Sejarah Lengkap Bergabungnya Negara-Negara ASEAN

Association of Southeast Nations atau biasa kita kenal dengan sebutan ASEAN adalah sebuah organisasi antar Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bergerak dalam bidang geo-politik dan ekonomi. Tujuan didirikannya ASEAN adalah guna meningkatkan kemajuan sosial, pertumbuhan ekonomi dan pengembangan dalam bidang seni, menciptakan perdamaian antar negara dan budaya masing-masing negara. Negara-negara ASEAN terdiri dari 10 negara. 10 negara tersebut adalah Filipina, Indonesia, Kamboja, Brunei, Vietnam, Thailand, Singapura, Myanmar, Malaysia dan Laos.

Menurut sejarah yang tercatat, ASEAN didirikan oleh 5 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Organisasi ini dibentuk melalui Deklarasi Bangkok yang dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Masing-masing negara ASEAN kala itu diwakili masing-masing satu orang. Orang-orang yang berjasa dalam berdirinya organisasi ini adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), Thanat Khoman (Thailand) dan Narsisco Ramos (Filipina).

Organisasi khusus Asia Tenggara ini terbentuk karena beberapa latar belakang tersendiri. Persamaan nasib dan sejarah antar masing-masing anggota ASEAN menjadi alasan utama berdirinya organisasi ini. Selain itu, bangsa-bangsa ini juga hampir seluruhnya pernah dijajah oleh bangsa asing terkecuali Thailand. Salah satu faktor tambahan lain adalah karena negara-negara ini memiliki letak geografis yang saling berdekatan satu sama lain sehingga akan sangat baik jika saling membantu ke depannya. Berikut adalah penjelasan mengenai negara-negara ASEAN.

negara-negara ASEAN

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ASEAN pertama kali didirikan oleh 5 negara. ASEAN dideklarasikan pada tahun 1967. Negara pertama adalah Indonesia. Negara Republik Indonesia (RI) beribukota di Jakarta. RI sangat dikenal sebagai sebuah negara kepualauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki jumlah pulau yang mencapai kurang lebih 17.508 pulau. Pulau-pulau ini tersebar pada 34 provinsi. Negara kedua adalah negara Malaysia. Negara ini masih serumpun dengan Indonesia karena memiliki cukup banyak persamaan dari segi budaya hingga agama mayoritas di negaranya. Negara Malaysia sendiri merupakan sebuah negara federasi yang meliputi tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan.

Negara-negara ASEAN selanjutnya adalah Thailand. Thailand merupakan sebuah negara kerajaan beribukota di Bangkok. Negara kerajaan ini memiliki luas wilayah mencapai 513.120 km2 dengan jumlah penduduk mencapai hingga 68 juta lebih. Thailand pada jaman dulu dikenal dengan nama Siam sampai tanggal 11 Mei 1939. Thailand menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Negara selanjutnya sebagai pendiri ASEAN adalah Filipina dan Singapura.

Filipina beribukota di Manila. Luas wilayah dari Filipina adalah 300 ribu km2. Dengan luas wilayah demikian, Filipina didiami penduduk cukup banyak bahkan lebih dari 100 juta jiwa. Filipina terletak di bagian utara Malaysia dan Indonesia. Mirip dengan Indonesia, negara ini juga merupakan negara kepulauan. Pulau yang dimiliki mencapai angka 7.107 pulau. Selama periode berjalan Filipina pernah menjadi jajahan dari negara spanyol. Penjajahan spanyol ini berlangsung sekitar kurang lebih 265 tahun. Negara selanjutnya adalah Singapura. Singapura juga merupakan negara yang menjadi cikal bakal kehadiran negara-negara ASEAN. Singapura atau Republik Singapura merupakan negara koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819. Dahulu Singapura bergabung bersama Malaysia meskipun selanjutnya memutuskan untuk keluar dikarenakan terjadi konflik ideology diantara keduanya. Singapur saat ini tumbuh menjadi negara paling sejahtera di dunia. Singapura memiliki jaringan perdagangan internasional yang sangat kuat dengan GDP per kapitanya sama dengan para bangsa-bangsa terkemuka di Eropa Barat.

Negara-negara ASEAN selanjutnya merupakan negara tambahan yang masuk ke dalam ASEAN seiring berjalannya waktu. Brunei Darussalam menjadi negara tambahan pertama yang bergabung dengan ASEAN. Brunai resmi bergabung tepat pada tanggal 7 January 1984. Negara Brunei Darussalam adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang terletak di sepanjang pantai utara pulau Kalimantan. Brunei saat ini tercatat sebagai negate ke-5 terkaya dari 182 negara dunia dengan kekayaan minyak bumi dan gas alam yang luar biasa luas. Negara tambahan keduanya adalah Vietnam. Vietnam bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Vietnam menjadi jajahan Perancis sejak abad ke-19.

Negara tambahan ketiga yang bergabung dengan ASEAN adalah negara Laos. Laos menjadi negara tambahan ketiga setelah resmi bergabung pada tanggal 23 Juli 1997. Perjalanan Laos dimulai setelah Thailand menguasai kerajaan yang kelak akan menjadi sebuah negara ini. Selanjutnya Perancis mulai menduduki wilayah kerajaan ini dan berakhir pada tahun 1975. Negara-Negara ASEAN yang terakhir bergabung adalah negara Myanmar dan negara Kamboja. Negara Myanmar resmi bergabung bersama ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Laos dan Myanmar bergabung menjadi anggota resmi dalam waktu yang bersamaan pada tanggal yang sama. Anggota yang terakhir adalah Kamboja yang bergabung pada tanggal 16 Desember 1998.

Sejarah Lengkap Bergabungnya Negara-Negara ASEAN