Penjelasan Sistem Pembagian Waktu di Indonesia Zona WIB, WITA, dan WIT

Sistem Pembagian Waktu di Indonesia - Kita yang tinggal di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan sistem pembagian waktu di Indonesia. Ya, pembagian waktu ini bisa dibilang merupakan dampak dari letak geografis Indonesia. Sebenarnya sistem pembagian waktu ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja namun juga di seluruh permukaan bumi. Alasannya, karena adanya faktor letak geografis yang membuat akhirnya setiap wilayah di bumi memiliki pembagian waktu yang berbeda-beda. Lalu bagaimana pembagian waktu di Indonesia dan apa bedanya dengan pembagian waktu di beberapa negara di dunia lainnya? Berikut penjelasannya.

Anda mungkin sering atau paling tidak pernah mengalami hal seperti ketika Anda menanyakan waktu saat berbicara dengan rekan di daerah Bali misalnya. Disaat Anda mengatakan sedang jam 5 sore, maka teman Anda di Bali tersebut akan menjawab pukul 6 sore. Ya, inilah contoh sederhana dari adanya pembagian yang menyebabkan terjadinya perbedaan waktu tersebut. Bagaimana sebenarnya penjelasan tentang pembagian waktu di Indonesia dan bagaimana mengetahui perbedaan pembagian waktu ketiganya?.

Nah, sebelum membahas tentang pembagian waktu yang ada di Indonesia, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana pembagian waktu ini diatur. Indonesia secara astronomis terletak pada koordinat 6°LS-11°LS dan 95°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis inilah yang nantinya akan mempengaruhi pembagian waktu yang ada di Indonesia.

Pembagian waktu ini berdasarkan letak suatu wilayah di garis bujurnya. Dengan penghitungan setiap jarak 15° maka akan menunjukkan perbedaan waktu hingga 60 menit (1jam). Berdasarkan penghitungan inilah diketahui jika Indonesia berbeda sebanyak 7 jam dengan Greenwich dimana bujur 0° berada. Pembagian waktu di Indonesia dikelompokkan ke dalam 3 kelompok waktu, yaitu:

1. Waktu Indonesia Barat (WIB)
Daerah-daerah yang masuk dalam wilayah waktu Indonesia Barat (WIB) ini adalah wilayah yang terletak pada bentang 95°BT-105°BT. Wilayah waktu WIB ini berselisih 7 jam dengan Kota Greenwich dimana titik bujur 0° berada. Karena itu waktunya berbeda 7 jam lebih cepat dibanding kota Greenwich. Sistem penghitungan waktu di Indonesia bagian barat ini adalah GMT+7.

2. Waktu Indonesia Tengah (WITA)
Daerah yang masuk dalam kategori Waktu Indonesia Tengah ini berada pada posisi garis bujur 105°BT-120°BT. Wilayah waktu Indonesia Tengah ini memiliki selisih 8 jam dengan kota Greenwich sebagai pusat bujur 0°. Dengan begitu sistem penghitungan waktunya adalah GMT+8.

3. Waktu Indonesia Timur (WIT)
Yang terakhir adalah daerah Waktu Indonesia Timur yang secara garis bujur terletak pada posisi 120°BT-141°BT. Daerah waktu Timur ini memiliki perbedaan selama 9 jam dengan kota Greenwich yang merupakan pusat titik bujur 0° di muka bumi. Sistem penghitungan waktu di daerah wilayah waktu Indonesia Timur ini adalah GMT+9.

Setiap daerah waktu mencakup daerah yang berbeda-beda seperti yang dijelaskan di dalam tabel berikut:
Wilayah Waktu Provinsi yang Termasuk
Waktu Indonesia Barat Provinsi Aceh, Sumatera Utata dan semua provinsi di Sumatera, semua provinsi di Jawa, Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah
Waktu Indonesia Tengah Bali, NTT, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, semua provinsi di Sulawesi, Gorontalo
Waktu Indonesia Timur Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui jika Indonesia dibagi ke dalam 3 wilayah waktu berdasarkan koordinat derajat bujurnya. Perbedaan pembagian waktu di Indonesia ini harus diketahui secara lengkap karena akan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Penjelasan Sistem Pembagian Waktu di Indonesia Zona WIB, WITA, dan WIT