Daftar Sungai Terpanjang di Thailand

Apa nama sungai terpanjang di Thailand? - Salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki sungai yang cukup panjang adalah Thailand. Sungai di Thailand memiliki panjang hingga ribuan kilometer. Banyak dari sungai tersebut yang masih menjadi sumber kehidupan oleh masyarakat yang tinggal di dekatnya. Ada juga yang menjadi pembatas internasional antara negara Thailand dengan negara lainnya (lihat: Peta Thailand). Itu sebabnya sungai terpanjang di Thailand berikut ini sangatlah penting keberadaannya.

1. Sungai Mekong (4.350 km)
Sungai Mekong adalah sungai sama yang dimiliki sejumlah negara seperti Myanmar, Laos, Cina, Kamboja, hingga Vietnam. Volume dari sungai ini bahkan menduduki peringkat teratas di dunia dan juga dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai Mekong secara tidak langsung menjadi pembatas dari 2 negara di sekitar Thailand yaitu Myanmar dan Laos.

Sungai yang disebut-sebut sebagai awal mula peradaban manusia di wilayah Asia Tenggara ini kerap dimanfaatkan oleh masyarakat di sana. Masyarakat sekitar memanfaatkan Sungai Mekong baik dari segi pendidikan maupun perdagangan. Pusat perekonomian terjadi juga di sungai yang satu ini seperti misalnya hotel, restaurant dan juga pasar tradisional. Jika Anda ingin menyisir sungai tersebut, gunakan saja jasa penyewaan kapal untuk melihat pemandangan indah di sana.

Daftar 4 Sungai Paling Panjang yang Ada di Thailand
Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1. Sungai Mekong 4.350 km Thailand, Myanmar, Laos, Cina, Kamboja, dan Vietnam
2. Sungai Salween 2.815 km Thailand, Cina, dan Myanmar
3. Sungai Chi 1.047 km Thailand
4. Sungai Mun 900 Thailand

2. Sungai Salween (2.815 km)
Sungai Salween disebut juga dengan Sungai Nu. Menempati peringkat kedua sebagai sungai terpanjang di Thailand, sungai tersebut mengalir dari daerah Tibet melewati Yunnan kemudian menuju ke arah selatan Laut Andaman melewati negara tersebut serta negara Myanmar. Sungai tersebut mengalir hampir bersamaan dari Tibet bersama dua sungai besar lainnya yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Mekong. Itu sebabnya Sungai Salween memiliki julukan sebagai Tiga Sungai Paralel.

Pemerintah Cina sendiri telah membuat rencana proyek pembangunan bendungan di aliran sungai tersebut karena sungai itu masuk ke wilayah teritori negara Cina. Proyek tersebut terbilang kontroversial karena bisa merusak keanekaragaman hayatinya. Selain itu sekitar 60.000 etnis minoritas di sana juga harus dipindahkan. Akibat yang didapat dari adanya proyek tersebut adalah kerugian di masyarakat yang tinggal di daerah hulu yakni negara Thailand dan Myanmar.

3. Sungai Chi (1.047 km)
Selanjutnya ada Chi River yang hanya mengaliri negara Thailand. Dalam Bahasa Isan, Chi River memiliki nama Mae Si yang kemudian diterjemahkan menjadi "Chi" di Bahasa Thailand. Di musim hujan sungai tersebut kerap dilanda banjir bandang. Chi River naik ke Pegunungan Phetchabun, lalu mengalir menuju ke timur melewati Provinsi Chaiyaphum, Khon Kaen, serta Maha Sarakham di wilayah Isan. Alirannya lalu akan berbelok ke arah selatan di Roi Et dan melalui Yasothon. Nantinya Chi River akan bergabung dengan Mun di Provinsi Sisaket lebih tepatnya di Distrik Kanthararom.

4. Sungai Mun (900 km)
Sungai terakhir yang masuk ke dalam daftar adalah Mun River. Mun River terkadang dieja sebagai Moon River. Sungai tersebut merupakan anak Sungai Mekong. Setiap tahunnya Mun River membawa kurang lebih 26 kilometer kubik air. Sungai ini diawali dari kawasan Taman Nasional Khao Yai di daerah Sankamphaeng Range. Letaknya dekat dengan Nakhon Ratchasima yang ada di timur laut dari negara Thailand. Mun River akan mengalir ke arah timur melewati Dataran Tinggi Khorat yang ada di Isan Selatan.

Keempat sungai terpanjang di Thailand itu keberadaannya masih ada hingga sekarang. Dengan saling menjaga lingkungan maka sungai akan tetap terjaga kualitas dan kebersihannya. Sekian dan semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Daftar Sungai Terpanjang di Thailand