Daftar Sungai Terpanjang di Thailand

Apa Nama Sungai Terpanjang di Thailand? - Salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki sungai yang cukup panjang adalah Thailand. Sungai di Thailand memiliki panjang hingga ribuan kilometer. Banyak dari sungai tersebut yang masih menjadi sumber kehidupan oleh masyarakat yang tinggal di dekatnya. Ada juga yang menjadi pembatas internasional antara negara Thailand dengan negara lainnya (lihat: Profil Negara Thailand). Itu sebabnya beberapa sungai terpanjang di Thailand berikut ini sangatlah penting keberadaannya.

1. Sungai Mekong (4350 km)

Sungai Mekong adalah salah satu sungai di Thailand yang juga dimiliki sejumlah negara seperti Myanmar, Laos, China, Kamboja, dan Vietnam. Volume dari sungai ini bahkan menduduki peringkat teratas di dunia dan juga dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Sungai Mekong secara tidak langsung menjadi pembatas wilayah dan budaya dari 2 negara di sekitar Thailand yaitu negara Myanmar dan Laos. Sungai ini disebut-sebut sebagai lokasi awal mula peradaban manusia di wilayah Asia Tenggara dan kerap dimanfaatkan oleh masyarakat yang dilalui sungai ini. Masyarakat sekitar memanfaatkan Sungai Mekong baik dari segi perikanan, perdagangan, maupun transportasi.

Pusat perekonomian terjadi juga di sungai yang satu ini seperti misalnya hotel, restaurant dan juga pasar tradisional. Jika Anda ingin menyisir sungai tersebut, gunakan saja jasa penyewaan kapal untuk melihat pemandangan indah di sana.

2. Sungai Salween (2815 km)

Sungai Salween disebut juga dengan Sungai Nu. Menempati peringkat kedua sebagai sungai terpanjang di Thailand, sungai ini mengalir dari daerah Tibet melewati Yunnan kemudian menuju ke arah selatan Laut Andaman melewati negara Thailand serta Myanmar. Sungai tersebut mengalir hampir bersamaan dari Tibet bersama dua sungai besar lainnya yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Mekong. Itu sebabnya Sungai Salween memiliki julukan sebagai Tiga Sungai Paralel.

sungai salween
Sungai Salween sebagai sungai terpanjang nomor 2 di Thailand.

Pemerintah China sendiri telah membuat rencana proyek pembangunan bendungan di aliran sungai ini karena sebagian besar wilayah sungai ini masuk ke teritorial negara China. Proyek tersebut terbilang kontroversial karena bisa merusak keanekaragaman hayati Sungai Salween. Selain itu sekitar 60.000 etnis minoritas di sana juga harus direlokasi atau dipindahkan. Akibat yang didapat dari adanya proyek tersebut adalah kerugian di masyarakat yang tinggal di daerah hulu yakni negara Thailand dan Myanmar.

3. Sungai Chi (1047 km)

Selanjutnya ada Chi River yang hanya mengaliri negara Thailand. Dalam Bahasa Isan, Chi River memiliki nama Mae Si yang kemudian diterjemahkan menjadi "Chi" di Bahasa Thailand. Di musim hujan sungai tersebut kerap dilanda banjir bandang. Chi River naik ke Pegunungan Phetchabun, lalu mengalir menuju ke timur melewati Provinsi Chaiyaphum, Khon Kaen, serta Maha Sarakham di wilayah Isan. Alirannya lalu akan berbelok ke arah selatan di Roi Et dan melalui Yasothon. Nantinya Chi River akan bergabung dengan Mun di Provinsi Sisaket lebih tepatnya di Distrik Kanthararom.

4. Sungai Mun (900 km)

Sungai terakhir yang masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di Thailand adalah Sungai Mun (Mun River). Sungai Mun terkadang dieja sebagai Sungai Moon (Moon River) sebenarnya adalah anak Sungai Mekong. Setiap tahunnya Mun River membawa kurang lebih 26 kilometer kubik air.

Sungai ini diawali dari kawasan Taman Nasional Khao Yai di daerah Sankamphaeng Range yang letaknya dekat dengan Nakhon Ratchasima yang ada di timur laut negara Thailand. Mun River akan mengalir ke arah timur melewati Dataran Tinggi Khorat yang ada di Isan Selatan.

No Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1 Sungai Mekong 4350 km Thailand, Myanmar, Laos, China, Kamboja, dan Vietnam
2 Sungai Salween 2815 km Thailand, China, dan Myanmar
3 Sungai Chi 1047 km Thailand
4 Sungai Mun 900 km Thailand

Keempat sungai terpanjang di Thailand tersebut keberadaannya masih ada hingga sekarang. Dengan selalu menjaga lingkungan maka sungai akan tetap terjaga kualitas dan kebersihannya. Sekian dan semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan Anda.

FAQ

Apa nama sungai terpanjang dan terkenal di Thailand?
Beberapa sungai terpanjang dan terkenal di Thailand adalah Sungai Mun atau Sungai Moon, Sungai Chi atau Sungai Mae Si, Sungai Salween atau Sungai Nu, dan Sungai Mekong.
Apa saja sungai utama di Thailand?
Sungai utama di Thailand diantaranya adalah Sungai Mekong, Sungai Moon, Sungai Chi, dan Sungai Salween.
Apa nama sungai yang mengalir di Thailand?
Tanpa memperhatikan peringkat panjang sungai maka sungai-sungai yang mengalir di Thailand diantaranya adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Ping, Sungai Bang Pakong, Sungai Khwae Yai, Sungai Kraburi, dan 4 sungai yang sudah disebutkan diatas.
Komentar