Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara Vietnam

Iklim Negara Vietnam - Vietnam berada di semenanjung Indochina yang secara geografis masuk ke dalam kawasan Asia Tenggara. Negara ini berbatasan langsung dengan bagian barat Laut Cina Selatan. Sementara itu, di bagian utara bertemu bentang alam yang membatasi dengan negara Cina.

Laos dan Kamboja yang juga termasuk kawasan Indochina berbatasan dengan Vietnam di bagian barat. Luas wilayah Vietnam kira-kira dua kali lipat area Arizona. Datarannya didominasi jenis aluvial yang terbentuk akibat delta Sungai Mekong di daerah selatan.

iklim negara vietnam

Kondisi Iklim Vietnam

Berbeda dengan wilayah Asia Tenggara lain yang rata-rata beriklim tropis, iklim negara Vietnam terbagi menjadi dua yaitu zona sedang dan zona tropis. Kondisi ini ditandai dengan adanya pengaruh angin muson yang bertiup cukup kuat dari selatan menuju utara dan sebaliknya.

Sinar matahari bersinar sepanjang tahun, tetapi kadang kala juga terjadi curah hujan yang relatif tinggi. Kelembapan di Vietnam dapat dikategorikan sangat tinggi, hingga seringkali terasa tidak nyaman. Di bagian selatan negara ini didominasi zona tropis, sedangkan dekat pegunungan utara lebih dingin.

Iklim Vietnam Menurut Tan-Son-Nhat

Klasifikasi iklim negara Vietnam berdasarkan Tan-Son-Nhat menggunakan indikator suhu rata-rata tahunan. Wilayah negara ini mempunyai suhu tahunan berada di angka 22 °C - 27 °C. Tidak ada perbedaan signifikan antara suhu daerah selatan dengan utara, meskipun ada di zona iklim berbeda.

Hanya saja di bagian utara yang berada di zona sedang, akan terasa sangat dingin begitu memasuki musim dingin. Zona sedang ini pun terbagi atas empat musim sebagaimana negara beriklim sedang pada umumnya.

Di wilayah selatan yang masuk zona tropis hanya ada dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan lazimnya terjadi pada bulan November - April, sedangkan musim kemarau saat memasuki bulan Mei - Oktober. 

Iklim Vietnam Menurut Klasifikasi Koppen-Geiger

Karena iklim negara Vietnam terbagi menjadi zona sedang dan zona tropis, maka berdasarkan klasifikasi Koppen-Geiger pun dibedakan menjadi dua pula. Wilayah Vietnam bagian selatan tergolong iklim Aw, yaitu tipe iklim tropis yang cenderung panas di hampir semua bulan.

Sementara itu, di bagian utara Vietnam terkategorikan sebagai ilim Cwa, yaitu tipe iklim yang bulan terpanasnya mencapai lebih dari 22 °C, sedangkan bulan terdinginnya berada di angka 18 °C sampai -3 °C. Pada saat musim dingin cenderung kering.

Proses presipitasi kedua zona iklim ini relatif tinggi. Ketika memasuki bulan-bulan musim dingin, udara akan terasa lebih kering. Di daerah utara suhu akan turun, demikian pula di daerah selatan meskipun turunnya tidak begitu drastis.

Kondisi Geografis Vietnam Secara Umum

Total luas wilayah Vietnam adalah 332.698 km persegi, hampir sama dengan luas negara Jerman. Panjang pantai Vietnam yang tercatat sebagai batas resmi negara adalah 3.444 km, sedangkan panjang garis perbatasan daratannya sekitar 4.639 km.

Topografi negara Vietnam cukup beragam. Sebagian didominasi oleh area perbukitan dan pegunungan yang masih diliputi hutan lebat, sebagian lain terdapat pantai dan dataran rendah. Namun prosentase luas dataran rendah di Vietnam hanya kurang dari 20%.

Adapun pegunungan di Vietnam mendominasi hingga 40% total wilayah, sedangkan sidangnya berupa perbukitan sebesar 40% serta hutan tropis seluas 42%. Vietnam dialiri oleh Sungai Merah, sehingga terdapat wilayah delta yang berada di daerah utara.