Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Olahan Minyak Bumi dan Kegunaannya [+Lengkap]

hasil olahan minyak bumi
Produk Hasil Pengolahan Minyak Bumi - Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang tentunya banyak yang tidak dimiliki oleh negara lain. Negeri seribu pulau ini memiliki beragam variasi SDA, baik itu SDA yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu SDA yang banyak ditemukan di Indonesia adalah minyak bumi.

Kita ketahui bahwa minyak bumi dapat diolah menjadi berbagai produk yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Nah, saat ini geologinesia akan membahas tentang berbagai hasil olahan minyak bumi serta kegunaannya.

Minyak Bumi dan Asalnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak bumi merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Meskipun tergolong sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, namun kenyataannya minyak bumi sangat banyak digunakan di berbagai industri besar maupun hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Karena nilai vitalnya tersebut, eksistensi minyak bumi sangat mempengaruhi ekonomi dunia.

Menurut teori duplex, minyak bumi diketahui berasal dari hasil penguraian jasad hewan dan tumbuhan (bahan organik) selama jutaan tahun. Bahan organik yang terakumulasi ini selanjutnya akan tertimbun dan dipengaruhi oleh suhu serta tekanan sehingga akan mengubah struktur unsur utama di dalam bahan organik tersebut menjadi hidrokarbon.

Karena proses pembentukannya yang membutuhkan waktu lama, serta kelangkaannya inilah yang membuat minyak bumi dikategorikan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk mendapatkan minyak bumi, diperlukan upaya penyelidikan yang membutuhkan waktu yang lama, karena harus dimulai dengan tahapan eksplorasi detail hingga proses ekstraksi dari perut bumi ke permukaan dengan cara yang cukup rumit (pengeboran).

Karena proses mendapatkannya yang sulit dan butuh waktu lama inilah yang kemudian membuat harga minyak bumi menjadi mahal. Ketersediaan sumber daya alam ini juga dijadikan sebagai sebuah ukuran kekayaan sebuah negara. Karena itu, negara yang memiliki sumber daya alam minyak bumi berlimpah biasanya merupakan negara dengan tingkat pendapatan menengah hingga tinggi.

Berbagai Produk Hasil Olahan Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan mentah berbentuk cairan pekat berwarna hitam. Karena itu, sumber daya alam satu ini sering disebut sebagai emas hitam. Namun, minyak bumi yang masih mentah ini tentu masih belum bisa dimanfaatkan.

Untuk dapat dimanfaatkan, dilakukan proses pemisahan fraksi dalam struktur minyak bumi yang sering disebut dengan istilah destilasi minyak bumi. Berikut ini adalah beberapa produk hasil olahan minyak bumi beserta kegunaannya.

1. Bensin
Produk olahan minyak bumi yang pertama adalah bensin. Bensin adalah senyawa hidrokarbon yang terdiri atas komponen oktan dan n-heptana. Bensin memiliki sifat mudah menguap dan mudah terbakar sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar. Penggunaan utama dari bensin ini adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Sebelum digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, bensin masih harus diolah melalui tahap blending. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitasnya. Pada tahap ini juga akan ditambahkan zat aditif. Inilah yang membuat bensin memiliki grade kualitas yang berbeda-beda.

2. Solar
Hasil olahan minyak bumi selanjutnya adalah solar. Penggunaan solar yang utama adalah untuk bahan bakar. Dibandingkan dengan bensin, solar lebih mudah didapatkan dan harganya juga lebih terjangkau.

Tidak seperti LPG atau bensin, solar tidak mudah menguap. Kualitas solar ditentukan berdasarkan kestabilan, kekentalan dan aspek pembakarannya.

3. LPG
Olahan minyak bumi selanjutnya adalah LPG yang merupakan hasil penyulingan gas cair minyak bumi. Di dalam LPG terdapat berbagai kandungan unsur, diantaranya butana, propana, etana dan pentana.

Sama seperti bensin, LPG juga digunakan untuk bahan bakar. Pemanfaatan LPG terutama untuk bahan bakar rumah tangga maupun bahan bakar industri.

Sebelum digunakan, LPG ditambahkan dengan zat pembau. Tujuannya adalah sebagai tanda kepada penggunanya saat ada kebocoran. Jika tidak diberikan zat tambahan ini, gas LPG yang bocor bisa berbahaya bagi pengguna karena mudah terbakar.

4. Aspal
Produk hasil olahan minyak bumi selanjutnya adalah aspal. Aspal adalah senyawa hidrokarbon yang bersifat kental dan melekat. Aspal umumnya berwarna coklat kehitaman. Selain bersifat kental, aspal juga bersifat tahan air.

Kegunaan aspal adalah untuk membuat jalan menjadi lebih halus. Ini karena aspal memiliki kemampuan mengikat batuan sehingga batuan yang menjadi bahan utama pembuatan jalan tidak terlepas. Keunggulan aspal adalah kemampuan menyerap hujan, sehingga saat hujan air akan diserap secara perlahan.

5. Minyak Tanah
Minyak tanah diperoleh dari fraksi kerosin minyak bumi. Kegunaan minyak tanah juga dimanfaatkan untuk bahan bakar, terutama untuk bahan bakar kompor. Dahulu, minyak tanah merupakan bahan bakar yang populer di Indonesia.

Namun, setelah adanya gas, penggunaan minyak tanah untuk bahan bakar semakin berkurang. Hal ini salah satunya karena minyak tanah juga memiliki sifat korosif. Kegunaan minyak tanah tidak hanya untuk bahan bakar saja, namun juga untuk bahan pembuat cairan pengusir serangga.

6. Parafin
Selanjutnya adalah parafin yang juga merupakan salah satu olahan minyak bumi. Parafin memiliki bentuk padat bernama lilin parafin. Penggunaan parafin kebanyakan adalah untuk kebutuhan industri, terutama industri furniture. Penggunaannya biasanya adalah untuk palpis yang biasanya dalam industri furniture digunakan pada cat atau tinta.

Selain untuk industri furniture, parafin juga banyak digunakan dalam pembuatan batik. Malam yang merupakan bahan dasar membatik terbuat dari bahan dasar parafin. Parafin juga umum digunakan untuk membuat produk kecantikan.

Namun, untuk membuat produk kecantikan, Parafin harus melalui proses pengolahan khusus. Dengan begitu produk kecantikan yang mengandung Parafin tidak akan menimbulkan efek.

7. Avgas (Aviation Gasoline)
Produk olahan minyak bumi selanjutnya adalah avgas yang bisa dibilang mirip dengan avtur. Namun, berbeda dengan avtur, avgas hanya digunakan untuk pesawat dengan ruang pembakaran internal dan memiliki jenis mesin piston. Selain untuk bahan bakar pesawat, avgas juga digunakan untuk bahan bakar pesawat tempur dan mobil balap.

Kualitas Avgas ditentukan berdasarkan jumlah bilangan oktan pada anti ketikannya. Di dalam avgas terdapat kandungan timbal yang notabene memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Namun untuk penggunaannya, timbal dalam avgas digunakan untuk menghindari adanya ketukan pada mesin sehingga nantinya akan meningkatkan bilangan oktan.

Namun kini, tanpa menggunakan timbal, peningkatan bilangan oktan bisa dilakukan dengan menggunakan etanol. Penggunaan etanol ini terbukti lebih rumah lingkungan.

8. Aviator Turbine (Avtur)
Hasil olahan lain dari minyak bumi adalah aviator Turbine (avtur). Kegunaan dari avtur ini adalah untuk bahan bakar pesawat terbang dengan mesin berjenis turbin. Avtur pada dasarnya terbuat dari bahan dasar kerosin. Karena itu, avtur memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kerosin.

Avtur memiliki keunggulan karena volalitasnya lebih kecil. Volalitas avtur yang lebih kecil meminimalisir terjadinya kehilangan bakar bakar karena penguapan saat terbang.

Avtur juga memiliki keunggulan kandungan energi per volumenya lebih tinggi. Hal ini akan membantu untuk menyalurkan energi sehingga memungkinkan pesawat untuk melakukan perjalanan dengan jarak lebih jauh.

Berdasarkan penjelasan di atas, berikut ini adalah ringkasan daftar produk hasil olahan minyak bumi beserta kegunaannya dalam bentuk tabel.
Hasil Olahan Minyak BumiKegunaan
Bensin Bahan bakar
LPG Bahan bakar
Solar Bahan bakar
Aspal Untuk membuat jalan raya
Avtur Bahan bakar pesawat terbang
Avgas Bahan bakar pesawat tempur, Bahan bakar Mobil balap
Parafin Untuk industri furniture, Untuk produk kecantikan
Minyak tanah Bahan bakar

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang berbagai hasil olahan minyak bumi beserta kegunaannya. Diharapkan informasi ini akan memberikan tambahan wawasan kepada Anda tentang salah satu sumber daya alam ini.