Sifat-Sifat Nitrogen dan Pemanfaatannya

sifat dan pemanfaatan nitrogen
Sifat Nitrogen dan Manfaatnya - Nitrogen yang berada di alam dalam bentuk senyawa, merupakan salah satu elemen penting dengan jumlah cukup banyak tersedia di bumi. Berbentuk gas yang mengisi sekitar 78% atmosfer bumi, umumnya sifat Nitrogen adalah tidak berwarna dan tidak berbau. Yuk, mengenal sifat-sifat Nitrogen lengkap dengan pemanfaatannya yang dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Daftar isi


Nitrogen Sebagai Unsur dan Senyawa

Pada tabel periodik unsur kimia, Nitrogen berada di urutan ke tujuh, dimana berada diantara unsur karbon dan oksigen. Hal penting yang harus dipahami disini bahwa Nitrogen merupakan sebuah unsur atau elemen murni, sedangkan jika di alam Nitrogen akan selalu hadir sebagai senyawa. Nitrogen sebagai senyawa yang memenuhi bumi dan keberlangsungannya sangat ditentukan oleh proses Siklus Nitrogen.

Nitrogen memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi. Sifat molekul murni unsur ini adalah tidak berbau dan tidak reaktif. Namun, bila dikombinasikan dengan unsur lain, molekul ini jadi memiliki sifat reaktif, seperti yang terjadi pada senyawa Amonia (NH3).

Setiap unsur yang ditemukan di bumi, baik itu unsur yang alami maupun unsur buatan memiliki sifat masing-masing yang membedakannya dengan unsur lain. Begitu pula dengan Nitrogen ini juga memiliki sifat dan karakteristik khas yang membedakannya dengan unsur-unsur lainnya. Sifat-sifat Nitrogen dapat dipahami dengan 2 cara yaitu dari Sifat Kimia dan Sifat Fisisnya.

Sifat Kimia Nitrogen

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Nitrogen memiliki sifat yang membedakan dengan senyawa lain. Salah satunya adalah sitat kimia yang dimiliki oleh Nitrogen. Nah, berikut ini adalah sifat-sifat kimia yang dimiliki oleh Senyawa Nitrogen.

1. Unsur yang Kurang Reaktif
Seperti yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya, molekul Nitrogen yang masih alami cenderung bersifat kurang reaktif. Nitrogen ini bersifat tidak beracun serta tidak bisa menyebabkan kebakaran apalagi memperbesar pembakaran. Sifat ini juga berlaku ketika Nitrogen berada pada kondisi suhu yang rendah. Dalam kondisi suhu rendah, Nitrogen akan sulit bereaksi dengan berbagi unsur lain, kecuali unsur Lithium.

Namun berbeda jika molekul Nitrogen yang masih alami bereaksi atau dikombinasikan dengan unsur atau senyawa lain, maka akan memiliki sifat yang lebih reaktif seperti yang terjadi pada unsur Amonia (NH3). Selain itu, Nitrogen akan bisa bersifat reaktif ketika berada pada suhu tinggi, yaitu akan bereaksi dengan logam alkali serta alkali tanah.


2. Mudah Menguap
Sifat selanjutnya yang dimiliki oleh Nitrogen adalah mudah menguap. Karena sifatnya ini, Nitrogen juga dikenal mirip dengan Oksigen. Apabila berada di suhu kamar, maka Nitrogen akan mudah menguap. Berbeda dengan Nitrogen yang berbentuk cair, yang memiliki rentang suhu yang memungkinkannya untuk tetap berada pada keadaan cair.

3. Bersifat Asphyxiant
Berikutnya, Nitrogen juga memiliki sifat Asphyxiant. Artinya, sifat ini adalah siat dimana Nitrogen menggantikan Oksigen yang memiliki peran sangat penting dalam proses metabolisme dan respirasi makhluk hidup yang ada di bumi.

Gas yang bersifat Asphyxiant ini jika terpapar pada makhluk hidup bisa mengakibatkan dampak yang sangat berbahaya. Gas Asphyxiant bersifat tidak berbau, yang membuat orang yang menghirupnya tidak sadar jika sudah menghirup gas ini. Akibatnya, akan meningkatkan kadar CO2 dalam tubuh.

4. Bersifat Inert
Sifat kimia terakhir yang dimiliki oleh Nitrogen adalah bersifat Inert. Maksudnya, Nitrogen terbentuk dari 5 elektron. Dimana, tiga elektron diantaranya digunakan untuk berikatan pada unsur N lainnya, hingga kemudian terbentuklah ikatan rangkap tiga dengan sitat yang sangat stabil.

