Daftar Nama Selat di Indonesia yang Terkenal

selat di indonesia
Jembatan Suramadu yang melintasi Selat Madura.
Selat di Indonesia - Kenampakan alam di Indonesia merupakan salah satu kenampakan alam yang cukup bervariasi. Kondisi geografis dan geologis di Indonesia adalah salah satu penyebab bervariasinya kenampakan alam di Indonesia.

Jika Anda memperhatikan, misalnya, antara satu pulau besar di Indonesia dengan pulau lain selalu terpisah oleh kawasan berupa lautan yang relatif sempit. Lautan inilah yang dikenal dengan nama selat. Nah, kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang apa itu selat dan beberapa nama selat di Indonesia yang terkenal.


Apa itu Selat?

Selat adalah wilayah laut sempit yang berada diantara dua pulau dan menjadi penghubung kedua pulau itu. Indonesia yang merupakan negara Kepulauan dengan banyaknya pulau besar ataupun pulau kecil membuat selat yang ada di Indonesia juga tergolong banyak.

Dari pengertian tersebut, dapat diperoleh ciri-ciri dari kenampakan alam selat adalah berada diantara 2 buah pulau yang relatif besar. Selain itu, selat juga memiliki ciri-ciri berada diantara 2 permukaan daratan. Ciri lain yang menjadi pembeda selat dengan jenis laut lainnya adalah lautnya berukuran relatif sempit dan menghubungkan dua buah pulau yang saling berdekatan.

Nama-Nama Selat yang Ada di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu memiliki banyak pulau besar dan kecil yang terpisah-pisah oleh wilayah lautan. Karena itu, selat yang dimiliki di Indonesia juga relatif beragam.

Berikut ini adalah beberapa nama selat di Indonesia yang cukup terkenal dan menghubungkan beberapa pulau besar di Indonesia.

1. Selat Sunda
Nama selat pertama yang ada di Indonesia adalah Selat Sunda. Selat ini berada di ujung barat pulau Jawa dan menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Titik tersempit dari Selat Sunda ini hanya memiliki lebar sebesar 30km. Di sekitarnya pun terdapat beberapa pulau kecil, salah satu yang terkenal adalah Pulau Vulkanik Krakatau.


2. Selat Bali
Nama selat di Indonesia selanjutnya yang cukup terkenal adalah Selat Bali. Selat Bali ini memisahkan antara Pulau Bali yang berada di sebelah Timur dan Pulau Jawa di sebelah barat.

Selat ini terkenal karena menjadi salah satu jalur transportasi penting antara Pulau Jawa dan Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang di Jawa dan Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Di masa depan, di atas selat ini akan dibangun jembatan yang menghubungkan kedua pulau untuk semakin memudahkan jalur transportasinya.

3. Selat Karimata
Selat Karimata ini termasuk selat yang cukup luas dengan lebar mencapai kurang lebih 150km yang diukur dari Pulau Belitung hingga Pulau Kalimantan. Selat Karimata ini secara geografis memisahkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Diantara beberapa selat yang ada di Indonesia, Selat Karimata ini merupakan salah satu selat terluas.

4. Selat Malaka
Tidak hanya memisahkan antara satu pulau dengan pulau lain di negara Indonesia, selat juga memisahkan antara wilayah daratan satu negara dengan negara lain. Seperti yang terjadi pada Selat Malaka yang memisahkan antara Pulau Sumatera dengan Semenanjung Malaysia (Singapura, Malaysia, Thailand).

Selat Malaka merupakan jalur pelayaran penting di dunia yang membentuk jalur pelayaran antara negara dengan jumlah penduduk terbesar yang ada di dunia.

Titik tersempit dari Selat Malaka ini memiliki lebar hanya 1,5 mil laut. Hal ini menyebabkan bagian ini menjadi bagian kemacetan lalu lintas pelayaran terpengaruh dunia ini.

