Kondisi Iklim di Negara Vietnam

Iklim Negara Vietnam - Vietnam berada di semenanjung Indochina yang secara geografis masuk dalam kawasan Asia Tenggara. Di sebelah barat, negara ini berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, sementara itu di bagian utara terdapat bentang alam pegunungan yang membatasinya dengan negara Cina.

Selain dengan China, negara Laos dan Kamboja yang merupakan kawasan Indochina juga berbatasan dengan Vietnam di bagian barat. Luas wilayah Vietnam kira-kira dua kali lipat dari wilayah Arizona, USA. Dataran rendah di Vietnam didominasi deposit jenis aluvial yang terbentuk akibat pengendapan sedimen membentuk delta Sungai Mekong di daerah selatan.

iklim negara vietnam

Kondisi Iklim Vietnam

Berbeda dengan wilayah Asia Tenggara lain yang rata-rata beriklim tropis, iklim negara Vietnam terbagi menjadi dua zona yaitu zona sedang dan zona tropis. Kondisi kedua zona ini ditandai dengan adanya pengaruh angin muson yang bertiup cukup kuat dari selatan menuju ke utara ataupun sebaliknya.

Di Vietnam, sinar matahari bersinar sepanjang tahun, tetapi kadangkala juga curah hujan yang terjadi relatif tinggi. Kelembapan di Vietnam dapat dikategorikan sangat tinggi, hingga seringkali orang akan merasa tidak nyaman. Di bagian selatan negara ini didominasi zona tropis yang hangat, sedangkan dekat pegunungan utara suhu akan terasa lebih dingin.

Iklim Vietnam Menurut Tan-Son-Nhat

Klasifikasi iklim negara Vietnam berdasarkan Tan-Son-Nhat menggunakan indikator suhu rata-rata tahunan. Wilayah negara ini mempunyai suhu tahunan berada di angka 22°C - 27°C. Tidak ada perbedaan signifikan antara suhu daerah selatan dengan utara, meskipun masing-masing berada pada dua zona iklim yang berbeda.

Di bagian utara yang masuk dalam zona sedang, suhu disana akan terasa sangat dingin begitu memasuki musim dingin. Zona sedang ini pun terbagi atas empat musim sebagaimana negara beriklim sedang pada umumnya.

Sedangkan untuk wilayah selatan yang masuk dalam zona tropis hanya ada dua musim disana, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Musim penghujan sering terjadi pada bulan November - April, sedangkan musim kemarau terjadi saat memasuki bulan Mei - Oktober.

Iklim Vietnam Menurut Klasifikasi Koppen-Geiger

Karena iklim negara Vietnam terbagi menjadi zona sedang dan zona tropis, maka berdasarkan klasifikasi Koppen-Geiger iklim Vietnam pun dapat dibedakan menjadi dua jenis. Wilayah Vietnam bagian selatan tergolong iklim Aw, yaitu tipe iklim tropis yang cenderung panas di hampir semua bulan.

Sementara itu, di bagian utara Vietnam terkategorikan sebagai iklim Cwa, yaitu tipe iklim yang bulan terpanasnya mencapai suhu lebih dari 22°C, sedangkan bulan terdinginnya suhunya berada di angka 18°C sampai -3°C. Pada saat musim dingin semua wilayah Vientam akan cenderung kering.

Proses presipitasi kedua zona iklim di Vietnam relatif tinggi. Ketika memasuki bulan-bulan musim dingin, udara akan terasa lebih kering. Di daerah utara suhu akan turun, demikian pula di daerah selatan meskipun turunnya tidak begitu drastis.

Kondisi Geografis Vietnam Secara Umum

Total luas wilayah Vietnam adalah 332.698 km persegi, hampir sama dengan luas negara Jerman. Panjang pantai Vietnam yang tercatat sebagai batas resmi negara adalah 3.444 km, sedangkan panjang garis perbatasan daratannya sekitar 4.639 km.

Topografi negara Vietnam cukup beragam. Sebagian didominasi oleh area perbukitan dan pegunungan yang masih diliputi hutan lebat, sebagian lain terdapat pantai dan dataran rendah. Namun prosentase luas dataran rendah di Vietnam hanya kurang dari 20%.

Adapun pegunungan di Vietnam mendominasi hingga 40% total wilayah, sedangkan sisanya berupa perbukitan sebesar 40% serta hutan tropis seluas 42%. Vietnam dialiri oleh Sungai Merah, sehingga terdapat wilayah delta yang berada di daerah utara.

Komentar