Nama 5 Cincin Planet Neptunus

Neptunus adalah planet kedelapan dari matahari dan dalam hal diameter, Neptunus adalah planet terbesar keempat. Neptunus adalah salah satu planet raksasa dan padat, dimana planet ini 17 kali lebih besar dari massa bumi. Terlebih lagi, Neptunus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena jaraknya yang jauh. Ini adalah satu-satunya planet yang ditemukan oleh prediksi matematika. Planet ini tersusun atas helium, hidrogen, dan proporsi tinggi amonia, metana, dan es.

Cincin-Cincin Neptunus

Patrice Bouchet, Reinhold Hafner, dan Jean Manfroid pertama kali menemukan lima cincin Neptunus pada tahun 1984. Cincin tersebut dinamai berdasarkan nama para astronom yang membuat penemuan besar di planet ini.

5 Cincin Neptunus adalah Lassell, Le Verrier, Galle, Adams, dan Arago. Cincin Adams unik karena memiliki lima busur. Busur ini bernama Keberanian, Liberte, Fraternit, dan Egalite 1 dan 2.

Cincin terbuat dari bahan yang sangat gelap terutama senyawa organik radiasi. Selain itu, cincin berada dalam dua kategori yaitu cincin dalam dan cincin luar.

Cincin Dalam

Cincin Galle
Cincin galle adalah cincin terdalam Neptunus. Namanya diambil dari nama John Gottfried yang merupakan ilmuwan pertama yang menemukan Neptunus menggunakan teleskop pada tahun 1846. Planet ini mengorbit 41.000 hingga 43.000 km dari Neptunus dan lebarnya 2.000 km. Cincin Galle mempunyai kedalaman optik normal 10^-4. Fraksi debunya diperkirakan 40% hingga 70%.

Cincin Le Verrier
Cincin Le Verrier dinamai Urbain Le Verrier yang memperkirakan posisi Neptunus pada tahun 1846. Cincin ini sempit dengan lebar 113 km dan jari-jari orbital 53.200 km. Le Verrier memiliki kedalaman optik normal 0,0062, yang setara dengan 0,7 km. Fraksi debu berkisar dari 40% hingga 70%. Le Verrier memiliki Despina moon yang mengorbit di dalamnya.

Cincin Lassell
Cincin Lassell juga disebut sebagai cincin dataran tinggi. Lasell merupakan cincin terluas dalam sistem cincin Neptunus. Cincin Lassell dinamai sesuai nama William Lassell, seorang astronom yang menemukan Triton, bulan terbesar Neptunus.

Cincin Lassell terdiri dari lembaran samar material yang terletak di antara cincin Le Verrier di 53.200 km dan cincin Arago di 57.000 km serta memiliki kedalaman optik normal 10^-4, yang setara dengan 0,4 km. Fraksi debu cincin Lassell berkisar dari 20% hingga 40%.

Cincin Arago
Cincin Arago dinamai setelah Francois Arago yang adalah seorang politisi, ahli fisika, ahli matematika, dan seorang astronom. Cincin ini terletak 57.200 km dari Neptunus dan lebarnya 100 km.

Cincin Luar

Cincin Adams
Cincin Adams adalah cincin terluar yang dinamai sesuai nama John Couch Adams, yang memperkirakan posisi Neptunus independen dari Le Verrier. Ini adalah yang terbaik dipelajari di antara cincin-cincin Neptunus dan memiliki radius 63.930 km.

Cincin Adams sempit dengan lebar 35 km dan kedalaman optik normal 0,0011 yang setara dengan 0,4 km. Ini juga memiliki fraksi debu 20% hingga 40%. Selain itu, cincin Adams memiliki bulan Galatea yang mengorbit di dalam pada 61.953 km. Lingkaran cincin Adams membentuk bagian paling terang.

Planet Lain Dengan Cincin

Selain Neptunus, planet lain dengan cincin termasuk Saturnus dengan tujuh cincin, Jupiter dengan empat cincin, dan Uranus dengan 13 cincin.

Nama 5 Cincin Planet Neptunus