Faktor Penyebab Kelangkaan Tumbuhan dan Cara Mencegah Kepunahannya

penyebab kelangkaan tumbuhan
Penyebab Kelangkaan Tumbuhan - Bumi ini terdiri atas keanekaragaman hayati yang sangat besar, baik yang berupa komponen biotik maupun komponen abiotik. Ada ribuan spesies hewan dan tumbuhan yang hidup di bumi ini. Sayangnya, perlahan lahan keanekaragaman itu mulai punah karena perilaku tak bertanggung jawab dari manusia.

Berbagai spesies tumbuhan dan hewan mulai terancam keberadaannya. Berikut ini akan dibahas secara jelas tentang penyebab kelangkaan tumbuhan serta indikasi jika tumbuhan tersebut bisa disebut tumbuhan langka.


Faktor yang Menjadi Penyebab Kelangkaan Tumbuhan

Berbagai keanekaragaman hayati berupa hewan maupun tumbuhan saat ini terancam punah karena perbuatan tak bertanggung jawab manusia. Penebangan hutan secara liar, pembakaran hutan serta eksploitasi berlebihan membuat berbagai jenis tumbuhan maupun hewan yang sebelumnya tersedia berlimpah mulai sulit dijumpai.

Tumbuhan misalnya, beberapa spesiesnya mengalami kelangkaan karena hutan tempat hidup tumbuhan tersebut juga sudah hilang digantikan dengan bangunan dan perkebunan. Secara tidak langsung, manusia adalah salah satu penyebab kelangkaan dan kepunahan spesies tumbuhan tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kelangkaan tumbuhan, dimana mayoritas diantaranya adalah akibat perbuatan manusia.

1. Alih Fungsi Hutan
Faktor pertama yang menyebabkan terjadinya kelangkaan pada berbagai spesies tumbuhan adalah karena adanya alih fungsi lahan hutan. Wilayah hutan setiap tahun terus mengalami penyusutan hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia.


Alih fungsi hutan untuk dijadikan lahan perumahan atau perkebunan membuat berbagai jenis tanaman harus ditebang. Bahkan mungkin tanpa sengaja, diantara tanaman-tanaman yang ditebang tersebut terdapat tanaman yang memang sebelumnya sudah sulit ditemui.

Deforestasi yang terus menerus dilakukan tanpa adanya upaya rehabilitasi tentu akan membuat lahan hutan semakin berkurang setiap tahunnya. Jika hal ini terus dibiarkan, beberapa spesies tumbuhan yang sebelumnya bisa ditemukan dengan mudah pun bisa menjadi langka.

2. Bencana Alam
Tidak hanya faktor manusia, kelangkaan tumbuhan yang ada di bumi juga bisa terjadi akibat faktor alami seperti bencana alam. Longsor, banjir, tsunami, gunung meletus adalah beberapa bencana alam yang ketika terjadi bisa menyebabkan tumbuhan yang hidup di bumi ikut hancur dan mati. Terutama di Indonesia yang termasuk negara yang rawan terkena dampak bencana alam.

Saat musim kemarau pun Indonesia tak terlepas dari ancaman bencana alam. Musim kemarau berkepanjangan menyebabkan tumbuhan kekurangan air. Tumbuhan yang tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan sulit bertahan hidup. Hingga akhirnya tumbuhan-tumbuhan mati. Jika berlangsung dalam periode yang panjang, bukan tidak mungkin juga menyebabkan beberapa spesies menjadi langka.

3. Termasuk Spesies Tanaman yang Sulit Berkembang Biak
Faktor alami selanjutnya yang menjadi penyebab kelangkaan tumbuhan adalah karena spesies tumbuhan tersebut termasuk dalam spesies yang susah melakukan perkembangbiakan. Ada beberapa spesies tumbuhan yang memang secara alami sulit berkembang biak secara alami. Sehingga dibutuhkan bantuan dari faktor lain, baik itu dari alam, hewan, tumbuhan lain maupun manusia.

Tak hanya itu, tumbuhan juga membutuhkan lingkungan yang tepat untuk bisa berkembang biak dengan baik. Apabila kondisi lingkungan tidak mendukung, maka bisa dipastikan spesies tumbuhan tersebut tidak akan bisa berkembang biak.

4. Spesies Baru yang Invasif Muncul Menggantikan Spesies Asli
Penyebab selanjutnya kelangkaan tumbuhan adalah adanya spesies baru yang sifatnya invansif sehingga membuat spesies asli terus berkurang. Ada beberapa jenis tumbuhan yang sifatnya endemik (hanya ada di satu wilayah tertentu saja) dan kebanyakan tumbuhan endemik ini tergolong tumbuhan langka. Tumbuhan-tumbuhan ini akan semakin langka apabila ada jenis tumbuhan baru yang menginvasi wilayahnya.

Hal ini bisa terjadi sebab, tumbuhan notabene membutuhkan media untuk melakukan perkembang biakan, seperti misalnya dengan bantuan angin ata dibawa oleh hewan lain seperti burung atau kupu-kupu.

Jika angin membawa benih spesies baru yang sebelumnya dihuni oleh tumbuhan endemik, spesies tumbuhan baru ini akan terus berkembang biak dan menggeser keberadaan tumbuhan endemik yang tidak bisa bertahan. Lama kelamaan tumbuhan endemik ini akan semakin berkurang keberadaannya dan menjadi langka.

5. Polusi
Semakin hari bumi semakin tercemar oleh polusi, baik polusi udara, tanah maupun air. Polusi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terbesar berkurangnya spesies tumbuhan dalam jumlah yang masif. Polusi tanah menyebabkan tanah terkontaminasi oleh zat atau kandungan lain yang kemudian membuat tanah tak lagi subur.

Tanah yang tidak subur membuat tumbuhan tak akan lagi bisa berkembang biak di atasnya, sehingga fase generatif tumbuhan akan ikut terhambat. Inilah yang menyebabkan tumbuhan bisa menjadi langka.

Begitu pula dengan polusi air. Kandungan kimia berbahaya yang larut dalam air akan turut berpengaruh pada perkembangan tumbuhan dan kesuburan tanah. Jika dibiarkan, lama kelamaan tumbuhan pun akan terpengaruh. Secara perlahan tumbuhan akan terkontaminasi dan mati. Tumbuhan akan sulit berkembang biak dengan kondisi air yang sudah tercemar sehingga membuat jumlahnya pun akan semakin berkurang.

6. Eksploitasi Berlebihan
Faktor terakhir yang menyebabkan kelangkaan tumbuhan adalah karena eksploitasi berlebihan. Beberapa jenis tumbuhan memiliki manfaat tertentu, baik untuk kesehatan, kecantikan ataupun kebutuhan lainnya.

Keserakahan manusia yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar membuat eksploitasi beberapa jenis tumbuhan pun dilakukan secara besar-besaran. Inilah yang membuat berbagai spesies menjadi semakin berkurang jumlahnya dan berstatus langka.

Faktor yang menyebabkan kelangkaan tumbuhan bisa dikelompokkan menjadi faktor alami dan faktor manusia.

Jenis FaktorPenyebab Kepunahan
Faktor Alami 1. Bencana Alam, 2. Spesies Tumbuhan yang Sulit Berkembang Biak, 3. Munculnya spesies baru yang Invansif
Faktor Manusia 1. Alih fungsi lahan, 2. Polusi, 3. Eksploitasi berlebihan

Upaya Mencegah Kepunahan Tumbuhan

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab kelangkaan tumbuhan, sebagai manusia yang mengelola bumi, sudah sepatutnya kita melakukan berbagai upaya hal tersebut tidak terjadi.

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan manusia untuk mencegah terjadinya kepunahan pada tumbuhan yang ada di buni. Upaya tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Membuat Cagar Alam
Salah satu cara pelestarian terhadap tumbuhan yang hampir punah adalah dengan membuat cagar alam. Cagar alam yang dilindungi oleh undang-undang ini akan menghindarkan suatu kawasan dengan keanekaragaman tumbuhan, terutama tumbuhan yang tergolong langka jadi semakin terlindungi.

2. Membuat Undang-Undang Konservasi
Dari segi hukum, adanya undang-undang konservasi yang mengatur pemanfaatan sumber daya alam juga dibutuhkan. Hal ini akan membantu agar tidak terjadi eksploitasi secara berlebihan yang bisa menyebabkan terjadinya kepunahan.

Undang-undang ini juga akan melindungi berbagai jenis tumbuhan yang tergolong endemi atau langka secara hukum. Dengan begitu, siapapun yang secara sengaja merusak atau memperjualbelikan bisa dikenakan sanksi secara hukum.

3. Tidak Membuang Sampah Sembarangan
Cara selanjutnya yang bisa membantu melestarikan tumbuhan yang tergolong langka ini bisa dimulai dari Anda sendiri. Salah satunya adalah dengan tidak menimbulkan polusi.

Membuang sampah pada tempatnya akan membantu mencegah tanah dan air yang menjadi sumber hidup tumbuhan tercemar. Dengan begitu tumbuhan bisa tetap hidup dan tumbuh dengan baik karena sumber makanannya juga terjaga dengan baik.

Demikian tadi penjelasan tentang apa saja faktor yang menjadi penyebab kelangkaan tumbuhan serta bagaimana menjaga kelestariannya. Dari penjelasan di atas, kelangkaan tumbuhan bisa disebabkan oleh faktor alami maupun karena manusia. Namun alangkah baiknya jika manusia turut berpartisipasi mencegah kelangkaan tersebut dengan selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel