Mengenal Letak Geografis Malaysia

Secara terminologi, letak geografis dapat diartikan sebagai letak suatu wilayah (negara) yang berdasarkan fakta keadaan alam di sekitarnya. Letak georgrafis ini juga memiliki kaitan dengan letak wilayah secara astronomis, geologis, fisiologis, dan geomorfologis. Misalnya, letak Indonesia secara geografis berada diantara dua benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia. Tentunya negara-negara lain juga memiliki letak geografisnya tersendiri. Lalu bagaimana dengan letak Geografis Malaysia ?

Baca juga: Letak Geologis Indonesia

A. Letak Geografis Malaysia

Malaysia merupakan salah satu bentuk negara yang tergabung ke dalam negara-negara kawasan Asia Tenggara. Negara ini menganut sistem pemerintah Kerajaan, dimana terdapat dua pimpinan yaitu Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Raja atau kepala negaranya disebut Yang Dipertoan Agong, sementara Kepala Pemerintahan disebut Perdana Menteri. Sama seperti negara pada umumnya, Malaysia juga memiliki ibu kota negara yaitu Kuala Lumpur. Selain dikenal dengan nama Malaysia, negara ini juga dikenal oleh public dengan sebutan Negeri Jiran.

Letak Geografis Malaysia sendiri berbatasan dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Berdasarkan letak geografisnya itu, Malaysia dibagi menjadi dua wilayah utama yaitu Malaysia Timur dan Malaysia Barat. Kemudian masing-masing wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Negara lain sesuai arah masing-masing. Pertama wilayah Malaysia Timur berbatasan dengan Brunnei Darussalam dan Filiphina, Indonesia, dan Laut Cina Selatan. Sementara wilayah Malaysia Barat akan berbatasan dengan Thailand, Lau Cina Selatan, Indonesia, Singapura, dan Selat Malaka.

letak geografis malaysia

Selain memiliki letak secara georafis, Negara ini juga memiliki letak dari sisi Astronomis. Sebagaimana diketahui bahwa Malaysia terdiri atas dua wilayah utama, maka letak masing-masing wilayah itu juga memiliki koordinat berbeda. Secara astronomis wilayah Malaysian Timur berada pada koordinat 1º Lintang Utara - 7º Lintang Utara dan 100º40’ Bujur Timur - 119º Bujur Timur. Sementara wilayah Malaysian Barat terdapat pada koordinat 1º Lintang Utara - 7º Lintang Utara dan 100º Bujur Timur - 104º02’ Bujur Timur. Meskipun memiliki dua wilayah yang berbeda, namun Negara tetap berada di bawah satu kekuasan.

B. Iklim dan Alam Malaysia

Sebagaimana diketahui bahwa secara geografis Malaysia berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di sisi lainnya, letak Geografis Malaysia juga berdekatan dengan garis Khatulistiwa. Sehingga hal ini berdampak pada iklim di Negeri Jiran Tersebut. Malaysia diketahui memiliki iklim dengan kelembaban dan curah hujan yang cukup tinggi. Suhu Malaysia per tahunnya berkisar antara 27ºC, sedangkan curah hujan memiliki rata-rata 2.540 mm per tahun. Negara dengan Ibu Kota Kuala Lumpur ini juga mengalami pergantian musim angin Muson. Pertama pada bulai Mei hingga September akan diterpa oleh Angin Muson Barat Daya. Kemudian dari bulan November hingga Maret akan mengalami musim dengan tiupan Angin Muson Timur Laut.

Di samping itu, letak Geografis Malaysia tersebut juga mempengaruhi dari kondisi Alam Negeri Jiran ini. Jika dilihat pada wilayah Malaysia Barat, maka wilayah tersebut terdiri atas pegunungan-pegunungan rendah. Akan tetapi pegunungan tersebut bukan jenis gunung api seperti yang ada di Indonesia. Sebagian besar wilayahnya masih ditutupi oleh hutan, salah satunya adalah hutan karet. Kemudian wilayah Malaysia Timur juga memiliki pegunungan dengan hutan yang lebat. Salah satu diantara gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 4.175 m dan diklaim sebagai gunung tertinggi di Malaysia.

C. Aktivitas Penduduk Malaysia

Negeri Jiran ini diketahui memiliki penduduk dengan jumlah sekitar 23.275.000 jiwa. Jumlah itu meliputi penduduk asli (bangsa melayu) dan penduduk pendatang. Penduduk asli dari Negeri akan dapat dijumpai pada wilayah Malaysia bagian timur. Mereka terdiri atas beberapa suku, yaitu suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Sebagian besar dari penduduknya itu menganut agama Islam dan menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa Nasional.

Baca juga: Profil Negara Inggris

Sementara kegiatan masyarakat Malaysia pada kesehariannya sangat beragam. Namun, aktivitas perekonomian utamanya adalah bidang pertanian. Hal ini mengingat kondisi alam dan iklim tropis yang dipengaruhi oleh letak Geografis Malaysia itu sendiri. Adapun hasil pertanian penduduknya meliputi Padi, Teh, Kakao, Kelapa Sawit, Karet, dan beberapa komoditi lainnya. Diantara hasil pertanian itu, Karet adalah komoditas ekspor terbesar Malaysia. Selain bertani, masyarakat Malaysia juga memiliki kegiatan perekonomian lainnya, yaitu Pertambangan. Bahkan Negeri Jiran dikenal sebagai salah satu negara penghasil tambang timah terbesar di dunia.

Itulah beberapa informasi terkait letak Geografis Malaysia. Negeri Jiran ini juga diketahui aktif dalam melalukan hubungan kerja sama dengan negara-negara lainnya. Misalnya dalam urusan Diplomatic, Malaysia meletakkan perwakilannya (Dubes) di Indonesia dan di beberapa negara lainnya. Kemudian beberapa bidang lainnya juga diketahui terjadi hubungan yang baik antara Malaysia dan Indonesia. Di sisi lain negara ini juga aktif dalam beberapa organisasi Internasional. Seperti PBB, OKI, dan GNB. Hal ini menunjukkan bahwa negara ini cukup eksis baik di kancah Asia maupun Internasional. Akhirnya, semoga beberapa hal tadi dapat menambah wawasan Anda seputar negara-negara Asean, khususnya Malaysia.

Mengenal Letak Geografis Malaysia