Pemegang Rekor Laut Terluas di Dunia

laut terluas di dunia
Laut Terluas di Dunia - Laut merupakan keindahan alam yang bisa menyegarkan mata Anda. Dimana dilautan sendiri Anda akan dapat melihat berbagai macam ekosistem yang hidup didalamnya. Dan tentunya sangat penting untuk Anda ketahui bahwa 80 persen wilayah di bumi sendiri merupakan perairan. Yang tentunya Anda hidup di dunia ini tidak akan bisa terlepas dari adanya lautan di setiap daerahnya.

Jika kita berbicara terkait dengan laut baik itu laut terluas di Dunia maupun tidak tentunya rasa air dari airnya akan sekita muncul di fikiran Anda. Selain itu tentunya Anda akan bisa langsung meresponnya dengan keberadaan hewan bawah laut mulai dari yang lucu hingga yang membahayakan. Dimana dalam lautan lepas akan terdapat paus serta hiu yang siap memangsa Anda seketika itu juga. Tentunya Anda akan bisa melihat wilayah perairan yang ada di dunia saat ini melalui peta tanpa harus datang langsung pada wilayah yang dibicarakan tersebut.

Pengertian Laut Yang Anda Ketahui Selama Ini!

Pengertian laut sendiri dapat dikatakan sebagai suatu hal yang sangat mudah untuk dicerna dan di pahami. Karena cukup dengan mengambil kata kunci yaitu asin maka hal tersebut sudah bisa menggambarkan sebuah laut tentunya.

Dengan pemikiran yang benar maka tentunya Anda akan bisa merawat serta menjaga ekosistem laut yang ada di daerah Anda. Laut sendiri sebenarnya merupakan tempat berkembang biaknya beberapa ekosistem dan yang membedakan dengan air tawar tentunya adalah rasanya.

4 Laut Terluas Di Dunia

1. Laut Filipina
Luas area dari laut filipina sendiri mencapai 5.000.000 km persegi dan tentunya laut ini menjadi salah satu laut terluas di Dunia. Dan tentunya Anda akan bisa menmukan laut filipina ini yang berada di sebelah barat samudera pasifik bagian utara. Dimana laut ini kemudian menjadi pembatas antara filipina, jepang, serta Indonesia. Dan tentunya di dalam laut filipina sendiri Anda akan bisa mendapatkan palun mariana yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya. Bahwa palung Mariana sendiri merupakan palung laut yang memiliki kedalaman yang luar biasanya di bandingkan dengan yang lain.

2. Laut Koral
Ya, siapa yang tidak tahu dengan laut yang satu ini yaitu laut koral yang memiliki luas sepanjang 4.791.000 km persegi. Dan tentunya dengan luas seperti demikian itulah yang kemudian membuatnya menjadi laut terluas di Dunia. Laut satu ini berada pada wilayah perairan Australia dimana laut ini menjadi pembatas antara Australia maupun yang lainnya. Dan tentunya di dalam lautan ini Anda akan bisa menikmati keindahan terumbu karang didalamnya.

3. Laut Arabia
Laut terluas selanjutnya yang bisa Anda temukan tentunya adalah laut arabia yang memiliki luas permukaan laut mencapai 3.862.000 km. Letak dari laut inipun cukup menarik, dimana laut yang satu ini berada di utara samudera Hindia. Jadi dapat dikatakan bahwa laut yang satu ini berbatasan dengan Samudera Hindia dan kedalamannya mencapai 4.652 meter.

4. Laut China Selatan
Laut china bagian selatan merupakan salah satu laut terluas di Dunia yang mencapai luas sekitar 3.500.000 km persegi. Tentunya laut ini diapit oleh dua selat yang saling berdekatan yaitu selat malaka dan selat karimata. Sistem perdagang internasional tentunya akan melewati laut ini untuk bisa mulai melakukan ekspor import barang. Selain itu laut china juga sangat terkenal dengan keindahan biota laut yang ada didalam perairan ini.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa laut terluas di Dunia tidak lain adalah Laut Filipina. Dimana luas yang dimiliki oleh laut yang satu ini sekitar 5 juta km2. Pada setiap laut (termasuk keempat laut terluas di atas), pastinya terdapat ekosistem laut didalamnya. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa laut sendiri merupakan sebuah keindahan alam yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta bagi ummatnya untuk dapat dinikmati bahkan dimanfaatkann demi keberlangsungan hidup makhluk disekitarnya.

Pemegang Rekor Laut Terluas di Dunia