Peta Geologi Obi Halmahera : Lengkap dengan Ringkasan Stratigrafi, Tektonik dan Struktur

Di bawah ini merupakan ringkasan atau resume dari Geologi Regional Lembar Obi, Halmahera Maluku Utara, yang terdiri atas stratigrafi, struktur geologi, serta tektonik regionalnya. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda peroleh pada tautan yang disediakan di bawah gambar peta. Pergunakan peta geologi pada lokasi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Lihat juga: Peta Geologi Lembar Sumbawa Nusa Tenggara

Sehubungan dengan resume geologi regional dalam artikel ini, akan lebih baik jika anda mengambil peta geologinya secara langsung serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bagian atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Obi, Halmahera ini.

Gambar Peta Geologi Obi Halmahera.


Stratigrafi Lembar Obi

Berikut ini adalah rangkuman tatanan stratigrafi untuk lembar Obi, Halmahera:
  1. ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, kerikil, kerakal. Merupakan endapan pantai juga sungai.
  2. BATUGAMPING TERUMBU (Ql) : batugamping terumbu maupun breksi batugamping.
  3. FORMASI KAYASA (Qpk) : breksi, lava. Breksi berfragmen basal, andesit, sortasi buruk, pejal.
  4. FORMASI WOI (Tmpw) : batupasir, konglomerat, napal. Batupasir kelabu, sortasi sedang, tufaan.
  5. FORMASI OBI (Tmpo) : breksi, lava bersisipan tufa pasiran serta batulempung tufaan. Breksi berfragmen kerakal andesit maupun basal, kelabu muda sampai kehitaman, tufaan.
  6. BATUAN TEROBOSAN (Tmd,Tmg) : diorit dan gabro. Berupa stok serta dyke. Diorite abu-abu kehijauan; mineral penyusun plagioklas, ortoklas, klorit, kuarsa, bijih, sedikit zircon.
  7. FORMASI BACAN (Tomb) : breksi, lava dengan sisipan batupasir tufaan maupun batulempung. Breksi abu-abu kehijauan, fragmen berupa andesit, basal sedikit rijang merah.
  8. FORMASI FLUK (Tomf) : terdiri atas perselingan batupasir, batulempung juga serpih, bersisipan konglomerat dan batugamping.
  9. FORMASI LOLEOBASSO (Js) : perselingan batupasir malih, batulempung malih, slate, serpih serta tufa. Secara umum berwarna kelabu sampai hijau, pejal, berlapis baik, struktur parallel laminasi, setempat foliasi.
  10. BATUAN MALIHAN (pTs) : terdiri atas sekis muskovit dan sekis klorit. Umumnya berwarna kelabu, hijau dan coklat, tekstur foliasi, pejal.
  11. BATUAN ULTRAMAFIK (pTum) : serpentinit, piroksenit dan harzburgit. Serpentinit warna abu-abu kehijauan, komposisi mineral serpentin, olivine, piroksin, kromit, magnetit, oksida besi.

Struktur Geologi dan Tektonik

Dua lajur sesar besar yang membatasi kepulauan Obi yaitu sesar Sorong – Sula Utara di selatan dan sesar Sorong Maluku di utara. Danau Karu di barat pulau Obi diduga berupa terban yang dibatasi oleh dua sesar yang berarah utara – selatan. Kegiatan tektonik diduga dimulai pada sebelum Jura ditandai dengan munculnya batuan Ultramafik maupun malihan. Tektonik berikutnya terjadi pada Jura, merupakan penenggelaman diikuti oleh pengendapan sedimen formasi Loleobasso. Pada Oligosen – Miosen terjadi lagi penenggelaman diikuti pengendapan formasi Fluk dan Bacan.

Baca juga: Pemetaan Geologi Nikel Laterit

Demikian Resume dari Peta Geologi Obi Halmahera beserta tautan peta yang bisa kami berikan. Besar harapan kami, bahwa semua peta geologi yang diberikan oleh situs ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Apabila sekiranya Anda menemukan tautan peta yang rusak, mohon diinfokan melalui kolom komentar. Geologinesia.com akan berusaha untuk memperbaikinya.
Komentar