Senin, 09 Oktober 2017

Pencemaran Udara : Penyebab, Akibat dan Penanggulangannya

Pencemaran Udara - Semua orang tentu sadar betapa pentingnya udara bagi kehidupan. Contoh nyata pentingnya udara seperti bernafas membuktikan bahwa makhluk hidup sangat bergantung dengan adanya udara agar tetap hidup. Karena itu, apabila terjadi pencemaran udara di sekitar makhluk hidup tentu bisa dibayangkan bagaimana akibatnya.

Secara definisi, pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana lapisan udara pada bumi memiliki substansi kimia, fisik, maupun biologi yang dapat membahayakan kehidupan, khususnya manusia. Selain itu, terjadinya pencemaran tersebut juga bisa membuat suatu ekosistem di lingkungan tertentu akan terganggu atau bahkan rusak.

Baca juga: Macam Bentuk Pencemaran Lingkungan

Berdasarkan para ahli, tercemarnya udara oleh berbagai substansi berbahaya bisa terjadi secara alami maupun oleh kesengajaan manusia. Pencemaran oleh alam bisa disebabkan oleh bencana alam seperti gunung meletus, kebakaran hutan, dan sebagainya. Sementara itu, pencemaran yang disebabkan oleh perbuatan manusia bisa disebabkan oleh banyak hal seperti industri, produk rumah tangga, dan sebagainya.

pencemaran udara

Penyebab Pencemaran Udara

Secara spesifik, berikut beberapa contoh fenomena atau aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Beberapa diantaranya yaitu:

Pembakaran Batubara pada Sistem Pembangkit Listrik
Pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya dapat menghasilkan asap. Dalam asap inilah terdapat partikel yang bisa membahayakan udara. Partikel yang dimaksud adalah oksida sulfur (SO2) dan nitrogen oksida (NO2).

Asap Kendaraan Bermotor dan Industri Pabrik
Terjadinya pencemaran pada udara yang kita hirup juga bisa disebabkan oleh asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang kini volume penggunaannya semakin meningkat dari waktu ke waktu ini menyebabkan terjadinya kontaminasi udara dengan gas CO2 dan CO. Kasus serupa juga bisa diakibatkan oleh asap hasil industri pabrik ataupun pembakaran hutan.

Percobaan Nuklir dan Bom Atom
Percobaan nuklir dan bom atom yang dilakukan oleh beberapa negara juga bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kehidupan. Meskipun pada awalnya penggagas percobaan ini memiliki tujuan baik, namun apabila terjadi kebocoran atau pelepasan radioaktif, hal ini akan membuat keluarnya partikel berbahaya ke udara.

Kebocoran Produk Rumah Tangga atau Kendaraan
Produk rumah tangga atau kendaraan seperti kulkas, AC mobil, dan AC ruangan memang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Namun, apabila pada produk tersebut terjadi kebocoran mesin, akan terjadi kontaminasi yang tidak baik pada udara. Hal ini karena pada kebocoran akan keluar senyawa bernama chloro fluoro carbon (CFC). Senyawa ini adalah salah satu senyawa yang bisa membahayakan tubuh.

Akibat (Dampak) Pencemaran Udara

Ada sebab pasti ada juga akibatnya begitupula dengan pencemaran udara. Lalu, apa saja fenomena buruk yang terjadi akibat beberapa penyebab di atas? Ada beberapa contoh efek negatif yang terjadi, diantaranya yaitu:

Resiko Penyakit Seperti Kanker Kulit dan ISPA
Ada banyak gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pencemaran udara. Beberapa diantaranya adalah kanker kulit dan ISPA. Seperti yang kita tahu, salah satu efek dari pencemaran adalah bocor atau rusaknya lapisan ozon. Apabila lapisan atmosfer ini terganggu, kulit bisa langsung terpapar radiasi sinar UV. Paparan inilah yang bisa meningkatkan resiko penyakit kulit seperti kanker kulit. Selain itu, radiasi langsung juga bisa menyebabkan resiko lain seperti katarak.

pencemaran udara
Kanker kulit yang bisa diakibatkan oleh pencemaran udara. (Wikimedia).

Seperti halnya kanker kulit, udara yang telah tercemar oleh oksida karbon berbahaya juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan seperti asma dan ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. Karena manusia terus menghirup udara yang kualitasnya semakin memburuk, kesehatan manusia yang hidup di lingkungan tersebut juga bisa semakin menurun.

Baca juga: Bahaya akibat Pencemaran Tanah

Terganggunya Aktivitas Makhluk Hidup
Pencemaran udara juga bisa menyebabkan terganggunya aktivitas makhluk hidup. Salah satunya adalah gangguan jarak pandang oleh kabut asap yang diakibatkan oleh pembakaran hutan. Gangguan jarak pandang tentu akan menghambat aktivitas manusia yang hendak bekerja, ke sekolah, dan sebagainya.

Selain itu, pertumbuhan tanaman juga bisa terganggu. Tanaman merupakan makhluk hidup yang membutuhkan udara untuk melakukan proses hidupnya seperti fotosintesis dan sebagainya. Namun, jika partikel pada udara yang tercemar diserap oleh tanaman, hal ini akan menyebabkan tanaman menjadi terhambat pertumbuhan maupun perkembangannya. Selain itu, pencemaran pada lapisan ozon juga akan menyebabkan tanaman terkena dampak radiasi UV. Akibatnya, penyakit tanaman seperti bintik hitam, klorosis, nekrosis dan sebagainya bisa dialami oleh tanaman tersebut.

Hujan Asam dan Pemanasan Global
Hujan asam merupakan salah satu fenomena dimana air hujan memiliki sifat asam. Sifat asam pada air hujan tersebut bisa merusak atau mematikan kehidupan ekosistem di danau atau lainnya. Selain itu,  sifat asam juga bisa menyebabkan pengkaratan logam pada bangunan atau lainnya. Efek jangka panjang dari pencemaran yang terjadi di udara adalah pemanasan global. Seperti istilahnya, masalah ini akan memberikan efek yang buruk bagi segala kehidupan di bumi.

Baca juga: Efek Negatif Pencemaran Air

Menyadari sebab dan akibat pencemaran udara sebagaimana yang disebutkan di atas, sudah sewajarnya manusia melakukan pencegahan dan penanggulangan dari masalah ini. Salah satu contohnya seperti menanam pohon di sekitar dan mengurangi penggunaan produk elektronik pemicu pencemaran.