Sifat Fisis Nitrogen

Selain memiliki sifat kimia, Nitrogen juga memiliki sifat fisis. Sifat fisis ini adalah sifat yang bisa dilihat dan diukur. Sama seperti jenis senyawa lainnya, sifat fisis Nitrogen juga berbeda dengan sifat fisik yang dimiliki oleh senyawa lain yang ada di bumi. Nah, sifat fisis Nitrogen tersebut dapat dijelaskan dalam tabel berikut:

Sifat Fisis Nitrogen
Simbol N
Nomor Atom 7
Berat Atom 14,007
Berat Jenis 1,251 g/L pada 0°C
Fase pada suhu kamar Gas
Klasifikasi Gas (Bukan Logam)
Titik didih -195,79°C / -320,33°F
Titik Leleh -210,00°C , -346,00°F
Sifat kimia senyawa Tidak berwarna dan Tidak berbau

Manfaat Nitrogen dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain sifat, hal lain yang harus diketahui tentang Nitrogen adalah manfaatnya. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Nitrogen merupakan gas yang mengisi 78% atmosfer bumi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Nitrogen memiliki manfaat yang cukup penting. Seperti beberapa manfaat Nitrogen yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Pendingin (Refrigerant)
Manfaat Nitrogen yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan sebagai fefrigerant atau pendingin. Untuk mendapatkan manfaat ini digunakan Nitrogen cair guna menciptakan suhu rendah. Biasanya manfaat ini banyak digunakan dalam dunia kedokteran. Misalnya untuk pembekuan sperma, embrio atau sampel jaringan hidup lain dalam waktu yang relatif lama. Dalam hal ini Nitrogen memiliki titik didih -195°C dan titik lebur -210°C.

2. Pengawetan Makanan dan Minuman
Nitrogen memiliki suhu yang sangat rendah yang sangat bermanfaat untuk pengawetan makanan dan minuman. Penggunaan Nitrogen dimaksudkan untuk membuat atmosfer yang sudah dimodifikasi dan diaplikasikan bersama dengan karbon dioksida. Hal ini sangat berguna untuk mencegah makanan dari kerusakan oksidatif sehingga membuat makanan atau minuman bisa tetap terjaga dalam keadaan segar.

Tak hanya itu, suhu Nitrogen yang relatif rendah sangat berperan penting dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan yang bisa menyebabkan proses pembusukan. Dengan begitu makanan akan lebih tahan lama dan tidak mudah membusuk.

3. Manfaat di Bidang Dermatologi
Nitrogen ternyata juga membawa manfaat dalam bidang dermatologi. Biasanya Nitrogen digunakan untuk membakar kutil ataupun tumor kulit yang sifatnya jinak dengan menggunakan Nitrogen cair. Dengan penggunaan Nitrogen ini akan memberikan keunggulan karena bekas luka yang ditinggalkan nantinya relatif lebih sedikit.

4. Manfaat Nitrogen di Bidang Industri
Bidang industri juga banyak memanfaatkan sifat Nitrogen untuk menghasilkan produk industri berkualitas. Seperti misalnya dalam industri pembuatan baja, Nitrogen dimanfaatkan untuk membuat produk baja anti karat serta produk baja lainnya. Dengan proses penganilan akan membuat pengolahan baja menjadi lebih mudah.

Tidak hanya digunakan dalam industri baja untuk menghasilkan baja anti karat, Nitrogen dalam bentuk gas juga dimanfaatkan pada proses laser-cutting. Sifat tidak mudah bereaksi yang dimiliki oleh Nitrogen dimanfaatkan untuk menghasilkan hasil pemotongan laser yang bersih dan rapi serta tidak meninggalkan bekas pembakaran yang menghitam. Hal ini akan menghasilkan produk yang pastinya berkualitas lebih baik.

5. Penggunaan Nitrogen untuk Elektronik
Bidang elektronik menggunakan manfaat Nitrogen terutama dalam industri manufaktur. Manfaatnya yang terutama pada kerja internal komputer. Nitrogen digunakan untuk mencegah komputer-komputer yang digunakan agar tidak terjadi pemanasan berlebih setelah digunakan dalam waktu yang lama dan penggunaan terus menerus.

6. Penggunaan di Bidang Transportasi
Nitrogen juga banyak dimanfaatkan dalam bidang transportasi, terutama untuk transportasi udara. Nitrogen digunakan untuk membuat terowongan angin High Reynolds. Terowongan ini diciptakan untuk tujuan menurunkan tekanan serta kecepatan angin.

Nitrogen merupakan salah satu senyawa dengan jumlah paling banyak di atmosfer bumi. Sebagai salah satu jenis senyawa, Nitrogen memiliki sifat yang tentu saja berbeda dengan senyawa lainnya. Informasi tentang sifat-sifat Nitrogen beserta manfaatnya di atas semoga bisa memberikan wawasan lebih tentang senyawa penyusun terbesar atmosfer ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel