Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Korea Selatan serta Keuntungannya

Negara Korea Selatan saat ini banyak dikenal di seluruh dunia karena trend musik yang dibawanya. Selain itu, tak banyak yang mengetahui negara Korea Selatan secara lebih mendalam. Salah satu negara yang masuk ke dalam kawasan negara Asia Timur ini memiliki letak geografis yang cukup strategis membuat negara ini juga mendapatkan banyak keuntungan (lihat disini Peta Korea Selatan). Sama seperti ketika mempelajari negara-negara lain, hal pertama yang harus dipelajari adalah tentang letak astronomis, geografis dan geologisnya terlebih dahulu.

Letak Astronomis Korea Selatan

Setiap negara pasti terletak diantara dua buah garis yang membagi bumi menjadi dua bagian. Letak inilah yang dinamakan letak astronomis. Letak astronomis dari suatu negara merupakan letak atau posisi negara yang dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya.

Tidak hanya membagi wilayah bumi menjadi dua bagian secara vertikal atau horizontal, garis bujur dan garis lintang juga menjadi penanda zona-zona iklim (lihat juga disini tentang iklim tropis) yang ada di bumi serta daerah waktunya. Nah, untuk negara Korea Selatan sendiri letak astronomisnya bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Secara astronomis negara Korea Selatan terletak pada garis lintang 33°06’40” LU - 43°00’39” LU
  • Sedangkan berdasarkan garis bujurnya, Korea Selatan berada pada 124°11’00” BT - 131°52’42” BT

letak astronomis, geografis, dan geologis korea selatan

Letak Geografis Korea Selatan

Selain dilihat berdasarkan garis lintang dan garis astronomis atau biasa disebut letak astronomis, negara Korea Selatan juga bisa dilihat dari letak geografis, yaitu kondisinya jika dilihat secara nyata di permukaan bumi. Kondisi geografis suatu negara ini juga bisa ditandai dengan adanya fitur-fitur geografi seperti benua, samudra atau negara lain yang berbatasan atau berdekatan langsung dengannya. Seperti halnya juga dengan negara Korea Selatan yang letak geografisnya ditandai dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
  • Utara: Berbatasan dengan Republik Rakyat Cina
  • Selatan: Berbatasan dengan Laut Cina Timur
  • Barat: Berbatasan dengan Laut Kuning
  • Timur: Berbatasan dengan Laut Jepang

Lihat disini tampilan Peta Jepang dan Peta Cina untuk memahami letak geografis Korea Selatan.

Letak Geologis Korea Selatan 

Negara Korea Selatan memiliki bentuk topografi yang cukup kasar dengan adanya rangkaian pegunungan, gunung serta daratan sempit. Untuk rangkaian pegunungan yang ada di negara ini, yaitu rangkaian pegunungan Taebaek, Sobaek dan Jiri. Sedangkan gunung tertinggi di Korea Selatan terletak di Pulau Jeju, yaitu Gunung Halla (Hallasan) yang memiliki ketinggian mencapai 1.950m.

Karena kondisi geologisnya ini, Korea Selatan juga rawan terjadi bencana alam (lihat tentang macam macam bencana alam) seperti gempa bumi, gunung meletus dan banjir. Selain itu, karena letak geologisnya ini jugalah Korea Selatan juga memiliki sumber tambang yang beragam, seperti batubara, bijih besi, seng, tembaga, nikel (baca tentang kegunaan nikel) dan masih banyak lagi lainnya.

Keuntungan Letak Geografis Korea Selatan

Dengan letak geografisnya yang berbatasan dengan beragam laut, Korea Selatan termasuk dalam negara semenanjung. Dengan luas wilayah 99.678 km2, Korea Selatan banyak menyimpang potensi baik potensi pertanian maupun perikanan. Hal inilah yang dimanfaatkan masyarakatnya sebagai mata pencaharian.

1. Hasil Agraris Melimpah
Meskipun tergolong negara maju yang mengandalkan industri dalam perekonomiannya, namun karena kondisi geografisnya yang startegis dan sangat baik, Korea Selatan juga menghasilkan banyak produk agraris. Sebut saja seperti sapi perah atau sapi pedaging, babi dan juga ayam.

2. Potensi Pariwisata Melimpah
Keuntungan lain yang dimiliki Korea Selatan dari letak geografisnya adalah potensi wisatanya yang cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari kunjungan wisatawan ke Pulau Jeju yang merupakan salah satu daya tarik dari Korea.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang negara Korea Selatan jika dilihat dari letak astronomis, geografis dan geologisnya. Letak geografisnya yang cukup unik dan strategis memberikan keuntungan tersendiri bagi Korea Selatan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Korea Selatan serta Keuntungannya