Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Rusia serta Keuntungannya

Negara Rusia terletak di antara perbatasan Benua Eropa Timur dan Benua Asia. Namun, Rusia masih termasuk ke dalam Benua Eropa (lihat Peta Benua Eropa). Terdapat Pegunungan Ural yang membatasi kedua benua tersebut dan pegunungan ini melewati bagian barat Rusia.  Negara ini disebut sebagai negara terbesar di dunia karena letaknya yang membentang di antara kedua benua, yaitu Benua Eropa dan Asia. Negara Rusia ini memiliki luas wilayah yang sangat besar, yaitu sekitar 9 kali lipat dari luas wilayah Indonesia. Luas wilayah Rusia adalah 17.098.242 km2.

Karena Negara Rusia memiliki luas wilayah yang sangat besar, dan terletak di perbatasan dua benua, negara ini memiliki berbagai sumber daya alam (lihat negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia) yang sangat menguntungkan bagi masyarakatnya. Dengan mengetahui letak astronomis dan geografisnya, Anda akan mengetahui mengapa Rusia kaya akan aneka sumber daya alam.

Letak Astronomis Rusia

Untuk mengetahui kondisi alam dari negara Rusia lebih dalam, tentu tak lepas dari letak astronomisnya. Letak astronomis itu sendiri merupakan posisi suatu negara atau wilayah yang diukur berdasarkan garis bujur dan garis lintang. Pengertian dari garis lintang adalah garis yang berbentuk horixontal melingkari bumi, sedangkan garis bujur adalah garis vertikal yang melingkari bumi.

Garis bujur menghubungkan antara dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Setiap negara tentu memiliki garis lintang dan garis bujur yang berbeda-beda. Setiap garis lintang dan garis bujur pada negara yang berbeda akan menunjukan kondisi alam yang berbeda-beda pula. Berikut adalah keterangan letak astronomis negara Rusia:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Rusia terletak pada 55,45°LU – 55,75° LU
  • Berdasarkan garis bujurnya, Rusia terletak pada 37,37° BT- 37,617° BT

letak astronomis, geografis, dan geologis rusia

Letak Geografis Rusia

Sebelum mengetahui letak geografisnya, tentunya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari letak geografis itu sendiri. Letak geografis merupakan letak wilayah atau negara dilihat dari bagaimana letak dan bentuknya di permukaan bumi.

Letak geografis suatu negara dapat menjadi hal yang penting dalam melihat kondisi perekonomian, politik, budaya, sosial, dan lain sebagainya. Letak geografis negara Rusia dapat dibilang sangat menguntungkan. Berikut keterangannya:
  • Rusia berada di perbatasan Benua Eropa Timur dan Benua Asia. Di sebelah barat, Rusia berbatasan dengan Finlandia, Ukraina, Belarus, dan Lithuania. Sedangkan di sebelah timur terdapat Laut Pasifik.
  • Dari sebelah selatan, Rusia berbatasan dengan Korea Utara, Kazakhstan, dan Cina. Di sebelah utara Rusia terdapat Samudra Arktik.
  • Dari arah Barat Daya Rusia berbatasan dengan Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, dan berbatasan dengan negara Azerbaijan dan negara Georgia.

Lihat disini tampilan Peta Belarusia, Peta Azerbaijan, dan Peta Cina untuk memahami letak geografis Rusia.

Letak Geologis Rusia

Wilayah negara Rusia sebagian besar berada di bagian bumi utara dan berada lebih dekat dengan kutub utara. Kondisi ini menyebabkan sebagian besar dari wilayah Rusia ditutupi oleh padang rumput, tundra, dan hutan taiga (lihat ciri ciri hutan hujan tropis). Rusia memiliki pantai yang sangat panjang, namun karena terletak dekat dengan kutub, maka sebagian besar pantainya selalu membeku menjadi es. Berdasarkan kondisi wilayahnya, Rusia terbagi ke dalam dua bagian yaitu:

1. Rusia bagian Barat
Rusia bagian barat terletak di kawasan Eropa Timur dan berada di sebelah barat pegunungan Ural. Pegunungan Ural merupakan barisan pegunungan yang memanjang dan menjalar ke sebelah utara dan selatan hingga melewati wilayah barat dari Rusia.

2. Rusia bagian Timur
Wilayah Rusia yang berada di bagian timur terletak di kawasan Asia. Daratan ini membentang dari bagian timur pegunungan Ural hingga Samudera Pasifik.

Keuntungan Letak Geografis Rusia

Berdasarkan kondisi geografisnya, Rusia memiliki keuntungan dari segi sumber daya alamnya yang melimpah. Rusia memiliki sumber daya alam dari pertambangan seperti batubara, mangan, logam mulia, bijih besi, gas, bahan kimia alami, dan lain sebagainya (lihat juga sumber daya alam yang dapat diperbaharui). Karena sumber daya alam di Rusia sebagian besar berasal dari pertambangan dan bahan kimia, perdagangan dan industri di Rusia paling banyak bergerak di bidang tekstil, bahan bakar, persenjataan, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa informasi mengenai kondisi wilayah Rusia dilihat dari berbagai aspek, yaitu letak astronomis, geografis, geologis serta keuntungannya. Tentunya pengetahuan tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai Rusia.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Rusia serta Keuntungannya