Faktor Penyebab Kelangkaan Hewan dan Cara Mencegah Kepunahannya

penyebab kelangkaan hewan
Penyebab Kelangkaan Hewan - Dewasa ini masalah kelestarian lingkungan adalah masalah serius yang terjadi di bumi. Perbuatan tak bertanggung jawab yang dilakukan oleh manusia menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab kerusakan lingkungan.

Tidak hanya kerusakan lingkungan, kepunahan hewan dan tumbuhan juga menjadi masalah serius yang saat ini menjadi konsentrasi. Berbagai penyebab kelangkaan hewan hingga saat ini terus dicari solusi agar bisa mengembalikan kondisi alam seperti sedia kala.


Faktor yang Menyebabkan Kelangkaan Hewan

Sudah umum diketahui jika beberapa waktu belakangan bumi semakin terancam kelestariannya karena ulah manusia sendiri. Kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana, hewan dan tumbuhan diburu untuk kebutuhan komersil sehingga membuat keseimbangan ekosistem pun ikut terganggu.

Hal seperti ini juga terjadi termasuk di Indonesia. Indonesia yang dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati kini semakin hari mulai berkurang. Banyak hewan dan tumbuhan dieksploitasi secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Habitat hewan dirusak untuk pembukaan lahan pertanian atau perkebunan. Secara tidak langsung, manusia juga menjadi penyebab terbesar terjadinya kelangkaan bahkan kepunahan berbagai jenis hewan di Indonesia.

Memang ada beberapa hal yang secara alamiah menyebabkan berbagai jenis hewan mulai berkurang jumlahnya. Untuk meningkatkan kepedulian kepada lingkungan termasuk keberadaan hewan-hewan di Indonesia, perlu diketahui berbagai penyebab kelangkaan hewan serta bagaimana cara melestarikannya. Berikut ini merupakan faktor penyebab kelangkaan hewan, yaitu:

1. Bencana Alam
Bencana alam merupakan kejadian yang berada di luar kuasa manusia. Terjadinya bencana alam memang bisa menyebabkan beberapa spesies hewan menjadi berkurang bahkan langka. Hal ini pulalah yang terjadi berjuta tahun yang lalu saat terjadi bencana alam besar berupa gunung meletus dan bencana alam lainnya menyebabkan berbagai spesies hewan menghilang dan punah.


Indonesia yang juga berada di kawasan dengan banyak gunung berapi aktif sering mengalami bencana gunung meletus. Hal tersebut mau tidak mau membuat alam di sekitarnya rusak, berbagai spesies hewan dan tumbuhan yang tidak bisa bertahan dari bencana tersebut pun mati sehingga menyebabkan jumlahnya terus berkurang.

2. Perubahan Iklim
Selain bencana alam, kelangkaan spesies hewan di bumi juga bisa disebabkan oleh perubahan iklim. Perubahan Iklim ini sangat berdampak pada keseimbangan alam. Perubahan iklim yang signifikan saat ini dimana iklim bumi semakin panas, membuat beberapa spesies hewan tidak mampu beradaptasi dan bertahan.

Salah satu dampak dari perubahan iklim bumi yang semakin panas ini adalah pada sistem reproduksi hewan serta proses migrasi yang biasa dilakukan oleh hewan untuk bisa bertahan hidup. Umumnya di musim-musim tertentu seperti saat musim dingin hewan akan melakukan migrasi ke wilayah yang lebih hangat. Namun, wilayah lain yang lebih hangat itu justru memiliki suhu yang lebih tinggi sehingga membuat hewan tersebut tak mampu bertahan hidup.

3. Serangan Penyakit
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, beberapa spesies hewan mengalami kepunahan akibat serangan penyakit. Hal ini mungkin tidak terjadi pada semua spesies hewan. Namun tetap saja, serangan penyakit yang disebabkan oleh jamur atau bakteri ini bisa menyebabkan sejumlah besar hewan mati sehingga mengurangi populasinya di bumi.

4. Meningkatnya Kelompok Hewan Predator
Dalam urutan rantai makanan, hewan predator adalah kelompok hewan yang berada pada tingkat paling atas rantai makanan. Keberadaannya sangat penting guna menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Namun, beberapa waktu belakangan sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kelompok hewan predator di bumi semakin meningkat.

Peningkatan kelompok predator inilah yang menjadi penyebab kelangkaan hewan terutama pada kelompok hewan non predator yang berada di bawahnya. Contoh yang saat ini sedang banyak ditemui adalah meningkatnya populasi anjing liar.

Anjing liar ini sangat berpotensi menyerang kelompok hewan lain, apalagi jika hewan yang diserang termasuk dalam kelompok hewan langka, maka tentu akan sangat merugikan. Hal ini akan membuat jumlah hewan non predator di bawahnya semakin berkurang bahkan bisa menyebabkan kepunahan.

5. Kerusakan Habitat Hewan
Kerusakan alam seperti hutan yang menjadi habitat asli bagi hewan-hewan merupakan penyebab selanjutnya dari kelangkaan hewan di bumi. Hutan yang terus dirusak untuk pembukaan lahan membuat hewan-hewan semakin terdesak dari tempat tinggalnya.

Ketika hewan sudah tidak memiliki tempat tinggal lagi, maka hewan akan datang ke tempat tinggal manusia. Manusia yang merasa terancam akan secara buas membunuh hewan-hewan tersebut. Inilah yang membuat jumlah hewan, terutama hewan liar terus berkurang.

Ditambah lagi kegiatan pembakaran hutan yang juga sering dilakukan oleh manusia untuk pembukaan lahan, juga memperburuk keadaan ini. Pembakaran hutan ini tidak hanya membuat pohon-pohon mati terbakar, namun juga membakar hewan-hewan yang tinggal di dalamnya. Semakin banyak wilayah hutan yang dibakar, maka akan semakin banyak pula hewan yang tinggal di dalamnya ikut mati terbakar.

6. Perburuan Liar
Kegiatan tak bertanggung lain yang juga menjadi penyebab terbesar kelangkaan hewan saat ini adalah perburuan liar. Beberapa spesies hewan, terutama hewan endemik yang langka, banyak dicari dan diperjualbelikan. Jika hal ini dibiarkan berlanjut hewan yang awalnya jumlah sudah tinggal sedikit di bumi, bisa semakin langka bahkan punah.

Perburuan hewan secara liar juga dilakukan untuk mengambil manfaat dari hewan tersebut. Hal ini dilakukan bukan semata-mata memenuhi kebutuhan saja, bahkan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Perburuan ikan paus untuk diambil bagian tubuhnya yang berharga mahal contohnya.

Contoh lain adalah perburuan gajah untuk diambil gadingnya untuk dijual dengan harga mahal. Perburuan liar ini jika tidak dihentikan segera akan sangat berpengaruh pada populasi hewan-hewan tersebut.

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan jika sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan hewan di bumi. Penyebab kelangkaan itu bisa terjadi akibat fenomena alami ataupun akibat perbuatan manusia, seperti yang dijelaskan pada tabel berikut:

Jenis FaktorPenyebab Kepunahan
Kelangkaan hewan karena faktor alami 1. Bencana alam, 2. Timbulnya penyakit, 3. Kelompok hewan predator yang semakin meningkat, 4. Perubahan iklim yang signifikan.
Kelangkaan hewan karena faktor manusia 1. Kerusakan hutan sebagai habitat hewan, 2. Perburuan Liar, 3. Perdagangan hewan secara ilegal.

Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Kepunahan Hewan

Setelah mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab kelangkaan hewan, sudah sepatutnya manusia sadar akan pentingnya kelestarian alam ini. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh manusia untuk menjaga kelestarian hewan-hewan tersebut. Bagaimana caranya? Berikut beberapa diantaranya.

1. Menjaga Kelestarian Habitat Hewan
Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan-hewan di bumi adalah dengan menjaga habitatnya. Apabila habitat yang merupakan tempat tinggal hewan-hewan tersebut tetap terjaga, maka keberadaan hewan-hewan pun akan terjaga.

2. Memberi Hukuman yang Berat bagi Para Pelaku Perburuan Liar
Diperlukan tindakan tegas bagi para pelaku pelanggaran yang menyebabkan kepunahan hewan, terutama bagi para pelaku perburuan liar. Pemberian hukuman yang berat ini diharapkan bisa memberikan rasa takut dan efek jera bagi para pemburu yang melakukan pemburuan secara liar pada hewan-hewan, terutama pada hewan yang tergolong langka.

Itu tadi penjelasan tentang penyebab kelangkaan hewan serta upaya yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Wawasan tentang kelangkaan hewan di bumi beserta penyebab dan cara mencegahnya ini diharapkan bisa menjadi ilmu yang baik untuk turut dalam melestarikan lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel