Jenis-Jenis Sumber Energi yang Ada di Bumi

Segala bentuk aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari sangat terbantu karena adanya energi. Bentuknya memang tidak terlihat namun manfaatnya bisa dirasakan. Secara umum ada 2 jenis sumber energi di dunia ini, yaitu yang terbaharukan dan yang tidak. Jumlahnya terbatas namun ada juga yang memiliki cadangan yang cukup besar.

Agar sumbernya tidak cepat habis sebaiknya lakukan penghematan. Contohnya pemakaian bahan bakar minyak, jika tidak dikontrol penggunaannya maka generasi selanjutnya tidak dapat merasakan kegunaan BBM tersebut. Banyak ilmuwan yang membuat energi alternatif agar minyak bumi tidak lekas habis.

Macam-macam Jenis Sumber Energi dan Pemanfaatannya

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sumber energi ada yang bisa diperbaharui dan tidak. Contoh yang bisa diperbaharui adalah air, angin, dan sumber lainnya yang jumlahnya melimpah. Sementara yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, dan lain sebagainya.

Fungsi keduanya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Perabot rumah tangga tidak akan berfungsi jika tidak ada listrik. Energi ini dapat diciptakan melalui pengolahan air, angin, dan sebagainya. Adapun jenis dan beberapa manfaat energi yang sering Anda temui sehari-hari adalah:

• Minyak Bumi
Sumber energi yang satu ini harus diolah terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan untuk tenaga penggerak. Hasil yang sering kita temui adalah bensin, solar, avtur, dan sebagainya. Kendaraan bermotor tidak akan bisa berjalan jika tidak menggunakan bahan ini. Karena jumlahnya semakin hari kian terbatas, maka harus dilakukan penghematan. Industri otomotif kini mulai menggunakan inovasi agar mesin kendaraan lebih irit bahan bakar. Selain itu polusi udara yang dihasilkan akan berkurang jika Anda menggunakan produk mobil atau motor terbaik.

• Air
Pemanfaatan sumber energi air ini cukup luas, salah satunya sebagai penggerak kincir. Dari sinilah aliran listrik didapatkan atau yang sering disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Tidak hanya itu air juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan transportasi misalnya kapal, perahu, dan lain-lain. Meskipun jumlahnya melimpah, penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan agar pasokan tetap lancar.

• Matahari
Matahari memiliki peran yang penting dalam kehidupan di bumi. Tak hanya bagi manusia saja, tanaman juga membutuhkan cahaya untuk melakukan fotosintesis. Energi panas yang dihasilkan dapat mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari seperti untuk menjemur pakaian. Anda juga bisa menyimpan panas matahari untuk dijadikan cadangan listrik. Panel surya ini sudah banyak diedarkan di pasaran sehingga ketika lampu mati Anda bisa menggunakannya tanpa perlu membeli bahan bakar.

• Angin
Kincir angin merupakan salah satu alat yang bisa menyimpan tenaga. Penggeraknya tentu saja angin sehingga simpanan energi semakin besar. Tidak hanya itu angin juga dimanfaatkan oleh nelayan untuk mencari ikan di tengah laut dan saat pulang ke daratan. Tenaga ini merupakan jenis energi terbaharukan yang jumlahnya cukup melimpah di bumi.

• Listrik
Sumber energi listrik berasal dari pembangkit yang digerakkan dengan air, angin, ataupun uap. Karena ketersediaannya cukup terbatas, maka harus dilakukan penghematan. Banyak yang mencari cara alternatif agar dapat menggunakan listrik tanpa harus membayar mahal.

Anda bisa memanfaatkan sungai yang ada di sekitar untuk menghasilkan tenaga tersebut. Hampir semua perabot rumah tangga seperti tv, kipas angin, lampu, dan lain-lain hanya bisa bekerja jika ada aliran listrik yang masuk kedalamnya.

Dari beberapa sumber energi yang sudah disebutkan diatas, membuktikan bahwa makhluk hidup sangat membutuhkan kelimanya. Agar Anda bisa menikmati fungsinya dalam jangka panjang, sebaiknya lakukan penghematan supaya jumlahnya tidak cepat habis.

Jenis-Jenis Sumber Energi yang Ada di Bumi