Kondisi Geografis Benua Asia Beserta Keunikannya

kondisi geografis benua asia
Keunikan Kondisi Geografis Benua Asia - Benua Asia, benua terbesar di dunia yang menempati 30% luas daratan bumi. Selain terbesar, Asia juga merupakan benua terpadat di dunia dengan populasi sekitar 60%. Asia terletak di bagian timur dari benua super Eurasia, sedangkan Benua Eropa menempati bagian baratnya.

Perbatasan kedua benua ini juga masih menjadi perdebatan. Namun, ahli Geografi sebagian besar berpendapat bahwa garis tak langsung yang mengikuti Pegunungan Kaukasus dan Ural serta Laut Hitam dan Kaspia adalah perbatasan baratnya. Untuk lebih lengkapnya mengenai keunikan kondisi geografis Benua Asia ini, yuk disimak penjelasannya.

Benua Asia terbagi ke dalam 5 wilayah fisik, yaitu sistem gunung, dataran yang terdiri dari stepa dan gurun, dataran tinggi, lingkungan air asin serta lingkungan air tawar.

Sistem Pegunungan di Benua Asia

Salah satu ciri khas yang menggambarkan kondisi geografis benua Asia adalah sistem pegunungan Himalaya-nya. Pegunungan yang membentang sejauh 2.500km memisahkan anak benua India dari Benua Asia keseluruhan. Anak benua India bertabrakan dengan benua Eurasia pada 50-55 juta tahun lalu yang kemudian membentuk Himalaya.

Himalaya terus tumbuh 5cm setiap tahun. Pegunungan ini mencakup 612.000 km² lebih yang melewati negara India bagian utara membentuk wilayah Bhutan dan Nepal. Saking luasnya pegunungan ini membentuk 3 sabuk gunung berbeda.

Di wilayah paling utara Great Himalaya, ketinggian rata-rata 6.096m. Pada sabuk ini terdapat 9 puncak tertinggi dunia dengan ketinggian mencapai 7.925m. Yang termasuk dalam sabuk ini adalah Gunung Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia (8.850m).

Sistem gunung Tien Shan membentang 2.400km yang melintasi perbatasan Kirgistan dan China. Nama gunung ini diambil dari bahasa China yang artinya Pegunungan Surgawi. Terdapat 2 puncak tertinggi, yaitu Victory Peak dengan ketinggian 7.439m dan Puncak Khan Tängri dengan ketinggian 6.995m. Tien Shan memiliki lebih dari 10.100km² gletser. Yang terbesar adalah gletser Engil'chek Glacier dengan panjang 60km.

Pegunungan Ural membentang sejauh 2.500km di jalur utara-selatan dari Rusia-Kazakhstan secara tidak langsung. Pegunungan ini adalah satu dari beberapa pegunungan tertua, yaitu 250-300 juta tahun. Erosi yang terjadi jutaan tahun membuat gunung turun secara signifikan. Hingga kini, ketinggiannya hanya 914-1.220 meter. Puncak tertingginya adalah Gunung Narodnaya dengan ketinggian 1.895m.

Dataran, Stepa, dan Gurun di Benua Asia

Asia adalah tempat bagi sejumlah besar dataran tinggi dengan ketinggian yang cukup tinggi. Dataran tinggi Iran luasnya 3,6 juta km² yang mencakup Afghanistan, Pakistan dan sebagian besar Iran. Dataran tingginya tidak seragam, terdiri dari gunung tinggi serta lembah sungai yang rendah. Puncak tertingginya Damavand dengan ketinggian 5.610m. Terdapat pula 2 gurun besar, yaitu Dasht-e Lut dan Dasht-e Kavir.

Dataran Tinggi Deccan yang terdapat di sebagian besar selatan India, ketinggian rata-ratanya adalah 600m. Dataran tinggi ini dibatasi oleh 3 jajaran gunung, Ghat Barat dan Timur serta Rentang Saptura di utara. Satu lagi, Dataran Tinggi Tibet yang dianggap sebagai wilayah tertinggi di bumi.

Dataran Tinggi Tibet dikenal dengan sebutan 'Rooftop of The World' merupakan salah satu ciri khas yang mengambarkan kondisi geografis Benua Asia. Wilayahnya meliputi area berukuran setengah Amerika Serikat yang letaknya berdekatan dengan ketinggian lebih dari 5.000m.

Tibet memiliki peran penting bagi siklus air dunia, karena terdapat banyak gletser dengan volume es terbesar, di luar wilayah kutub. Salju dan es dari gletser ini mengaliri sungai terbesar di Asia yang menjadi sumber kehidupan bagi 2 miliar orang.

Dataran terluas di dunia adalah Dataran Siberia Barat. Letaknya di Rusia Tengah membentang sejauh 2.400km dari utara-selatan, dan 1.900km dari barat-timur. 50% dari luasnya memiliki ketinggian kurang dari 100 m di atas permukaan laut. Di dataran ini juga terdapat dataran banjir dan rawa terbesar di dunia.

Benua Asia bagian tengah didominasi oleh padang rumput yang luas. Di Mongolia bahkan terbagi menjadi zona yang berbeda. Ada stepa hutan gunung, stepa gurun dan stepa kering. Zona-zona tersebut beralih dari wilayah pegunungan di utara ke arah Gurun Gobi di bagian selatan perbatasan China.

Gurun Rub'al Khali merupakan lautan pasir terbesar di dunia yang mencakup area di Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Oman dan Yunani. Gurun ini memegang setengah pasir dari gurun Sahara, padahal ukurannya bahkan 15 kali lebih lebih kecil. Gurun ini dikenal dengan sebutan Empty Quarter karena tidak ramah bagi kehidupan manusia, kecuali untuk suku Badui.

Karakteristik Air Tawar dan Asin di Benua Asia

Asia memiliki danau terdalam yang berada di Rusia Selatan, yaitu Danau Baikal dengan kedalaman 1.620m. Danau yang juga tertua di dunia berumur 25 juta tahun ini mengandung 20% air tawar dunia dan tidak beku. Itulah mengapa danau ini menjadi reservoir terbesar di bumi.

Di Benua Asia juga terdapat sungai terpanjang ke-3 di dunia sekaligus sebagai sungai terpanjang di Asia, yaitu Sungai Yangtze. Dengan panjang 6.300km, sungai ini mengalir dari gletser di Tibet ke Laut Cina Timur. Sungai ini merupakan sumber kehidupan di Tiongkok karena mengaliri seperlima daratannya, sekaligus berperan besar pada kehidupan ekonomi Tiongkok.

Selain itu, ada juga Sungai Eufrat dan Tigris yang terkenal berada di Mesopotamia dan dianggap sebagai pusat peradaban tertua. Akan tetapi, meningkatnya industri dan pertanian mengancam keberlangsungan habitat daerah aliran kedua sungai tersebut.

Benua Asia memiliki juga teluk terbesar di dunia yang mencapai luas sekitar 2,2 juta km², yaitu Teluk Benggala. Teluk ini berbatasan dengan India, Burma, Sri Lanka dan Bangladesh. Ada banyak sungai besar yang bermuara di teluk ini, termasuk Sungai Brahmaputra dan Gangga. Sementara itu, lahan basah asin yang terbentuk kedua sungai ini menjadi delta terbesar di dunia.

Flora dan Fauna Terestrial Benua Asia

China disebut senagai "Bunda Kebun" karena mempunyai spesies tanaman berbunga lebih banyak dibandingkan dengan gabungan antara Amerika Selatan dan Utara. Bentang alamnya yang beragam membuat banyak bunga yang bisa beradaptasi di wilayah tersebut. Disana juga bisa ditemukan pohon redwood fajar yang merupakan satu-satunya di Benua Asia, selain yang berada di Amerika Utara.

Asia yang memiliki budaya serta lanskap beragam membuat cara menjinakkan hewan juga bervariasi. Di daerah Himalaya terkenal hewan Yak yang merupakan binatang buas pengangkat beban. Binatang ini sejenis sapi, tapi memiliki mantel serat yang tebal. Meskipun hidup di daerah pegunungan yang dingin dan miskin oksigen, hewan ini masih bisa bertahan hidup. Biasanya binatang ini digunakan untuk membajak atau transportasi.

Flora dan Fauna Akuatik Benua Asia

Benua Asia memiliki keanekaragaman habitat air tawar dan air laut yang kaya. Danau Baikal adalah danau yang memiliki habitat fauna dan flora yang unik. Di dalam danau ini terdapat ratusan spesies endemik yang tak akan bisa ditemukan di tempat lain.

Sementara itu, Teluk Benggala yang berada di Samudera Hindia merupakan satu dari beberapa ekosistem laut tropis terbesar. Disini hidup berbagai spesies mamalia laut, termasuk mamalia yang dilindungi seperti lumba-lumba hidung botol dan paus Bryde. Di sekitar Teluk ini terdapat banyak suaka margasatwa yang dibuat untuk menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang kondisi geografis Benua Asia. Sebagai benua terbesar di dunia, sudah pasti benua ini memiliki keanekaragaman karakter geografi, dari mulai penampakan alam, perairan, hingga keragaman flora dan faunanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel