Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur

Peta Geologi Lembar Bungku - Di bawah ini merupakan ringkasan (resume) dari Geologi Regional Lembar Bungku, Morowali yang terdiri atas fisiografi, stratigrafi, serta struktur geologi. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda dapatkan pada tautan yang disediakan di bawah gambar peta. Pergunakan peta geologi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Berkaitan dengan resume regional dalam artikel ini, akan lebih baik jika anda mengambil peta geologinya secara langsung serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bagian atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Bungku Morowali Sulawesi Tengah ini.

Fisiografi Bungku

Morfologi di daerah Lembar Bungku dapat dibagi menjadi lima satuan, yakni dataran rendah, dataran menengah, pebukitan menggelombang, kras serta pegunungan. Morfologi dataran rendah umumnya mempunyai ketinggian antara 0-50 m mdpl. Morfologi dataran menengah menempati daerah sekitar Desa Tokolimbu dan juga Tosea.

Sedangkan morfologi pebukitan menggelombang, berketinggian antara 100 - 400 m mdpl dan morfologi karst, memiliki ketinggian antara 400-800 m mdpl, dicirikan oleh adanya pebukitan kasar, sungai bawah tanah maupun dolina. Pola Aliran Sungai umumnya meranting dengan beberapa sungai memiliki pola hampir sejajar, yaitu S. Bahudopi, S. Bahumahoni dan juga S. Wosu.

Stratigrafi Lembar Bungku

Satuan batuan di Lembar Bungku dapat dikelompokkan atau ditempatkan dalam dua mandala, yaitu Mandala Banggai-Sula dan Mandala Sulawesi Timur (Sukamto, 1975a).

  • ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, kerikil, serta kerakal.
  • FORMASI TOKALA (TRJt) : perselingan batu gamping jenis klastik, sisipan batu pasir, wake, serpih, napal, lempung pasiran dengan sisipan argilit.
  • FORMASI NANAKA (Jn) : batu konglomerat, batu pasir mikaan, serpih, dan lensa batubara.
  • FORMASI MASIKU (JKm) : batu sabak, serpih, flit, batu pasir, batu gamping dengan nodul rijang. Batu sabak, berwarna kelabu sampai coklat kehitaman, berlapis baik, padat.
  • FORMASI SALODIK (Tems) : kalsilutit, batu gamping pasiran, napal, batu pasir juga rijang.
  • FORMASI MATANO (Km) : kalsilutit, napal, serpih dan batu rijang. Kalsilutit, berbutir halus, berwarna kelabu, padat-keras, lapisannya baik, tebal lapisan berkisar antara 10 - 15 cm.
  • FORMASI TOMATA (Tmpt) : perselingan batu pasir konglomerat, batu lempung, tufa dengan sisipan lignit.
  • KOMPLEKS ULTRAMAFIK (Ku) : harzburgit, lherzolit, wehrlit, websterit, serpentinit, dunit, diabas dan gabro.

Tektonika dan Struktur Geologi

Struktur utama di lembar Bungku berupa patahan (sesar) dan lipatan. Sesar meliputi sesar turun, sesar geser, sesar naik maupun sesar sungkup. Penyesaran diduga berlangsung sejak Mesozoikum. Lipatan yang terdapat di Lembar ini tergolong lipatan terbuka, tertutup, maupun lipatan pergentengan.

Kekar terdapat dihampir semua satuan batuan, tetapi terutama dalam batuan beku dan batuan sedimen Mesozoikum. Sejarah pengendapan batuan sedimen serta perkembangan tektonik di Lembar Bungku diduga sangat erat hubungannya dengan perkembangan Mandala Banggai-Sula yang sudah terkratonkan pada akhir Paleozoikum.

peta geologi bungku
Gambar Peta Geologi Lembar Bungku Morowali Sulawesi Tengah.

Peta Geologi Lembar Bungku

Lihat juga: Peta Geologi Lembar Kolaka

Demikian Resume dari Peta Geologi Bungku Morowali beserta tautan peta-nya yang bisa geologinesia berikan. Besar harapan kami, semua peta geologi yang diberikan disini dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Jika ada tautan peta yang rusak, mohon dapat diinfokan melalui navigasi hubungi kami dalam portal ini dan kami akan berusaha untuk memperbaikinya.

Komentar