Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Amerika Serikat serta Keuntungannya

Amerika Serikat dikenal sebagai negara adidaya yang memiliki pengaruh amat besar di dunia. Negara yang satu ini juga terkenal dengan nama Negeri Paman Sam. Usai Uni Soviet hancur, Amerika Serikat yang kemudian menjadi negara adikuasa atas seluruh negara di dunia. Selain karena kekuatannya dari segi politik dan ekonominya, Amerika Serikat juga tak bisa dilepaskan dari industri hiburannya yang terkenal dengan sebutan Hollywood.

Letak Astronomis Amerika Serikat

Nama resmi negara Amerika Serikat yakni United States of America dimana biasa disingkat menjadi USA. Luas negara ini mencapai 9,3 juta km2. Sistem pemerintahan yang ada di Amerika Serikat yakni Republik Federal dimana untuk kepala negara sekaligus kepala pemerintahannya adalah seorang presiden. Berikut ini letak astronomis Amerika Serikat:
  • Garis lintang: 24 derajat Lintang Utara sampai 49 derajat Lintang Utara.
  • Garis bujur: 30 derajat Bujur Barat hingga 66 derajat Bujur Barat.

letak astronomis, geografis dan geologis amerika serikat

Letak Geografis Amerika Serikat

Ibukota Amerika Serikat adalah Washington DC. Amerika Serikat sendiri merdeka di tanggal 4 Juli 1776 sehingga sudah sangat lama sekali. Bahasa yang dipakai di negara ini adalah bahasa Inggris. Jika dilihat, letak geografis Amerika Serikat adalah di kawasan Amerika Utara yang bersama dengan Kanada. Wilayah daratan yang ada di Amerika Serikat terpisah menjadi Amerika Serikat, Hawai dan Alaska. Berikut ini batas negara Amerika Serikat:
  • Wilayah Amerika Serikat utara langsung berbatasan dengan negara Kanada.
  • Wilayah Amerika Serikat selatan langsung berbatasan dengan negara Meksiko dan juga teluk Meksiko.
  • Wilayah Amerika Serikat timur langsung berbatasan dengan Samudera Atlantik.
  • Wilayah Amerika Serikat barat langsung berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Lihat disini tampilan jelas Peta Meksiko dan Peta Amerika Serikat untuk memahami letak geografis Amerika Serikat.

Letak Geologis Amerika Serikat

Iklim di Amerika Serikat berbeda-beda dimana untuk bagian selatan adalah dengan iklim subtropis. Selain itu, ada juga iklim dingin di bagian Utara dan iklim sedang pada bagian tengah. Letak geologis Amerika Serikat juga memberi pengaruh signifikan pada iklimnya. Berikut ini kondisi geologis dan alam di Amerika Serikat:
  • Di wilayah Amerika Serikat bagian barat dimana langsung berbatasan dengan Samudera Pasifik adalah wilayah pantai yang cukup sempit.
  • Di wilayah Amerika Serikat bagian timur adalah dataran pantai Barat yang membentang dimana ada wilayah Pegunungan Ricky cukup tinggi. Tak heran jika hal ini menjadikan pergerakan angin Samudera Pasifik agak terhalang.
  • Di wilayah Amerika Serikat bagian timur dari kompleks Pegunungan Rocky adalah daerah dengan dataran luas yakni central plain serta great plain. Di sini mengalir Sungai Mississippi.
  • Wilayah timurnya lagi adalah Pegunungan Alleghany serta Appalachia dengan ketinggian yang rendah. 
  • Pada ujung timurnya adalah dataran Pantai Atlantik sehingga cukup subur (lihat disini manfaat dataran rendah). Daerah ini sangat padat penduduk dimana kota tua pun awalnya muncul dari sini.

Keuntungan Letak Geografis Amerika Serikat

Dari penjelasan tersebut, maka berikut ini beberapa keuntungan letak geografis Amerika Serikat:
  • Amerika Serikat sangat kaya akan sumber daya alam dimana keseluruhannya bisa dikembangkan secara maksimal dan dipakai industri. Beberapa hasilnya seperti tembaga (lihat kegunaan tembaga), uranium, batu bara (lihat daerah penghasil batu bara) hingga minyak dan gas alam (lihat pemanfaatan gas alam).
  • Negara ini sudah dikenal luas sebagai negara penguasa sehingga pariwisatanya pun juga sangat diminati. Deretan pegunungan jadi wisata yang sangat terkenal, Grand Canyon, pemandangan di kawasan Florida dan California dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan singkat tentang Amerika Serikat. Negara yang satu ini memiliki penduduk heterogen dimana semua suku dan etnis seolah bercampur di sana.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Amerika Serikat serta Keuntungannya