Manfaat Keanekaragaman Hayati di Berbagai Bidang

manfaat keanekaragaman hayati
Madu dihasilkan dari lebah sebagai contoh manfaat keanekaragaman hayati.
Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati - Indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan keanekaragaman hayatinya. Letak geografis, astronomis dan geologisnya yang sangat strategis memang membawa keuntungan dan kerugian. Dampak positif letak wilayah Indonesia yang demikian salah satunya adalah kekayaan keanekaragaman hayati. Nah yang akan geologinesia bahas saat ini adalah mengenai berbagai manfaat keanekaragaman hayati.

Apa itu Keanekaragaman Hayati?

Keanekaragaman hayati merupakan keanekaragaman makhluk hidup yang mencakup berbagai variasi spesies, ekosistem hingga gen dari makhluk hidup tersebut. Keanekaragaman pada dasarnya menggambarkan keberagaman dan variasi dalam berbagai hal mulai dari jenis, variasi, ukuran, jumlah dan lain sebagainya.


Keanekaragaman hayati ini bisa dikelompokkan ke dalam tiga tingkatan keanekaragaman. Pertama adalah keanekaragaman gen, kedua adalah keanekaragaman spesies, dan yang terakhir adalah keanekaragaman ekosistem.

Ketiga tingkatan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati di suatu wilayah. Perbedaan jenis, lingkungan hidup, karakteristik, ukuran dan lain sebagainya menyebabkan keragaman yang semakin bervariasi.

1. Keanekaragaman Gen
Tingkat keanekaragaman hayati jenis ini disebabkan oleh adanya variasi genetik yang berbeda dalam satu spesies, baik itu yang berada pada satu populasi maupun pada populasi yang berbeda secara geografis. Setiap individu sejatinya memiliki bentuk gen yang khas. Keragaman ini akan semakin bertambah ketika terjadi reproduksi yang mengakibatkan terjadinya kombinasi gen dan kromosom.

2. Keanekaragaman Spesies
Tingkat keanekaragaman spesies adalah keanekaragaman yang ditunjukkan dengan perbedaan karakteristik yang khas pada setiap makhluk hidup. Keanekaragaman ini mencakup semua spesies makhluk hidup yang ada di bumi. Keanekaragaman spesies ini bisa terjadi karena faktor genetik dan habitat atau tempat hidup dari spesies atau organisme itu sendiri.


3. Keanekaragaman Ekosistem
Terakhir ada tingkat keanekaragaman ekosistem. Keanekaragaman ini menunjukkan bahwa masing-masing ekosistem memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing. Keanekaragaman ekosistem ini juga akan menggambarkan populasi dari organisme yang berada di suatu wilayah tertentu.

Keanekaragaman pada tingkat ekosistem ditunjukkan dengan perbedaan pada setiap komponen yang terdapat dalam ekosistem tersebut, mulai dari komponen biotik hingga komponen abiotik serta komposisi dari jenis populasi setiap organismenya.

Manfaat yang Bisa Diambil dari Keanekaragaman Hayati

Setelah mengetahui berbagai tingkatan keanekaragaman hayati di atas, dapat diketahui bahwa terdapat keanekaragaman yang sangat luar biasa di bumi ini. Keragaman ini didapatkan dari berbagai faktor seperti yang dijelaskan di atas.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, keanekaragaman juga bisa memberikan banyak manfaat untuk semua makhluk yang ada di bumi, termasuk manusia. Adanya Keanekaragaman ini membawa manfaat yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung kehidupannya. Beberapa manfaat keanekaragaman hayati antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sumber Pangan
Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari keanekaragaman hayati adalah menjadi sumber pangan bagi makhluk hidup yang ada di bumi, baik untuk manusia maupun hewan dan tumbuhan. Keanekaragaman hayati menyediakan sumber pangan yang lengkap bagi manusia. Berbagai tanaman dengan berbagai kandungan dan manfaat bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan.

Seperti misalnya, ada tanaman umbi-umbian jenis tanaman lain yang bisa menghasilkan karbohidrat, seperti padi dan jagung. Ada tanaman buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan protein di dalamnya. Kandungan tersebut tidak hanya bisa didapatkan dari tanaman saja namun juga hewan.

2. Sebagai Bahan Dasar Obat-Obatan
Penggunaan untuk bahan dasar obat-obatan dan kesehatan adalah manfaat keanekaragaman hayati selanjutnya yang bisa dirasakan oleh manusia. Berbagai spesies tumbuhan sudah terbukti memiliki kandungan zat alami di dalamnya yang baik bagi kesehatan dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Bahkan di Indonesia saja, terdapat kurang lebih 30.000 spesies tumbuhan dimana 940 spesies diantaranya tergolong sebagai tanaman obat. Dari jumlah tersebut 250 spesies sudah dimanfaatkan dalam industri pembuatan obat lokal.

