Peta Negara Azerbaijan Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Azerbaijan terletak di Benua Asia atau lebih tepatnya di Asia Barat Daya dengan ibukota Baku. Luas Wilayah Azerbaijan sekitar 86,600.00 km2 dimana 4.59% (3,971.00 km2) terdiri atas perairan dan 310,070.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Azerbaijan lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Azerbaijan yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Azerbaijan

peta azerbaijan
Gambar posisi letak negara Azerbaijan dalam peta dunia.

peta azerbaijan
Gambar Peta Azerbaijan.

Berdasarkan peta Azerbaijan diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Azerbaijan yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan Rusia dan Georgia
  2. Sebelah Timur: Dibatasi oleh Laut Kaspia
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Iran
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Armenia

Kota Penting di Azerbaijan

Beberapa kota penting dan besar di Azerbaijan diantaranya adalah Baki (Baku), Agdam, Agstafa, Alat, Ali Bayramli, Aghjabadi, Aghsu, Bilasuvar, Fuzuli, Artyom, Astara, Barda, Goycay, Khanlar, Kurdamir, Gadabay, Ganca, Lykai, Masalli, Lachyn, Lankaran, Lerik, Muganly, Naxcivan, Mastaga, Mingacevi, Qax, Qazakh, Neftcala, Nidzh, Ordubad, Saki, Salyan, Qazimammad, Quba, Qusar, Shemakha, Sumqayit, Tovuz, Sarur, Shakhbuz, Shaumyan, Yardymly, Xacmaz, Xudat, Zakataly dan Yevlax.

Lokasi Strategis di Azerbaijan

Sungai Aras, Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Sungai Kur, Dataran Rendah Kura, Lesser Caucasus, Waduk Mingacevir, Qizilagac Korfazi dan Pegunungan Talish.

Masalah Lingkungan di Azerbaijan

Azerbaijan memiliki banyak masalah lingkungan. Para ilmuwan lokal menganggap Abseron Yasaqligi (Semenanjung Apsheron) di negara itu, termasuk kota-kota Baku dan Sumqayit, serta Laut Kaspia menjadi daerah yang paling hancur di dunia secara ekologis. "CIA World Factbook" melaporkan area ini memiliki pencemaran tanah, udara, dan air yang paling parah. Pencemaran tanah di Azerbaijan dihasilkan dari tumpahan minyak, penggunaan DDT sebagai pestisida dan defoliants beracun yang digunakan dalam produksi kapas.

Sumber Daya Alam Azerbaijan

Azerbaijan memiliki beberapa sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, bijih besi, alumina dan sumber daya logam nonferrous dalam jumlah yang signifikan.

Peta Negara Azerbaijan Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya