Deskripsi Mineral Augit (Augite)

mineral augit
Kenampakan Mineral Augit (Augite).
Mineral Augit adalah mineral pembentuk batuan yang umumnya terdapat pada batuan beku mafik hingga intermediet seperti batu basalt, gabro, andesit, dan diorit. Komposisi atau rumus kimia augit adalah (Ca, Na) (Mg, Fe, Al) (Si, Al)2O6. Mineral Augit merupakan mineral yang umum (tidak langka) karena dapat ditemukan di banyak batuan di seluruh dunia.

Selain di batuan beku mafik-intermediet, augit juga bisa dijumpai di batuan beku ultramafik dan di beberapa batuan metamorf yang terbentuk pada suhu yang tinggi. Mineral ini keterdapatannya sering terkait dengan mineral lain seperti mineral olivin, plagioklas, ortoklas, dan hornblende.

Augit sebenarnya merupakan anggota (member) dari group mineral piroksen, khususnya berada di kelompok klino-piroksen. Terkadang beberapa orang menggunakan nama "Augit" dan "Piroksen" secara bergantian untuk menyebut sebuah mineral yang sama, akan tetapi hal ini sebenarnya salah karena augit berbeda dengan piroksen. Kata "piroksen" hanya diberikan ke mineral-mineral dalam group tersebut yang bentuk dan sifat-sifatnya mirip, sehingga tidak bisa dibedakan secara langsung di lapangan (hanya bisa lewat analisa laboratorium).


Mineral-mineral anggota dari group piroksen banyak yang sifat-sifatnya sangat berbeda, sehingga dapat dengan mudah diidentifikasi secara visual. Sebagai contoh augit, hypersene, spodumene, jadeit, diopsid, dimana kesemuanya itu merupakan mineral group piroksen yang bentuk dan sifat fisiknya sangat terlihat berbeda satu sama lainnya.

Di bawah ini merupakan tabel deskripsi mineral augit secara lengkap mulai dari sifat fisik, sifat optik, kimia, pemanfaatan, dan lain sebagainya.

Deskripsi Mineral Augit
Nama Mineral Augit (Augite)
Sinonim Hedenbergite-Ă…girin, Violatite, Volcanic Shorl
Rumus kimia Silikat kompleks: (Ca, Na) (Mg, Fe, Al) (Si, Al)2O6
Jenis mineral Inosilikat rantai tunggal
Warna Hijau tua, hitam, coklat
Kekerasan 5,5 - 6 Skala Mohs
Cerat Abu-abu kehijauan hingga coklat tua
Kilap Vitreous
Transparansi Translucent hingga opak
Tenacity Brittle
Belahan Bagus
Pecahan Ireguler, sub-konkoidal
Berat jenis 3,19 - 3,56 g/cm3 (terukur), 3,31 g/cm3 (kalkulasi)
Sistem kristal Monoklin
Asosiasi mineral Epidot, ilmenit, fluropatit, scapolit, prehnit, kalsit, leusit, apatit, titanit
Manfaat Tidak signifikan bernilai ekonomis

Perlu dicermati bahwa mineral augit tidak mempunyai sifat fisik, optik, atau kimia yang membuatnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri komersial. Jadi sebenarnya augit merupakan salah satu dari sedikit mineral yang tidak memiliki kegunaan yang bernilai komersial tinggi. Hanya saja saat ini, kandungan kalsium yang ada di dalam augit telah digunakan (walaupun masih terbatas) di bidang penelitian dalam mengidentifikasi suhu batuan beku, untuk mengetahui sejarah pembentukan batuan.

Bukan hanya di bumi, augit juga dapat ditemukan di luar Bumi, khususnya di Bulan. Augit merupakan mineral umum penyusun batuan basalt yang ada di Bulan. Selain itu, mineral augit juga teridentifikasi berada di dalam batu meteorit. Beberapa batu meteorit yang mengandung augit diyakini berasal dari Planet Mars.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel