Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara Turki

Iklim Negara Turki - Turki terletak di ujung timur laut dari Laut Mediterania. Uniknya, negara ini berada di dua benua sekaligus, yaitu benua Eropa tepatnya Eropa Tenggara dan Benua Asia tepatnya Asia Barat. Letak astronomis dan geografisnya membuat iklim Negara Turki sedikit bervariasi.

Turki yang berada di wilayah Eropa terdiri atas wilayah yang hampir sama dengan Massachusetts. Sedangkan wilayah Turki yang berada di kawasan Asia luasnya hanya seukuran dengan Texas. Pusatnya sendiri terletak di dataran tinggi tanpa pohon yang dikelilingi oleh pegunungan.

keadaan iklim negara turki


Bagaimana Kondisi Iklim di Negara Turki?

Turki sendiri terletak di lokasi yang iklimnya cenderung sedang. Meski demikian, tetap ada perbedaan signifikan pada kondisi iklim negara Turki antar wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Daerah pesisir Turki memiliki iklim yang lebih sejuk, sebaliknya di dataran tinggi Anatolia pedalaman iklimnya cenderung lebih kering dengan musim panasnya yang terik. Sedangkan musim dinginnya tetap dingin namun dengan curah hujan yang lebih terbatas.

Kawasan Laut Marmara di wilayah Marmara dan di Istanbul iklimnya relatif sedang. Di kawasan ini suhu saat musim dingin bisa mencapai 5°C dan di musim panas suhunya bisa mencapai 25°C.

Sedangkan di Anatolia barat, tepatnya di wilayah Aegean, iklim yang terjadi dipengaruhi boleh Mediterania yang sejuk. Maka dari ituzn kawasan ini memiliki suhu yang lebih tinggi di musim dingin, yaitu 9°C dan di musim panas sekitar 29°C.

Di wilayah Mediterania, yaitu di pantai selatan Anatolia, iklimnya relatif sama. Sedangkan iklim di dataran tinggi Anatolia, yaitu di wilayah Anatolia tengah merupakan jenis iklim stepa. Iklim ini memiliki perbedaan suhu yang cukup signifikan antara siang dan malam.

Curah hujan di kawasan ini cenderung rendah, sedangkan di musim dingin justru lebih banyak bersalju. Suhu rata-ratanya berkisar antara 23°C saat musim panas dan turun hingga -2°C saat musim dingin.

Kondisi iklim berbeda terjadi di wilayah Laut Hitam. Di wilayah ini kondisi iklimnya cenderung hangat, basah dan lembab. Suhu di musim dingin bisa mencapai 7°C dan di musim panas bisa mencapai 23°C.

Kawasan Anatolia Tenggara dan Timur biasa terjadi musim dingin yang panjang dan keras. Disini, salju bisa menutup keseluruhan tanah. Kondisi ini berlangsung antara bulan November sampai akhir April. Suhu rata-ratanya di musim dingin bisa mencapai -13°C, sementara di musim panas adalah 17°C.

Kondisi iklim Negara Turki jika dikelompokkan berdasarkan klasifikasi Koppen-Geiger terbagi menjadi tiga zona iklim berbeda. Iklim bertipe Csa terjadi di Oastal Laut Mediterania serta Laut Hitam. Yang kedua adalah iklim Mediterania.

Iklim Mediterania yang terjadi ini memiliki ciri-ciri musim panas yang hangat dan kering. Sedangkan musim dinginnya cenderung sedang dan basah. Bulan terhangatnya memiliki suhu rata-rata 22°C.

Selanjutnya adalah iklim Dsa yang terjadi di kawasan pegunungan. Iklim ini artinya adalah iklim salju dengan musim panas yang kering. Bulan terhangat memiliki suhu rata-rata di atas 22°C dengan bulan terdinginnya bisa di bawah -3°C.

Kondisi Geografis Umum Negara Turki

Turki merupakan negara transbenua, yaitu terletak di dua benua Asia dan Eropa. 97% wilayah negaranya berada di Asia, sisanya berada di Eropa. Wilayahnya memiliki luas 783.562 km². 755.688 km² berada di Asia Barat dan 23.764 km² berada di Eropa.

Berdasarkan luas wilayahnya, Turki adalah negara terbesar ke-37 di dunia dan dikelilingi oleh 3 lautan di 3 sisinya. Laut tersebut adalah Laut Aegea, Laut Hitam dan Laut Mediterania. Wilayah paling timur dari semenanjung Balkan yang merupakan bagian Turki di Eropa membentuk perbatasan dengan Bulgaria dan Yunani. Sedangkan du bagian Asia sebagian besarnya terdiri dari Semenanjung Anatolia.