Peta Geologi Sumbawa Nusa Tenggara : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Struktur dan Vulkanisme

Berikut ini merupakan ringkasan (resume) dari Geologi Regional Lembar Sumbawa, Nusa Tenggara yang terdri atas fisiografi, stratigrafi, struktur geologi, serta vulkanismenya. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda ambil pada tautan yang disediakan setelah gambar peta. Pergunakan peta geologi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Baca juga: SOP Pemetaan Geologi

Sehubungan dengan ringkasan atau resume regional dalam artikel ini, akan lebih baik jika Anda mengambil peta geologinya secara langsung serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bagian atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Sumbawa, Nusa Tenggara ini.


Gambar Peta Geologi Sumbawa Nusa Tenggara (Indeks: 1907).


Fisiografi Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa memanjang pada arah barat – timur, tersayat oleh beberapa lembah berarah terutama timurlaut – baratdaya serta baratlaut – tenggara.

Stratigrafi Pulau Sumbawa

Berikut ini adalah rangkuman tatanan stratigrafi untuk lembar Sumbawa, Nusa Tenggara,:
  1. Aluvium & Endapan Pantai (Qal) ; Batugamping tersusun dari terumbu karang pada pecahan btugamping koral.
  2. Terumbu Koral Terangkat (Ql); Batugamping tersusun dari terumbu karang pada pecahan batugamping koral.
  3. Batulempung Tufaan (Tpc) ; Batulempung tufaan dengan sisipan lapisan batupasir juga kerikil hasil rombakan batuan gunungapi.
  4. Batugamping Koral (Tmcl) ; Batugamping koral, batugamping mengandung koral, berlapis baik; pada bagian bawah mengandung rijang.
  5. Batugamping (Tml) ; Batugamping, batupasir gampingan serta rombakan batuan gunungapi gampingan.
  6. Batupasir Tufaan (Tms) ; Batupasir tufaan, batulempung, tufa, breksi. Satuan batuan berlapis baik mengandung lensa batugamping.
  7. Satuan Lava - Breksi (Qhv); Lava breksi, lahar, tufa, abu gunungapi bersusun andesit.
  8. Satuan Breksi Andesit - Basal (Qv) ; breksi gunungapi, lahar, tufa, abu maupun lava bersusunan andesit-basal.
  9. Satuan Breksi Tanahmerah (Qot) ; Breksi gunungapi bersusunan andesit. Merupakan hasil letusan gunungapi Tanahmerah.
  10. Satuan Breksi - Tufa (Tmv) ; Breksi bersifat andesit dengan sisipan tufa pasiran, tufa batuapung, batupasir tufaan; setempat mengandung lahar, lava andesit, basal.
  11. Batuan Terobosan (Tmi); Andesit, basal, dasit, batuan beku tak teruraikan, sebagian besar merupakan batuan beku lelehan.

Struktur Geologi dan Vulkanisme

Struktur geologi pulau Sumbawa terutama terdiri dari sistem retakan berarah baratlaut – tenggara hingga timurlaut – baratdaya. Berdasarkan pergerakan pergeseran sentuhan batuan, sistem pensesarannya merupakan sesar jurus akan tetapi diantara Pulau Moyo - teluk Saleh sesarnya berupa sesar normal.

Gunungapi yang masih aktif di lembar Sumbawa yaitu Gunungapi Tambora. Letusan pada tahun 1815 menghasilkan sekitar 105 km3 material gunungapi terutama dari abu dan tufa lapilli. Dilihat dari muntahan materialnya, ini merupakan letusan terbesar yang pernah tercatat.

Baca juga: Geologi Regional Pulau Misol Papua

Demikian Resume dari Peta Geologi Sumbawa beserta tautan petanya yang bisa geologinesia berikan. Besar harapan kami, semua peta geologi yang diberikan disini bisa dipergunakan sebaik-baiknya. Apabila ditemukan tautan peta yang rusak, mohon untuk diinfokan melalui kolom komentar, dan geologinesia.com akan berusaha untuk memperbaikinya.

Peta Geologi Sumbawa Nusa Tenggara : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Struktur dan Vulkanisme