Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur

Di bawah ini merupakan ringkasan (resume) dari Geologi Regional Lembar Bungku, Morowali yang terdiri atas fisiografi, stratigrafi, serta struktur geologi. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda dapatkan pada tautan yang disediakan di bawah gambar peta. Pergunakan Peta Geologi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Baca juga: Geologi Gunung Karangetang Sulawesi Utara

Berkaitan dengan resume regional dalam artikel ini, akan lebih baik jika anda mengambil peta geologinya secara langsung serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bagian atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Bungku, Morowali ini.

Peta Geologi Lembar Bungku Morowali Sulawesi Tengah
Gambar Peta Geologi Bungku Morowali Sulawesi Tengah.


Fisiografi Bungku

Morfologi di daerah Lembar Bungku dapat dibagi menjadi lima satuan, yakni dataran rendah, dataran menengah, pebukitan menggelombang, kras serta pegunungan. Morfologi dataran rendah umumnya mempunyai ketinggian antara 0-50 m mdpl. Morfologi dataran menengah menempati daerah sekitar Desa Tokolimbu juga Tosea. Morfologi pebukitan menggelombang, berketinggian antara 100 - 400 m mdpl. Morfologi karst, memiliki ketinggian antara 400-800 m mdpl, dicirikan oleh adanya pebukitan kasar, sungai bawah tanah maupun dolina. Pola aliran sungai umumnya meranting. Beberapa sungai memiliki pola hampir sejajar, yaitu S. Bahudopi, S. Bahumahoni juga S. Wosu.

Stratigrafi Lembar Bungku

Satuan batuan di Lembar Bungku dapat dikelompokkan atau ditempatkan dalam dua mendala, yaitu Mendala Banggai-Sula dan Mendala Sulawesi Timur (Sukamto, 1975a).
  1. ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, kerikil, serta kerakal.
  2. FORMASI TOKALA (TRJt) : perselingan batugamping klastika, batupasir sela, wake, serpih, napal, lempung pasiran dengan sisipan argilit.
  3. FORMASI NANAKA (Jn) : konglomerat, batupasir mikaan, serpih dan lensa batubara.
  4. FORMASI MASIKU (JKm) : batusabak, serpih, flit, batupasir, batugamping dengan buncak rijang. Batusabak, berwarna kelabu sampai coklat kehitaman, berlapis baik, padat.
  5. FORMASI SALODIK (Tems) : kalsilutit, batugamping pasiran, napal, batupasir juga rijang.
  6. FORMASI MATANO (Km) : kalsilutit, napal, serpih dan rijang. Kalsilutit, berbutir halus, berwarna kelabu, padat-keras, lapisannya baik, tebal lapisan berkisar antara 10 - 15 cm.
  7. FORMASI TOMATA (Tmpt) : perselingan batupasir konglomerat, batulempung, tufa dengan sisipan lignit.
  8. KOMPLEKS ULTRAMAFIK (Ku) : harzburgit, lherzolit, wehrlit, websterit, serpentinit, dunit, diabas dan gabro.

Tektonika dan Struktur Geologi

Struktur utama di lembar Bungku berupa patahan (sesar) dan lipatan. Sesar meliputi sesar turun, sesar geser, sesar naik maupun sesar sungkup. Penyesaran diduga berlangsung sejak Mesozoikum. Lipatan yang terdapat di Lembar ini tergolong lipatan terbuka, tertutup, maupun pergentengan.

Kekar terdapat dalam hampir semua satuan batuan, tetapi terutama dalam batuan beku maupun batuan sedimen Mesozoikum. Sejarah pengendapan batuan sedimen serta perkembangan tektonik di Lembar Bungku diduga sangat erat hubungannya dengan perkembangan Mendala Banggai-Sula yang sudah terkratonkan pada akhir Paleozoikum.

Lihat juga: Peta Geologi Obi Halmahera

Demikian Resume dari Peta Geologi Bungku Morowali beserta tautan peta-nya yang bisa geologinesia berikan. Besar harapan kami, semua peta geologi yang diberikan disini dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Jika ada tautan peta yang rusak, mohon dapat diinfokan melalui kolom komentar. Kami akan berusaha untuk memperbaikinya.

Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur