Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara Australia

Iklim Negara Australia - Australia adalah negara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia. Australia sendiri merupakan negara persemakmuran dengan 6 negara bagian dan 2 teritorial. Negara ini terletak di satu benua yang juga merupakan benua terkecil di dunia. Iklim negara Australia sedikit unik, karena benua ini sendiri terletak pada 3 wilayah lintang.

Meski berada dekat dengan Indonesia, kondisi iklimnya tidak terpengaruh iklim tropis. Iklimnya pun terbilang stabil. Luas Australia termasuk negara bagian yang berada di Pulau Tasmania diperkirakan sama dengan luas Amerika Serikat. Sedangkan Pulau Tasmania berada di lepas pantai tenggara.

iklim negara australia

Keadaan Iklim Negara Australia

Karena luas wilayahnya, kondisi iklim negara Australia terdiri dari zona iklim several berbeda. Wilayah bagian Utara iklimnya terpengaruh oleh iklim tropis yang cenderung lembab dan panas di musim panas. Sementara di musim dingin cenderung lebih kering dan hangat.

Wilayah Australia bagian selatan iklimnya relatif lebih sejuk, musim panasnya sejuk dan di musim dingin terkadang terjadi hujan. Sedangkan untuk musim, periode musim Australia berlawanan dengan periode musim di wilayah belahan bumi utara.

Ketika di wilayah belahan bumi utara sedang musim panas, maka di selatan khatulistiwa sedang musim dingin. Begitu pula sebaliknya. Bulan Desember & Januari merupakan bulan paling panas di Australia. Sedangkan bulan paling dingin adalah Juli dan Agustus.

Kondisi iklim Negara Australia di wilayah bagian selatan umumnya sedang hingga hangat. Suhu siang di musim panas biasanya mulai dari 25°-30°C. Sedangkan musim dinginnya bersuhu 5°-10°C. Daerah Pegunungan Alpen Australia dan Pegunungan Tasmania mempunyai iklim pegunungan yang khas.

Biasanya di daerah ini, musim dinginnya lebih dingin dengan puncak tertinggi yang tertutup salju sepanjang tahun. Kondisi ekstrim lain namun sangat berbeda terjadi di kawasan gurun dan semak pedalaman yang berada di Australia tengah.

Jika diklasifikasikan berdasarkan iklim Koppen-Geiger, iklim Negara Australia terbagi menjadi enam zona iklim. Bagian di pantai utara memiliki iklim berjenis Aw, yaitu iklim tropis panas dimana suhu di semua bulan di atas 18°C, serta periode kering saat musim dingin.

Sementara daerah sekitar pantai barat, iklimnya BSh, yaitu iklim subtropis yang lebih kering. Suhu rata-rata tahunannya bisa di atas 18°C. Di wilayah tengah iklim gurun BWh. Suhu rata-rata tahunannya di atas 18°C. Sedangkan di bagian selatan iklimnya lebih dingin.

Wilayah di pesisir tenggara beriklim Cf. Sementara wilayah yang berada di sekitar Melbourne beriklim Cfb, yang memiliki bulan terpanas dengan suhu di bawah 22°C. Sedang bulan terdinginnya bersuhu antara 18 sampai -3°C.

Sementara wilayah pesisir barat daya beriklim Csb. Periode keringnya saat musim panas dengan bulan terpanas mencapai di bawah 22°C.

Geografi Umum di Australia

Australia memiliki luas daratan 7.617.930 km². Lokasinya berada di atas Lempeng Indo-Australia. Benua ini berada diantara Samudera Hindia dan Pasifik. Dari Benua Asia, Australia dipisahkan oleh Laut Timor dan Laut Arafura.

Australia ini merupakan negara terluas keenam jika dihitung menurut luas keseluruhan. Keterpencilan dan kepemilikannya membuat negara ini disebut dengan 'Negara Benua'. Australia juga dikenal sebagai pulau paling luas di dunia. 

Garis pantai Australia memiliki panjang 34.218 km. Panjang ini belum termasuk pulau-pulau yang berada di lepas pantai. Pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif mencatat luasnya sebesar 8.148.250 km².

Zona ini sendiri tidak termasuk dengan Teritorial Antartika Australia. Sedangkan secara astronomis, Australia berada antara 9°LS-44°LS dan 112°BT-154°BT. Letak ini sendiri tidak termasuk dengan letak Pulau Macquarie.