Daftar Dataran Tinggi di Dunia Berdasarkan Letak Benua

dataran tinggi terbesar di dunia
Dataran Tinggi (Plateau) adalah bagian dari permukaan bumi yang posisinya lebih tinggi dari wilayah sekelilingnya, serta memiliki permukaan yang luas dan relatif datar. Salah satu syarat dataran tinggi yaitu berada pada ketinggian diatas 700 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari kekuatan alam seperti erosi glasial, aktivitas vulkanik maupun pergerakan lempeng tektonik.

Semua benua yang ada di planet bumi memiliki fitur dataran tinggi. Dataran Tinggi Tibet yang terletak di China bagian barat adalah dataran tinggi terbesar dan tertinggi di dunia. Kata "terbesar" disini merujuk pada luas areanya. Nah, untuk kesempatan ini geologinesia akan memberikan informasi mengenai beberapa contoh dataran tinggi terbesar di dunia berdasarkan letaknya (benua tempatnya berada).

Daftar isi


Daftar Nama Dataran Tinggi di Dunia Berdasarkan Letak Benuanya
Nama BenuaNama Dataran Tinggi
Benua Afrika Ethiopia, Highveld, Adrar, Batéké, Boma, Tagant, Cheringoma, Djado, East African, Ennedi, Katanga, Kinangop, Ouatchi, Kwahu, Makonde, Rondo.
Benua Asia Tibet (Tibetian), Armenian, Iran (Iranian), Deccan (Dekkan) Chukchi, Kok Zhailau, Đà Lạt, Turgay, Kaema, Mongolian, Shomali, Ukok, Ustyurt, Dieng.
Benua Eropa Hardangervidda, Alūksne Upland, Barnim, Engstligenalp, Croix Scaille, Krivošije, Dumre, Albania, Elenydd, Ludogorie, Mount Saint Peter, Równia pod Śnieżką.
Benua Australia/Oseania Australian Shield, Arnhem, Great Papuan, Dorrigo, Lord Howe Rise, Mawson, NShipley, Sturt, Western, Woronora, arrow Neck, To'ovi'i.
Benua Amerika Utara Colorado, Chukchi, Yukon, Mexican, Tarascan, Arizona‎, Utah, Allegheny, Llano Estacado‎, Modoc, Ozarks‎.
Benua Amerika Selatan Altiplano (Andean/Andes), Altiplano Cundiboyacense, Puna de Atacama, Guiana Shield.
Benua Antartika Antartika, American Highland, Andreaea, Avery, Anderson.

Dataran Tinggi di Benua Asia

Benua Asia merupakan Benua yang mempunyai banyak dataran tinggi besar. Contoh dataran tinggi besar yang ada di benua ini diantaranya adalah Dataran Tinggi Tibet, Dataran Tinggi Deosai, Dataran Tinggi Deccan, Dataran Tinggi Iran, dan Dataran Tinggi Mongolia.

Dataran Tinggi Tibet merupakan dataran tinggi terbesar di Benua Asia bahkan juga di dunia. Dataran ini mempunyai luas total 2,5 juta km2 (0,97 juta mil persegi) dan membentang sepanjang 1.600 mil serta melebar sejauh 620 mil. Dataran ini juga sering disebut oleh masyarakat sekitarnya dengan nama Qingzang (Dataran Tinggi Qingzang).


Dataran Tinggi Tibet terletak di China bagian barat, bahkan mencakup hingga ke bagian utara negara India. Dataran Tinggi ini terbentuk sebagai hasil dari tumbukan lempeng tektonik Eurasia dan Indo-Australia selama periode Kapur Atas.

Selanjutnya ada dataran Tinggi Armenia yang juga masuk sebagai dataran tinggi besar di Benua Asia. Armenia merupakan sebuah negara yang wilayahnya sebagian masuk ke Benua Eropa dan sebagiannya lagi merupakan Benua Asia. Dataran Tinggi Armenia meliputi area dengan total luas 0,154 juta mil persegi, dengan titik tertingginya yaitu Mt. Ararat(16.854 kaki).

Dataran tinggi di Benua Asia yang lainnya adalah Dataran Tinggi Iran yang membentang hingga ke wilayah Pakistan dan Afghanistan. Dataran Tinggi Iran juga dikenal sebagai Dataran Tinggi Persia yang mencakup wilayah Pegunungan Iran Timur, bagian Tengah, Balochistan, dan Pegunungan Iran bagaian Barat Laut. Selanjutnya, di wilayah Asia Selatan terdapat Dataran Tinggi Deccan (Dekkan). Plateau ini terletak di negara India bagian selatan, berbatasan dengan Ghats Barat dan Timur (dua jajaran gunung tinggi), serta Sungai Narmada.

Dataran Tinggi di Benua Afrika

Salah satu contoh dataran tinggi di Afrika adalah Dataran Tinggi Ethiopia, yang terletak di timur laut Afrika. Dataran Tinggi Ethiopia merupakan dataran tinggi terbesar di Benua Afrika. Plateau Ethiopia berada pada ketinggian rata-rata 4.921 kaki dengan Ras Dashan sebagai puncak tertingginya (14.930 kaki). Dataran Tinggi Ethiopia terbentuk sekitar 75 juta tahun yang lalu setelah magma sub-terestrial mulai mendorong ke atas kerak bumi.

Dataran tinggi besar lainnya di Benua Afrika adalah Dataran Tinggi Highveld yang terletak di Afrika Selatan. Dataran ini terletak pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Plateau Highveld mencakup total luas area 0,2 juta mil persegi (setara dengan 30% dari total luas daratan Afrika Selatan), sehingga menjadikannya dataran tinggi terbesar ke-2 di Benua Afrika.

Dataran Tinggi di Benua Eropa

Hardangervidda merupakan dataran tinggi utama di Benua Eropa, sekaligus sebagai dataran tinggi terbesar di benua Eropa. Letak dataran tinggi ini berada di selatan Norwegia, dan mencakup area seluas 1.321 mil persegi. Hardangervidda membentang melingkupi 3 wilayah besar di Norwegia yaitu Telemark, Buskerud, dan Hordaland.

Plateau Hardangervidda memiliki ketinggian rata-rata 3.500 kaki dengan puncaknya, Sandfloegga memiliki ketinggian 5.646 kaki. Ketinggian yang cukup tinggi ini membuat Hardangervidda terpengaruh oleh iklim pegunungan Alpen. Di Dataran Tinggi Hardangervidda dapat terlihat salah satu gletser terbesar di Norwegia, yaitu Hardangerjokulen.

Dataran Tinggi di Benua Australia/Oseania

Australia memiliki sejumlah dataran tinggi besar, karena dimungkinkan oleh luas wilayah daratan utamanya. Dataran Tinggi Barat adalah yang paling terbesar (terluas) di benua ini, yang mencakup luas ratusan ribu mil persegi (beberapa perkiraan menempatkan ukurannya setara dengan seluruh benua Eropa).

Dataran Tinggi Barat terletak di wilayah bagian barat negara Australia itu juga dikenal sebagai Perisai Australia (Australian Shield). Dataran tinggi lainnya berada di Oseania yaitu Dataran Tinggi Vulkanik Pulau Utara yang merupakan salah satu dataran tinggi terbesar di Selandia Baru.

Seperti namanya, "Dataran Tinggi Vulkanik Pulau Utara" terbentuk oleh aktivitas gunung berapi di pulau tersebut, sehinga menghasilkan banyak fitur vulkanik di dataran tinggi diantaranya adalah danau kawah besar yang disebut sebagai Danau Taupo, merupakan danau terbesar di Selandia Baru.

Dataran Tinggi di Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara juga memiliki fitur dataran tinggi, bahkan beberapa di antaranya merupakan yang terbesar di dunia. Salah satu contoh dataran tinggi terkenal di benua ini adalah Dataran Tinggi Colorado. Dataran Tinggi Colorado terletak di barat daya Amerika Serikat dan mencakup luas area sekitar 130.000 mil persegi.

Dataran tinggi ini menempati negara bagian Utah, New Mexico, Colorado, dan Arizona. Dataran Tinggi Colorado terdiri dari enam bagian wilayah besar yaitu Navajo, Cekungan Uinta, Grand Canyon, Datil, dan Land Canyon.

Dataran Tinggi di Benua Amerika Selatan

Beberapa fitur dataran tinggi yang dapat ditemukan di Amerika Selatan yaitu Plateau Andean dan Plateau Altiplano Cundiboyacense. Plateau Andean sering disebut juga sebagai Dataran Tinggi Andes atau Altiplano dengan total luas area sekitar 500.000 km2 pada ketinggian rata-rata 12.300 kaki di atas permukaan laut.

Andean merupakan dataran tinggi terbesar di belahan bumi bagian barat dan merupakan dataran tinggi terbesar ke-2 di dunia (setelah Dataran Tinggi Tibet). Dataran Tinggi Andean meliputi wilayah Bolivia, Chili, Peru, dan Argentina.

Selanjutnya ada juga Dataran Tinggi Altiplano Cundiboyacense yang luasnya mencapai 9.653 mil persegi. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian rata-rata 8.500 kaki, dengan titik tertingginya berada pada ketinggian 13.123 kaki.

Dataran Tinggi di Benua Antartika

Walaupun benua ini tertutup oleh es abadi, Antartika ternyata juga memiliki sebuah dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Antartika (Dataran Tinggi Kutub) yang terletak di wilayah timur benua ini. Dengan diameter sekitar 620 mil, Dataran Tinggi Antartika masuk sebagai salah satu dataran tinggi terbesar di dunia.

Tidak seperti dataran tinggi lain di dunia, Dataran Tinggi Antartika terutama terdiri dari lapisan es yang ketebalannya bisa mencapai beberapa mil. Rata-rata ketinggian dataran tinggi ini adalah 9.800 kaki. Perlu diketahui bahwa Dataran Tinggi Antartika merupakan contoh nyata dari jenis dataran tinggi kontinen. Perlu diketahui bahwa pusat kutub selatan Bumi berada di Dataran Tinggi Antartika dan Wilayah ini memiliki kondisi cuaca paling ekstrim, dimana suhu rata-ratanya bisa di bawah nol derajad celcius.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel