Minggu, 03 Desember 2017

Lapisan Troposfer : Letak, Fungsi dan Karakteristiknya

Planet Bumi yang kita tinggali ini menjadi terasa nyaman karena terlindungi oleh lapisan atmosfer. Atmosfer sendiri merupakan selubung udara yang melindungi Bumi dari berbagai hal berbahaya di luar angkasa mulai dari radiasi Matahari hingga meteor. Lapisan atmosfer terdiri dari berbagai lapisan yang berbeda. Batasan antara lapisan satu dengan yang lain bukanlah berupa batas yang jelas, melainkan berupa transisi yang tidak terlihat. Meskipun demikian, lapisan tersebut berubah komposisinya berdasarkan ketinggiannya. Lapisan atmosphere yang berada paling dekat dengan permukaan Bumi adalah lapisan troposfer. Karena berada pada lapisan paling bawah, troposfer memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai karakteristik dari lapisan yang satu ini.

1. Letak Troposfer
Sebelum membahas mengenai peranan lapisan troposfer Bumi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu di manakah letak lapisan ini. Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa lapisan ini berada pada paling dekat dengan permukaan Bumi. Jarak antara bagian paling bawah dengan bagian paling atas lapisan ini adalah 0 km hingga 12 km. Di atas jarak tersebut, lapisan atmosfer sudah memiliki komposisi dan peranan yang berbeda pula. Sebagai lapisan yang berada paling dekat dengan permukaan Bumi, tekstur udara pada lapisan ini lebih padat. Hal ini dikarenakan oleh pengaruh gaya gravitasi Bumi. Meskipun demikian, kerapatan komposisi udara tersebut sangat ideal untuk berbagai jenis kehidupan.

2. Peristiwa Alam di Troposfer
Pada lapisan troposfer, terjadi berbagai peristiwa alam yang menarik. Peristiwa alam tersebut tentunya tidak bisa terlepas dari apa yang terjadi pada permukaan Bumi. Salah satu peristiwa alam yang terjadi pada lapisan terbawah ini adalah angin kencang. Angin kencang merupakan pergerakan angin yang diakibatkan oleh perbedaan suhu pada permukaan Bumi. Pencemaran udara juga sering kali terjadi pada lapisan ini. Kendaraan yang digunakan oleh manusia terkadang mengeluarkan polusi di udara. Polusi ini kemudian mengotori troposfer. Selain polusi dari kendaraan, peristiwa kabut asap akibat kebakaran hutan juga terjadi pada lapisan ini pula. Salah satu cara untuk menjaga lapisan ini adalah dengan tidak mengotori udara.

lapisan troposfer

3. Peran Troposfer
Apabila kita membandingkan lapisan troposfer dengan lapisan atmosfer lainnya, maka lapisan ini memiliki ciri khas yang menarik. Karena letaknya yang berada pada bagian paling bawah lapisan atmosfer, maka bagian bawah dari troposfer berbatasan langsung dengan permukaan Bumi. Hal inilah yang menjadikan lapisan ini memiliki keunikan berupa suhu yang berbeda. Pada bagian troposfer yang berada di kutub, lapisan ini memiliki suhu yang rendah. Sementara itu, bagian troposfer yang dekat dengan garis ekuator memiliki suhu yang lebih tinggi. Selain lokasi geografis, perbedaan suhu troposfer juga dipengaruhi oleh ketinggian permukaan Bumi. Suhu troposfer pada pantai tentunya lebih panas dibandingkan dengan suhu troposfer pada puncak pegunungan yang menjulang tinggi.

Selain perbedaan suhu udara di berbagai tempat, rupanya lapisan troposfer juga memiliki komposisi yang cukup beragam. Berdasarkan volumenya, udara pada troposfer sebagian besar merupakan nitrogen. Kandungan nitrogen yang mencapai 78 persen menjadikan gas ini mendominasi komposisi troposfer. Komposisi yang kedua disusul oleh oksigen, yaitu sebanyak 21 persen. Hal ini menarik untuk dicermati karena meskipun sangat diperlukan untuk kehidupan, komposisi oksigen pada troposfer berada pada urutan kedua. Komposisi gas lain pada troposfer mencakup argon, karbondioksida, dan lain sebagainya. Komposisi gas tersebut berada di bawah satu persen saja.

Pada kesempatan kali ini, kita telah belajar mengenai lapisan atmosfer yang paling bawah, yaitu lapisan troposfer. Sebagai lapisan terbawah, troposfer berbatasan langsung dengan permukaan Bumi. Sementara itu, bagian teratas troposfer berada setinggi 12 km. Troposfer dan lapisan atmosfer di atasnya, dipisahkan oleh batas berupa tropopause. Beberapa peristiwa alam menarik terjadi pada lapisan ini. Sebagian besar peristiwa tersebut disebabkan oleh aktivitas di permukaan Bumi. Suhu pada troposfer tidak merata. Hal ini disebabkan oleh kondisi geografis dan ketinggian permukaan Bumi. Komposisi troposfer sebagian besar merupakan nitrogen dan oksigen. Sebagai lapisan yang mendukung terjadinya kehidupan, sangat penting bagi kita untuk menjaga troposfer dari polusi udara.