Macam-Macam Komponen Biotik dan Contohnya

Komponen biotik adalah komponen yang ada di dalam ekosistem yang berupa makhluk hidup, contohnya seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme. Pada setiap komponen biotik mempunyai peran masing-masing dalam pemenuhan kebutuhan dalam makanan sehingga dapat membuat ekosistem berjalan dengan seimbang.

Lihat juga: Contoh Komponen Abiotik

Komponen biotik dalam ekosistem mempunyai tugas dan perannya masing-masing. Komponen biotik menurut peranannya dibagi menjadi tiga yaitu produsen, konsumen, dan pengurai dimana ketiganya mempunyai peran yang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhannya.

Produsen

Produsen juga termasuk salah satu komponen biotik yang merupakan kumpulan makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri yang menduduki posisi paling atas. Biasanya yang berada dalam produsen ini adalah tumbuhan hijau karena tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri dengan cara melakukan proses fotosintesis.

Contoh tumbuhan yang ada di dalam produsen ialah fitoplankton atau anggotta tumbuhan protista yang merupakan tumbuhan yang hidup melayang-layang di dalam air yang mempunyai bentuk yang sangat kecil serta disebut dengan produsen di peraiaran. Sedangkan Fitoplankton adalah tumbuhan yang mampu membuat makanan sendiri dengan jumlah banyak yang menjadi sumber makanan hewan-hewan sungai.

contoh komponen biotik

Konsumen

Konsumen juga salah satu Komponen Biotik yang merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri seperti hewan dan manusia. Hewan dan manusia masih bergantung kepada tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan makan sehingga disebut dengan konsumen.

Produsen dan konsumen ini mepunyai ikatan dimana konsumen juga dapat mempengaruhi kelangsungan hidup pada produsen karena karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia dan hewan dibutuhkan juga oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Jadi, tidak hanya konsumen saja yang bergantung pada produsen.

Berdasakarkan jenis makanannya konsumen dibagi menjadi tiga yaitu omnivora, herbivora dan karnivora.
  1. Omnivora merupakan makhluk hidup yang memakan tumbuhan dan daging. Biasanya hewan yang di golongkan dalam omnivora adalah makhluk hidup pemakan segalanya seperti manusia, tikus, ayam, babi dll.
  2. Karnivora merupakan makhluk hidup yang pemakan daging hewan yang lainnya. Karnivora merupakan tingkat kedua. Biasanya makhluk hidup karnivora memakan hewan herbivora seperti buaya, harimau dll.
  3. Herbivora merupakan makhluk hidup yang hanya memakan tumbuhan saja. Biasanya makluk hidup ini sangat bergantung kepada tumbuhan secara langsung. Makhluk hidup pemakan tumbuhan disebut dengan konsumen tingkat kedua seperti kambing, kelinci, sapi dll.

Pengurai

Pengurai merupakan makluk hidup yang mendapatkan makanan dari makhluk yang lainnya yang sudah mati. Pengurai atau dekompuser merupakan organisme atau makhluk hidup yang mempunyai fungsi untuk menguraikan sisa-sisa makanan atau sampah makhluk hidup yang sudah mati. Biasanya makhluk hidup yang berada dalam pengurai adalah makluk yang mempunyai bentuk yang kecil dimana hidup di dalam tanah, air, maupun udara seperti bakteri dan jamur.

Kompenen Biotik merupakan komponen yang ada dalam ekosistem berupa makhluk hidup contohnya hewan, tumbuhan, mikroorganisme, dan manusia. Setiap komponen biotik memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan makanan sehingga ekosistem bisa berjalan dengan seimbang. 3 bagian besar pada komponen biotik adalah produsen, konsumen, dan pengurai, dimana ketiganya saling berkaitan satu sama lain.

Macam-Macam Komponen Biotik dan Contohnya