjadi karena adanya gerak semu matahari yang hanya tiba di posisi 23,5° LU/LS.
  • Bioma tundra bisa menutupi luas yang besar sekali di wilayah Arktik. Bahkan bisa menutupi sampai 20% permukaan tanah di bumi ini.

2. Berdasarkan Sifat
  • Bioma tundra memiliki sifat permafrost. Permafrost adalah kondisi dimana tanah di sisi bawah permukaan permanen beku.
  • Curah hujan tahunan yang sangat sedikit bisa membuat air tak bisa tembus permafrost di bawahnya. Hal itu akan membuat penumpukan di dasar kolam di atas bunga tanah yang dangkal saat musim panas pendek berlangsung.
  • Bioma tundra memiliki keanekaragaman biotik yang tergolong rendah. Selain itu struktur vegetasinya juga sederhana dan usia tumbuh tanamannya relatif pendek. Tanaman hanya bisa tumbuh selama 1 hingga 4 bulan atau sekitar 30 sampai 120 hari lamanya.

3. Berdasarkan Kemampuan
  • Kecepatan anginnya tinggi sementara suhunya yang dingin dapat membuat komunitas tumbuhan sejenis yang dikenal dengan istilah Tundra Alpine.
  • Musim tanamnya hanya berlangsung selama 50 hingga 60 hari. Suhu rata-ratanya yaitu berkisar 3° sampai 12°C. Hal itu memungkinkan vegetasi bioma tundra bisa tetap hidup.
  • Tanaman dapat berfotosintesis di suhu serta intensitas cahaya yang sedikit.

4. Berdasarkan Ciri Lain
  • Curah hujan tahunannya yaitu 15 sampai 25 cm termasuk ketika salju mencair.
  • Energi serta nutrisinya berbentuk bahan organik yang sudah mati.
  • Nitrogen dibuat dari fiksasi biologis serta fosfor yang terbuat dari hujan.

Adapun bioma ini terbentuk karena adanya lingkungan alam yang gelap di rentang waktu yang sangat lama. Wilayah yang tak terjangkau sinar matahari tersebut hanya memiliki sejumlah pohon kerdil. Bahkan ada yang hanya memiliki lumut, terlebih lumut kerak dan sphagnum. Demikian ulasan mengenai 4 ciri-ciri bioma tundra dalam tabel dan penjelasan lebih lengkapnya. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Ciri-Ciri Bioma Tundra Paling Lengkap