3. Dimanfaatkan untuk Kebutuhan Sandang
Tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan, keanekaragaman hayati juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sandang. Berbagai produk sandang terbuat dari bahan dasar yang diperoleh dari alam, seperti misalnya kapas yang diolah menjadi benang untuk kemudian dibuat menjadi kain. Jenis tanaman lain juga dimanfaatkan dengan cara diambil seratnya untuk dijadikan bahan sandang seperti labu air dan masih banyak lagi jenis tumbuhan lain.

Selain tanaman, keanekaragaman hayati yang bisa dimanfaatkan untuk bahan sandang adalah hewan. Beberapa produk sandang terbuat dari bagian dari tubuh hewan yang sudah diolah. Seperti misalnya, domba yang diambil bulunya untuk diolah menjadi produk pakaian yang hangat. Ada pula kulit sapi yang juga diolah untuk dijadikan pakaian. Sedangkan ulat sutra dikembangbiakkan untuk menghasilkan serat sutra yang merupakan bahan sandang berkualitas tinggi.

4. Dimanfaatkan untuk Kebutuhan Papan (Tempat Tinggal)
Sejak jaman dahulu, sebelum manusia mengenal adanya teknik arsitektur dan konstruksi modern, bahkan sejak jaman prasejarah, manusia sudah memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan untuk membuat rumah.

Banyak rumah tradisional yang memanfaatkan tanaman sebagai bahan utamanya, seperti bambu, kayu jati, meranti dan berbagai jenis tanaman lainnya. Bahkan hingga saat ini, dalam teknik konstruksi modern, pemakaian salah satu bagian tanaman, yaitu kayu, sebagai material konstruksi.

5. Dimanfaatkan untuk Bahan Pembuat Kosmetik
Selain digunakan sebagai bahan pembuat obat-obatan, keanekaragaman hayati juga cukup banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kosmetik. Sudah banyak jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan kosmetik dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti misalnya bengkuang yang sudah terkenal dengan manfaat mencerahkan, ada pula lidah buaya yang mengandung manfaat melembabkan kulit.

Pemanfaatan berbagai jenis tanaman untuk kosmetik pun terus dikembangkan, hingga saat ini semakin banyak produk kosmetik yang terbuat dari berbagai jenis tanaman.

Tidak hanya ekstrak tanaman saja, beberapa jenis hewan juga menghasilkan produk yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan atau kosmetik. Sebut saja salah satunya adalah lebah yang menghasilkan madu. Selain untuk dikonsumsi, madu juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran dalam pembuatan produk kosmetik. Beberapa waktu belakangan, produk kosmetik dari bahan siput pun menjadi produk kecantikan favorit dengan banyak manfaat.

6. Meningkatkan Pendapatan (Penghasilan)
Manfaat keanekaragaman hayati selanjutnya adalah sebagai sumber pendapatan bagi manusia. Karena bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat-obatan hingga konstruksi, keanekaragaman hayati pastinya juga memiliki nilai jual. Dengan nilai jual yang dimiliki oleh berbagai hasil alam yang menjadi keanekaragaman hayati ini akan turut menjadi sumber pendapatan bagi manusia.

7. Bagian dari Ilmu Pengetahuan
Adanya keanekaragaman hayati banyak dibilang merupakan laboratorium raksasa bagi para ilmuwan. Keanekaragaman hayati ini bisa menjadi sarana bagi para ilmuwan untuk mempelajari lebih dalam tentang berbagai spesies makhluk hidup di bumi. Hasil penelitian yang dilakukan ini nantinya pasti bermanfaat bagi kehidupan secara umum, tidak hanya dalam dunia pendidikan atau ilmu pengetahuan saja.

Manfaat dari keanekaragaman hayati tersebut dapat dirangkum dalam tabel berikut ini:
Manfaat Keanekaragaman HayatiContoh Pemanfaatan
Untuk kebutuhan pangan Padi, tanaman sayur dan buah-buahan untuk dikonsumsi.
Untuk bahan pembuat obat Mengkudu dimanfaatkan untuk obat penurun tekanan darah.
Untuk kebutuhan sandang Kapas dan ulat sutera menghasilkan serat yang dijadikan bahan sandang.
Untuk kebutuhan papan Bambu dan jati dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi.
Untuk bahan pembuat kosmetik Lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kosmetik

Demikian tadi penjelasan tentang berbagai manfaat keanekaragaman hayati serta tingkat keanekaragaman hayati yang ada di bumi. Keanekaragaman hayati yang sangat beragam disebabkan oleh adanya tingkat keanekaragaman yang berbeda. Karena adanya keanekaragaman hayati ini juga membawa manfaat yang sangat beragam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel