Deskripsi Mineral Andalusit

deskripsi mineral andalusit
Mineral Andalusit adalah mineral silikat yang mempunyai rumus kimia Al2(SiO4)O. Andalusit (Andalusite) pertama kali ditemukan dan dinamai oleh Jean-Claude Delam├ętherie dan Werner pada tahun 1798. Nama tersebut diambil dari lokasi penemuannya di wilayah Andalusia, Spanyol, meskipun dikemudian hari setelah dikonfirmasi ternyata lokasi tersebut sebenarnya di El Cardoso (Guadalajara).

Andalusit adalah salah satu mineral pembentuk batuan yang banyak digunakan dalam industri refraktori bersuhu tinggi. Andalusit yang berkualitas permata sering dibuat sebagai batu permata atau dipotong dalam bentuk cabochon.

Mineral Andalusit banyak ditemukan dalam batuan seperti sekis dan gneiss yang terdapat di batas lempeng konvergen. Pembentukan mineral ini sangat dipengaruhi oleh suhu dan tekanan pada tingkatan metamorfisme regional.


Mineral ini juga bisa terbentuk selama proses metamorfisme kontak dengan batuan yang bersifat argillaceous. Dalam kondisi seperti ini, proses kontak terjadi di dalam vein dan rongga batuan beku. Pembentukan dengan kondisi seperti ini hampir sama dengan pembentukan kordierit di batuan hornfels dan granit pegmatit.

Di bawah ini merupakan tabel deskripsi mineral Andalusit secara lengkap mulai dari rumus kimia, sifat kimia dan fisik, pemanfaatan, dan lain sebagainya.

Deskripsi Andalusit
Nama Mineral Andalusit
Sinonim Andalusite, Andalousite, Andaluzite, Apyre, Feldspath apyre, Jamesonite, Lohestite
Rumus kimia Al2(SiO4)O
Klasifikasi kimia Silikat
Warna Hijau, coklat kemerahan, putih hingga abu-abu
Kekerasan 6,5 - 7,5 Skala Mohs
Cerat Putih
Kilap Vitreous
Transparansi Transparan hingga sedikit opak
Tenacity Brittle
Belahan Bagus
Pecahan Ireguler, konkoidal
Berat jenis 3,13 - 3,21 g/cm3 (terukur) 3,149 g/cm3 (kalkulasi)
Sistem kristal Ortorombik
Asosiasi Biotit, Kordierit, Korundum, Kianite, Muskovit, Silimanit, Turmalin
Manfaat Industri porselin dan keramik, kiln, insinerator, dan batu permata

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel