Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Contoh Sumber Daya Tambang dan Pemanfaatannya

contoh sumber daya tambang emas

Alam menyediakan berbagai macam sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, baik itu berupa sumber daya alam hayati maupun non hayati. Ditambah lagi dengan kondisi dan letak geografis Indonesia yang sangat strategis menjadikan keanekaragaman sumber daya alam di Indonesia semakin kaya. Seperti misalnya karena wilayah lautan Indonesia yang sangat luas menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya tambang.

Tidak hanya kaya, sumber daya tambang di Indonesia bahkan bisa dibilang sumber daya pertambangan berkualitas terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri, sumber daya pertambangan ini dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk. Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh sumber daya tambang dan pemanfaatannya di Indonesia.

Apa itu Sumber Daya Tambang?

Yang dimaksud dengan sumber daya tambang adalah sumber daya yang diambil dari dasar perut bumi. Sumber daya ini merupakan kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Hal ini karena sumber daya tambang ini terbentuk membutuhkan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun.

Sebelum bisa dimanfaatkan menjadi berbagai produk, berbagai jenis dan contoh sumber daya tambang tersebut masih harus melalui proses yang panjang. Dimulai dari proses penggalian, pengambilan kemudian pengolahan sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Contoh Sumber Daya Tambang dan Pemanfaatannya

Setelah mengetahui bagaimana proses terbentuknya sumber daya atau bahan tambang, selanjutnya adalah berbagai contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang. Berikut ini adalah berbeda contoh sumber daya atau barang tambang serta pemanfaatannya.

1. Minyak Bumi
Contoh pertama sumber daya tambang yang paling sering ditemukan adalah minyak bumi. Minyak bumi merupakan cairan berwarna coklat gelap atau kehijauan dengan sifat mudah terbakar. Bahan tambang ini terbentuk dari sisa tumbuhan dan hewan yang kemudian tertimbun berjuta tahun dalam lapisan kerak bumi.

Ketika sudah dipisahkan dari gas alam, barang tambang ini berbentuk cairan hitam pekat dan berbau yang disebut dengan minyak mentah. Pemanfaatan minyak bumi ini adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor, tenaga penggerak mesin pabrik, penerangan rumah tangga dan lain sebagainya.

2. Gas Alam
Gas alam ini adalah bahan tambang yang berbentuk gas dan terdiri dari unsur metana. Bahan bakar fosil ini ditemukan di tambang batu bara, ladang gas bumi dan minyak. Semua minyak bumi terkandung gas alam yang larut dalam minyak mentah. Pemanfaatan gas alam ini antara lain adalah untuk bahan bakar industri dan rumah tangga, seperti LPG misalnya. Gas alam ini juga memiliki sifat mudah terbakar.

3. Batu Bara
Contoh sumber daya tambang selanjutnya adalah batu bara. Pembentukan batu bara juga memakan waktu sangat lama hingga jutaan tahun. Pemanfaatan batu bara umumnya adalah untuk bahan bakar, terutama bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga uap. Selain itu, batu bara juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti bahan pembuat cat, parfum dan obat-obatan.

4. Emas
Indonesia juga menjadi negara penghasil bahan tambang yang besar dengan total2.3% dari keseluruhan cadangan emas dunia. Produksi emas di Indonesia bisa mencapai 6,7%. Biasanya bahan tambang ini dimanfaatkan untuk perhiasan.

5. Timah
Biji timah merupakan salah satu sumber daya tambang yang berasal dari pelapukan batuan. Timah ini umumnya dimanfaatkan untuk pelapis besi dan bahan pembuat kaleng. Sedangkan biji timah yang diolah lebih lanjut biasanya akan berbentuk lebih tipis. Pemanfaatannya umumnya untuk pembungkus coklat, permen dan sebagainya.

6. Mangan
Mangan adalah contoh sumber daya tambang berupa logam berwarna hitam. Biasanya mangan ini dimanfaatkan untuk Pembuatan batu baterai, bahan campuran dalam pembuatan baja, bahan campuran dalam pembuatan keramik dan lain sebagainya.

