Peta Negara Armenia Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Armenia terletak di Benua Asia atau lebih khususnya di Asia Barat Daya dengan ibukota Yerevan. Luas Wilayah Armenia sekitar 29,743.00 km2 menjadikannya negara terkecil ke-57 di dunia. Armenia memiliki ketinggian rata-rata 1,792 m di atas permukaan laut, memiliki iklim berupa musim panas dan musim dingin. Datarannya pada umumnya merupakan dataran tinggi pegunungan dengan sedikit lahan hutan.

Gambar peta negara Armenia lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Armenia yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Armenia
Peta Armenia
Gambar posisi letak negara Armenia dalam peta dunia.

Peta Armenia
Gambar Peta Armenia.

Berdasarkan peta Armenia diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Armenia yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan Georgia
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Azerbaijan
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Iran
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Turki

Kota Penting di Armenia

Beberapa kota penting dan besar di Armenia diantaranya adalah Yerevan, Akhta, Anipemza, Aparan, Aragats, Alaverdi, Amasia, Angeghakot', Artashat, Art'ik, Ararat, Ardzun, Armavir, Basargech'ar, Damnah, Artsvashen, Ashtarak, Banadzor, Goris, Dilijan, Echmiadzin, Gorayk', K'ajarqn, Kamo, Gyumri, Hrazdan, Ijevan, Maralik, Kapan, Karmir Blur, Krasnosel'sk, Sisian, Sot'k, Martuni, Meghri, Sevan, T'alin, Tashir, Spitak, Step'anavan, Vanadzor dan Yeghegnadzor.

Lokasi Strategis di Armenia

Sungai Akhuryan, Aras, Arpa, Sungai Arpacay, Hrazdan, Lesser Caucasus, Ozero Sevan, dan Sevana Lich.

Masalah Lingkungan di Armenia

Masalah-masalah lingkungan di Armenia pada umumnya berhubungan dengan pencemaran sungai, yang mengancam pasokan air minum dan penggunaan pembangkit listrik tenaga air. Selain itu terjadi juga pencemaran tanah oleh bahan kimia beracun seperti DDT serta penggundulan hutan. Armenia juga telah mulai membuat pembangkit listrik tenaga nuklir di zona gempa yang aktif, sehingga dapat mengancam keberadaan makhluk hidup di negara ini.

Sumber Daya Alam Armenia

Armenia memiliki beberapa sumber daya geologi seperti beberapa deposit kecil emas, seng, molibdenum, tembaga dan alumina.

Peta Negara Armenia Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya