Mengenal Sumur Artesis

sumur artesis
Apa itu Sumur Artesis? - Secara harfiah sumur adalah sebuah lubang yang sengaja dibuat oleh manusia ke dalam tanah, guna memperoleh air. Selain itu, penggalian lubang tersebut juga dimanfaatkan untuk memperoleh informasi tentang lapisan tanah itu sendiri. Sehingga keberadaan suatu sumur sangatlah penting dalam kehidupan manusia.

Dahulu manusia hanya memanfaatkan sungai sebagai sumber air untuk kehidupannya. Namun, sekarang mereka telah beralih dengan memanfaatkan air sumur sebagai sumber air. Hal tersebut dapat terlihat di rumah-rumah warga yang mempunyai sumur, yang biasanya terletak di luar rumah. Lalu bagaimana dengan sumur Artesis?.

Definisi Sumur Artesis

Secara terminologi, Sumur Artesis ialah sebuah bentuk sumur yang memiliki kedalaman lubang yang lebih dalam daripada sumur biasa. Sumur ini juga dikenal dengan istilah deep well. Sumur jenis ini biasanya dibuat dengan menggunakan alat pengeboran yang cukup canggih, sedangkan sumur biasa umumnya pembuatannya hanya mengandalkan tenaga manusia dengan bantuan alat sederhana untuk menggali sebuah lubang. Hal ini sesuai dengan kondisi kedalaman dari masing-masing sumur itu sendiri.

Pada dasarnya manfaat sumur bagi manusia adalah sebagai sumber air bagi kehidupan manusia itu sendiri, demikian pula halnya sumur satu ini. Sumur jenis ini banyak dimanfaatkan oleh pabrik, industri, ataupun gedung-gedung yang membutuhkan pasokan air dalam jumlah besar. Sehingga kehadiran para jasa pembuat sumur ini sangat dibutuhkan.

Biasanya ongkos dalam pembuatan sumur satu ini relatif lebih mahal dari pembuatan sumur biasa. Hal ini dikarenakan dari sisi kebutuhan peralatan yang lebih canggih dan juga keahlian khusus dalam menggali sumur tersebut.

Pembuatan Sumur Artesis

Sebagaimana dikatakan semula, bahwa proses pembuatan sumur ini memerlukan peralatan yang memadai. Di samping itu, pembuatan Sumur Artesis juga membutuhkan perencanaan yang matang. Pasalnya sumur akan dibuat melalui proses pengeboran ke dalam tanah menggunakan alat tertentu.

Pembuatan sumur artesis akan membutuhkan perhitungan yang tepat agar proses pengeboran benar-benar menghasilkan air yang bagus. Biasanya proses pembuatan akan disesuaikan dengan peruntukan dari sumur itu sendiri. Misalnya untuk keperluan Rumah pribadi, Industri, Perkantoran, Kampus, dan sebagainya.

Tingkat kedalaman dari setiap pengeboran yang dilakukan berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Hal itu sangat bergantung pada lapisan akuifer yang berada di dalam tanah. Sehingga jangan heran jika nantinya Anda akan menemukan kedalaman sumur yang berbeda-beda.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah biaya dari pembuatan sumur ini. Karena biasanya semakin dalam sumur, upah jasa penggalian juga akan semakin besar. Kemudian alat-alat yang diperlukan juga akan bertambah.

Ketika ingin bermaksud membuat sumur ini di kediaman Anda, biasanya penyedia jasa pengeboran akan memperhitungkan beberapa hal. Diantaranya, memperkirakan kualitas air tanah yang akan dihasilkan dan kelayakan sumur untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, pembuatan Sumur Artesis ini juga harus mempertimbangkan aspek hidrologi di tempat penggalian sumur itu sendiri. Misalnya lapisan-lapisan sedimen dalam tanah, kondisi waterbalance aquifer, serta jenis-jenis logam yang terkandung di dalam tanah. Oleh karena itu, proses pembuatan sumur ini akan dilakukan oleh orang-orang yang telah ahli di bidangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Artesis

Sebagaimana diketahui bahwa sumur memiliki peran penting dalam kehidupan manusia yaitu sebagai sumber air, demikian pula halnya dengan Sumur Artesis ini. Sumur ini juga berperan sebagai sumber air bagi manusia.

Ada beberapa kelebihan dari sumur ini jika dibandingkan dengan sumur lainnya, diantaranya adalah sumur ini memiliki air yang unggul dari sisi kuantitas. Jika sumur biasa sewaktu-waktu akan dapat mengalami kekeringan, maka sumur ini akan jauh dari hal itu. Selain itu, jika proses pembuatan sumur dilakukan secara benar, maka air yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik.

Di samping unggul dari sisi kuantitas dan kualitas, sumur ini juga dapat mempermudah aktivitas manusia. Manusia tidak perlu repot-repot lagu harus menimba ari dari sumur yang dalam, hanya dengan menghidupkan pompa air yang tersambung langsung dengan sumur tersebut.

Kepraktisan sumur jenis ini sudah tentu menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk aktivitas sehari-hari. Terlebih bagi Ibu-Ibu yang memiliki segudang pekerjaan rumah tangga yang sangat bergantung pada ketersediaan air.

Selain memiliki kelebihan, sumur ini juga mempunyai kekurangan. Hal itu berupa efek negatif yang ditimbulkan dari aktivitas pemanfaatan sumur itu sendiri. Keberadaan sumur yang telah menjamur di berbagai tempat, telah membuat berkurang debit air tanah di kawasan itu sendiri.

Efek negatif pemanfaatan air dari sumur artesis yang berlebihan ini dapat terlihat di kawasan perkotaan yang telah banyak memiliki sumur yang satu ini. Oleh karena itu, perlu penggunaan yang bijak dari sumur satu ini, sehingga aktivitas penggunaannya tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

Demikianlah beberapa informasi terkait Sumur Artesis. Semoga beberapa hal di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Perlu diingat bahwa segala aktivitas manusia di bumi akan memberikan dampak bagi kelangsungan bumi itu sendiri. Oleh karena itu, bijaklah dalam berbuat sehingga bumi akan tetap terawat.
Komentar