7. Tembaga
Hasil sumber daya tambang selanjutnya bernama tembaga. Bahan tambang satu ini memiliki sifat menghantarkan listrik yang baik. Karena itu, pemanfaatan tembaga yang paling umum adalah untuk pembuatan komponen kelistrikan, seperti bagian dalam kabel misalnya. Tembaga juga banyak dimanfaatkan dalam industri konstruksi, pembuatan pipa air serta kuningan.

8. Intan
Sumber daya tambang ini berbentuk batuan dengan sifat yang keras, bahkan paling keras diantara hasil tambang batuan lain. Pemanfaatan intan ini umumnya digunakan di bidang pertambangan, yaitu untuk dijadikan mata bor. Namun karena keindahannya, seiring berjalannya waktu, pemanfaatan sumber daya tambang satu ini juga untuk batu permata. Untuk menghasilkan batu permata, intan harus diolah dengan cara digosok lebih dulu.

9. Nikel
Nikel merupakan contoh sumber daya tambang selanjutnya dengan karakteristik berwarna putih sedikit keabu-abuan. Nikel bersifat agak keras serta tidak mudah berkarat. Pemanfaatan nikel umumnya adalah untuk membuat uang logam. Namun nikel juga sering dimanfaatkan sebagai campuran besi untuk meningkatkan mutunya. Nikel juga dicampur dengan tembaga untuk menghasilkan perunggu atau kuningan.

10. Batu Pualam (Marmer)
Contoh bahan tambang ini dikenal juga dengan batu marmer. Batu pualam ini terbentuk akibat batuan kapur yang terkena suhu dan tekanan tinggi. Pemanfaatan sumber daya tambang satu ini umumnya adalah material untuk pelapis dinding dan bahan pembuat keramik. Namun di beberapa daerah, batu pualam ini juga dimanfaatkan untuk menjadi karya seni ukir.

11. Batu Gamping
Sumber daya tambang ini juga sering disebut dengan batu kapur. Ciri-cirinya umumnya berwarna putih dengan kandungan basa yang tinggi. Pemanfaatan bahan tambang ini umumnya dalam industri bangunan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat semen. Batu gamping juga dimanfaatkan pada bidang lain, yaitu pertanian untuk pupuk pada tanah yang kekurangan zat kapur.

12. Bauksit
Bauksit ini adalah biji aluminium. Pemanfaatan bauksit ini umumnya digunakan dalam industri pesawat terbang, yaitu untuk membuat bagian badan pesawat terbang, untuk membuat kapal, peralatan dapur dan lain sebagainya. Pada umumnya bauksit didapat dari deposit sekunder hasil pelapukan batuan yang kaya mineral K-feldspar.

Dari penjelasan di atas, contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang dapat diringkas ke dalam tabel berikut:
#Contoh Hasil tambangPemanfaatan
1. Minyak Bumi Bahan bakar kendaraan bermotor
2. Gas alam bahan bakar rumah tangga (LPG)
3. Batu bara Bahan bakar PLTU
4. Emas Untuk perhiasan
5. Timah Pelapis besi
6. Mangan Bahan Pembuat baterai
7. Tembaga Bahan pembuat kabel
8. Intan Untuk perhiasan
9. Nikel Bahan pelapis besi, pembuatan uang logam
10. Batu pualam Pembuatan Keramik
11. Batu gamping Pembuat semen dan Pupuk
12. Bauksit Bahan pelapis badan pesawat dan peralatan rumah tangga

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang beberapa contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, masih sangat banyak sumber daya tambang yang belum disebutkan di atas, seperti batu granit, pasir kuarsa, batu galena, pasir zirkon, dan lain sebagainya.

Sebagai kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, pemanfaatan bahan tambang yang semakin besar mengancam keberadaannya di bumi. Pemanfaatan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa eksploitasi berlebihan akan membantu menjaga kelestarian sumber daya alam yang satu ini.