Senin, 21 Agustus 2017

GRANIT DALAM GAMBAR

Sesi geologi dalam gambar kali ini memperlihatkan kenampakan granit beserta penjelasannya. Granit merupakan jenis batuan beku dalam (plutonik/intrusif), bersifat asam, komposisi mineral penyusunnya terutama adalah feldspar dan kuarsa.

GRANIT


granit dalam gambar
Gambar sebelah kiri di atas adalah granit yang khas, berukuran sekitar 2 inci. Ukuran butir yang cukup kasar menunjukkan mineral utamanya. Butiran-butiran merah muda adalah feldspar ortoklas, dan butiran yang cerah adalah kuarsa atau muskovit.

Butiran berwarna hitam biasanya adalah biotit atau hornblende. Sejumlah mineral lainnya bisa hadir dalam granit. Sedangkan gambar sebelah kanan memperlihatkan granit dengan butiran halus (fine-grained granite). Spesimen tersebut berukuran sekitar 2 inci.

granit dan pegmatit
Gambar sebelah kiri diatas merupakan close-up dari granit putih dengan butiran halus, Area yang ditunjukkan gambar sekitar 1/4 inci. Sedangkan sebelah kanan merupakan granit dengan kristal feldspar ortoklas sangat besar. Granit dengan kristal besar seperti itu dikenal dengan nama pegmatit.