Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara Laos

Iklim Negara Laos - Diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya, Laos adalah sebuah negara yang terletak tepat di tengah dan terkurung daratan (land locked). Masih berada di kawasan yang dilewati garis khatulistiwa, iklim Negara Laos juga tidak jauh berbeda dengan negara Asia Tenggara lain, yaitu iklim tropis.

Terkurung daratan, Laos dikelilingi dan berbatasan langsung dengan berbagai negara, mulai dari Kamboja, Vietnam, Thailand hingga Burma dan China. Meskipun tidak memiliki wilayah laut, Laos justru termasuk negara pegunungan.

iklim negara laos

Bagaimana Kondisi Iklim Laos?

Iklim di Laos adalah iklim monsun tropis yang mana angin monsun sangat berpengaruh pada kondisi iklimnya. Kondisi iklim Negara Laos yang digambarkan sebagai iklim monsun tropis ini ditandai dengan sinar matahari yang cukup berlimpah dan curah hujan yang terbilang tinggi.

Suhu rata-rata tahunan di Negara Laos ini antara 22°-27°C sepanjang tahunnya. Sedangkan kelembabannya yang cenderung tinggi membuat cuaca di Laos terkadang terasa todak nyaman. Meski begitu, daerah yang terletak di pegunungan dan dekat dengan daerah tropis cenderung lebih sejuk.

Iklim di Laos juga dipengaruhi oleh angin musim, yang ditandai dengan perbedaan antara musim kemarau dan penghujan. Musim kemarau terjadi saat angin barat daya bertiup. Musim panas yang diikuti dengan curah hujan tinggi terjadi antara bulan Mei-Oktober.

Sementara itu, musim dingin yang kering terjadi antara bulan November-Februari. Saat musim hujan, Laos mendapatkan 60% dari jumlah hujan tahunan. Sementara itu di daerah pedalaman curah hujan rata-ratanya pun cukup tinggi, yaitu 1250 mm.

Suhu rata-rata di Laos memang relatif normal. Namun semakin ke arah utara, suhu udara pun bisa semakin turun hingga menjadi 15°C. Dengan karakteristik demikian, menurut iklim Koppen-Geiger, Laos termasuk iklim Aw.

Iklim Aw ini adalah iklim tropis yang panas dengan suhu di atas 18°C di semua bulan serta mengalami periode kering saat musim dingin. Jika dijelaskan secara garis besar, Laos memiliki 3 musim yang berbeda.

Pertama adalah musim hujan yang panas akibat angin musim barat. Kedua adalah musim kemarau yang sejuk akibat angin yang datang dari arah timur laut. Terakhir adalah musim pancaroba yang kering. Musim ini adalah musim peralihan dari kemarau ke penghujan.

Kondisi Geografi Laos Secara Umum

Secara astronomis, Laos berada diantara garis 14°LU-22°LU dan 100°BT-108°BT. Sedangkan dari segi geografis, luas negaranya sekitar 246.800 km². Dari luas wilayah negaranya ini, wilayah perairannya hanya sekitar 2%.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Laos adalah negara yang dihimpit daratan. Wilayah daratannya didominasi oleh gunung-gunung dan diselimuti oleh hutan yang lebat. Gunung tertingginya adalah Phou Bia (Gunung Bia) yang memiliki tinggi sekitar 2.817 m di atas permukaan laut.

Selain dataran tinggi, Negara Laos juga terdiri dari dataran rendah dengan perbatasan yang berupa aliran sungai. Sungai terbesar di Laos membentuk sebagian perbatasan wilayah dengan Thailand. Bentang alam lain yang menjadi karakteristik Laos adalah adanya rantai pegunungan Annam.

Di bagian Utara membujur ke arah selatan, terdapat barisan pegunungan yang membujur melewati Playo Bolovens, Pegunungan Annam serta lembah Sungai Mekong. Titik tertingginya berada pada Gunung Phou Bia, gunung tertinggi di Laos dengan ketinggian 2.820 meter.

Sebagian besar perbatasan Negara Laos dengan Thailand terbentuk dari Sungai Mekong. Sementara perbatasan timur yang membatasi dengan Negara Vietnam terbentuk oleh rangkaian pegunungan Annam.

Wilayah Laos nahian utara memiliki bentang alam yang cukup luas. Kemudian di bagian tengahnya menyempit dan kembali melebar pada bagian selatan. Sementara di bagian dalam Semenanjung Indochina topografinya cenderung berbentuk hutan lebat dan gunung. Ini juga berpengaruh pada kondisi iklim Negara Laos.