Setiap tahunnya sebanyak kurang lebih 50.000 kapal melintasi Selat Malaka ini. Kapal-kapal yang melintas ini mengangkut sekitar seperlima sampai seperempat dari perdagangan laut dunia.

5. Selat Makassar
Selanjutnya ada Selat Makassar yang merupakan laut sempit yang membatasi antara Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan. Selat Makassar juga menjadi penghubung antara Laut Jawa yang ada di bagian sebelah selatan dan Laut Sulawesi yang berada di bagian utara.

Selat Makassar termasuk dalam kategori selat dengan laut yang dalam, serta menjadi salah satu dari Alur Laut Kepulauan Indonesia. Kawasan laut selat ini merupakan tempat tinggal bagi berbagai spesies unik dan tergolong langka.

Selat ini juga merupakan garis batas pertemuan antara populasi air Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta garis pembatas fauna tipe Timur dan fauna tipe barat.

6. Selat Madura
Tepat di sebelah utara Pulau Jawa terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Madura. Pulau ini terpisah dari Pulau Jawa oleh Selat Madura. Secara geografis, Selat Madura terletak di sebelah timur dari Provinsi Jawa Timur dan sebelah selatan dari Pulau Madura.

Di sekitar Selat Madura juga terdapat beberapa pulau kecil yang kini menjadi potensi wisata yang cukup besar bagi Madura, yaitu Pulau Giliraja, Pulau Ketapang, Pulau Genteng dan Pulau Kambing.

Diantara Pulau Jawa dan Pulau Madura terdapat jarak terdekat yang terletak di ujung sebelah barat Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Gresik.

Selat Madura menjadi jalur transportasi dan penunjang perekonomian yang sangat penting bagi masyarakat Madura. Akses menuju Pulau Madura saat ini pun semakin dimudahkan dengan adanya Jembatan Suramadu yang membentang di atas selat ini.

7. Selat Alas
Diantara Pulau Sumbawa dengan Pulau Lombok terdapat laut sempit yang memisahkan keduanya, yaitu Selat Alas. Jarak diantara kedua pulau tersebut kurang lebih sejauh 29 mil laut.

Sarana transportasi utama yang digunakan untuk menyeberangi kedua pulau ini adalah kapal feri dengan lama perjalanan sekitar 90 menit atau satu setengah jam. Selat Alas menyimpan potensi yang luar biasa, salah satunya adalah menjadi daerah penangkapan cumi-cumi terpenting di Indonesia.

Produksi cumi-cumi dari Selat Alas ini bisa mencapai hingga 15% dari total produksi nasional. Di sekitar Perairan Selat Alas juga memiliki beberapa pulau cantik yang tak kalah dengan Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok.

Berdasarkan penjelasan di atas, berikut ini disajikan secara ringkas dalam bentuk tabel nama-nama selat di Indonesia yang terkenal atau terpopuler.

Nama SelatLetak
Selat Sunda Memisahkan Pulau Jawa - Pulau Sumatera
Selat Malaka Memisahkan Pulau Sumatera - Semenanjung Malaysia
Selat Karimata Memisahkan Pulau Kalimantan - Pulau Sumatera
Selat Bali Memisahkan Pulau Jawa - Pulau Bali
Selat Madura Memisahkan Pulau Jawa - Pulau Madura
Selat Makassar Memisahkan Pulau Kalimantan - Pulau Sulawesi
Selat Alas Memisahkan Pulau Sumbawa - Pulau Lombok

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang beberapa nama selat di Indonesia. Selat yang merupakan laut sempit diantara dua pulau merupakan wilayah yang memisahkan antara dua pulau, baik itu pulau besar maupun pulau kecil.

Karena menjadi pemisah diantara dua pulau, tentu saja selat ini memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam bidang transportasi. Namun, tak hanya sebagai jalur transportasi, beberapa selat di Indonesia ternyata juga menyimpan keindahan dan potensi tersendiri yang berada di sekitar perairannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel