Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23+ Bentang Alam Benua Asia Lengkap dengan Karakteristiknya

bentang alam di benua asia
Bentang Alam Benua Asia - Benua Asia merupakan benua terpadat sekaligus terbesar di dunia. Batas wilayah Benua Asia (berdasarkan benua) yaitu di sebelah barat berbatasan dengan Eropa dan Afrika, dan di sebelah Timur berbatasan dengan Amerika Utara. Sebelah utara Benua Asia, bersama-sama dengan Amerika Utara dan Eropa membentuk Kutub Utara.

Benua Asia dan Eropa pada dasarnya mempunyai perbatasan yang abu-abu (tidak jelas), karena secara teknis kedua benua terletak di daratan yang sama secara keseluruhan. Oleh sebut itu ada istilah Eurasia, yaitu daratan penggabungan dari Benua Asia dan Eropa.


Kita tahu bahwa fitur karakteristik bentang alam Benua Asia sangat mencolok terlihat. Sebagai contoh keterdapatan gunung tertinggi di dunia, titik terendah di dunia, danau terdalam di dunia, garis pantai terpanjang di dunia dan beberapa sungai-sungai besar dan penting yang kesemuanya berada di benua ini.

Untuk mengenal fitur-fitur geografi berupa bentang alam di Benua Asia, Anda bisa melihatnya melalui penjelasan dibawah ini. Disini kita akan membagi bentang alam Benua Asia lengkap dengan karakteristiknya menjadi 4 kategori utama yaitu gurun, danau, pegunungan dan sungai.

Bentang Alam Gurun

bentang alam yang ada di benua asia
Gurun Gobi di Mongolia.
Beberapa gurun yang menjadi identitas bentang alam di Benua Asia adalah Gurun Arab, Gobi, Karakum, Kyzylkum, Takla Makan dan Thar. Di bawah ini dijelaskan karakteristik masing-masing tersebut.

Gurun Kara Kum
Kara Kum mencakup wilayah seluas 135.000 mil persegi. Hampir 70 persen gurun ini berada di negara Turkmenistan. Karena letak gurun Kara Kum berada disepanjang Laut Kaspia, maka cuaca di Kara Kum lebih intermediet dibandingkan gurun-gurun lain di Benua Asia. Gurun lain biasanya mengalami musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang terik, tetapi musim di Kara Kum berada diantaranya yaitu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu terik.

Gurun Arab
Gurun Arab merupakan sebuah padang gurun yang luas, membentang dari Yaman ke Teluk Persia dan dari Oman ke Yordania serta Irak. Ini adalah gurun terbesar di Asia dengan luas 900.000 mil persegi dan menempati sebagian besar wilayah di Semenanjung Arab. Letak Gurun Arab yaitu berada di kawasan Timur Tengah.


Gurun Gobi
Gurun Gobi adalah gurun ke-2 terbesar di Asia, dengan luas mencapai 500.000 mil persegi. Gurun ini memanjang dari Cina utara ke Mongolia. Gurun Gobi menerima rata-rata 7 inci curah hujan setiap tahun, karena keberadaan pegunungan Himalaya yang menghalangi awan hujan ke daerah tersebut.

Gurun Thar
Meliputi 77.000 mil persegi di India dan Pakistan, Gurun Thar adalah satu-satunya gurun subtropis di Asia. Utamanya menempati negara bagian Rajasthan di India. Thar menerima hujan hanya sekitar 20 inci per tahun selama periode musim hujan dari Juli hingga September. Sebagian besar tanaman disana tumbuh selama musim hujan tersebut.

Gurun Kyzyl Kum
Gurun Kyzyl Kum melintasi Kazakhstan hingga Uzbekistan, dengan luas 115.000 mil persegi. Gurun ini memiliki beragam flora dan fauna di dalamnya. Meskipun gurun ini hanya menerima 4 hingga 8 inci hujan per tahun, tetapi hujan yang terjadi selama periode dingin di wilayah cukup intens, sehingga air di gurun tersebut tidak cepat habis.

Gurun Takla Makan
Gurun Takla Makan merupakan gurun terbesar di Tiongkok, membentang lebih dari 123.550 mil persegi. Terdiri dari pergeseran bukit pasir bulan sabit, Takla Makan adalah salah satu gurun pasir terbesar di dunia. Terlepas dari sifat pasir gurun yang tidak ramah dan tidak dapat diprediksi, pemerintah Cina membangun jalan melintasi padang pasir pada pertengahan 1990-an.

Bentang Alam Danau

bentang alam benua asia
Danau Baikal di Siberia, Rusia.
Di Benua Asia, bentang alam berupa danau sangat benyak ditemukan. Untuk mempermudah penjelasannya, dibawah ini merupakan tiga danau utama yang populer di Benua Asia, yaitu Laut Kaspia, Danau Baikal, dan Laut Aral.

Laut Aral
Terletak di Asia barat, tepatnya di sebelah timur Laut Kaspia, danau ini masuk dalam wilayah negara bekas pecahan uni soviet yaitu Kazakhstan dan Uzbekistan. Air Laut Aral telah banyak yang menguap, dan saat ini hampir sepenuhnya telah tercemar oleh limbah pupuk, residu pengujian senjata militer yang sejak dahulu dilakukan oleh Uni Soviet.

Kesalahan pengelolaan perairan danau ini dianggap oleh banyak ahli sebagai salah satu bencana lingkungan terburuk di dunia. Pengalihan beberapa sungai yang menyumbang volume air di danau tersebut yaitu sungai Amu Darya dan Syr Darya untuk irigasi dinilai menjadi salah satu faktor penyebab menyusutnya air Laut Aral. Penyusutan ini bahkan terhitung hampir 60% dari volume air danau sebelumnya.

Laut Kaspia
Laut Kaspia, yang terletak di Asia barat di tepi timur Eropa, adalah danau terbesar di planet ini. Sejarah mencatat bahwa danau tersebut diberinama Laut Kaspia karena bangsa Romawi menganggap air di danau tersebut rasanya asin, terutama di bagian selatan danau.

Laut Kaspia mengandung sumberdaya minyak dan gas bumi di sepanjang tepi danaunya. Selain itu, sejumlah besar sturgeon hidup di dalam danau, dimana kaviar yang dihasilkan dari telurnya adalah komoditas yang sangat berharga.

Air tawar mengalir ke danau tersebut melalui Sungai Volga dan Sungai Ural di utara. Namun, air di dalam danau tersebut tetap terasa agak asin, khususnya dibagian tengah tengah dan selatan danau. Luas permukaan Danau Laut Kaspia yang terkonfirmasi (telah diukur) adalah seluas 371.000 km persegi (143.244 mil persegi) dengan kedalaman maksimum 1025 m (3,363 kaki).

Danau Baikal
Danau Baikal terletak di sebelah tenggara Rusia (Siberia), berbatasan langsung dengan bagian utara Mongolia. Danau ini diakui sebagai danau air tawar tertua (yang masih ada) di planet bumi. Danau ini juga merupakan wilayah perairan air tawar terdalam, yaitu dengan kedalaman 1,62 kilometer.

Dengan lebar maksimum sekitar 96 kilometer (60 mil), Danau Baikal memiliki panjang sekitar 626 km (389 mil). Danau Baikal dikelilingi oleh pegunungan, dimana lebih dari 300 sungai mengalir ke danau ini.

Bentang Alam Pegunungan

bentang alam benua asia
Jindhagada, puncak tertinggi Pegunungan Ghats di India.
Beberapa pegunungan signifikan membentang di seluruh Asia. Di sini kami menyoroti pada peta dan menggambarkan yang utama, termasuk Altay, Gahats, Himalayan, Kunlun, Tien Shan, Ural dan Pegunungan Zagros.

Pegunungan Altay
Altay merupakan rangkaian pegunungan di Asia Timur-Tengah, tepatnya meliputi Negara Rusia, China, Mongolia, dan Kazakhstan. Sungai besar seperti Irtysh dan Ob mengandalkan pegununungan ini sebagai sumber airnya. Gunung Belukha adalah puncak tertingginya dengan ketinggian mencapai 4.506 meter.

Pegunungan Tien Shan
Tian Shan merupakan salah satu sistem pegunungan besar yang berada di Asia Tengah. Letaknya berada di sebelah utara dan barat dari Gurun Taklamakan atau dekat wilayah perbatasan Kazakhstan, Kirgistan, dan China barat. Puncak tertinggi adalah Victory Peak dengan ketinggian 7.439 meter.

Pegunungan Ghats
Rangkaian pegunungan Ghats dibagi atas Ghats Barat dan Timur. Ghats Barat merupakan pegunungan di sepanjang sisi barat India dengan ketinggian rata-rata sekitar 1.200 m, sedangkan Ghats Timur terdiri atas serangkaian gunung di sepanjang pantai timur India. Titik tertinggi Pegunungan ini yaitu Puncak Jindhagada (1.690 m).

Pegunungan Himalaya
Himalaya, sebuah pegunungan besar tepat di utara anak benua India, adalah pegunungan tertinggi di dunia, dan rumah bagi puncak tertinggi dunia, termasuk Gunung Everest pada 8.848 m (29.029 kaki), dan K2 pada 8.611 m (28.251 kaki) ) di atas permukaan laut. Sistem Himalaya mencakup lebih dari 100 gunung yang melebihi 7.200 m (23.600 kaki).

Pegunungan Ural
Pegunungan Ural membentang sejauh 2.640 km, dan memanjang dari tepi utara Federasi Rusia ke arah bawah melalui Kazakhstan. Gugusan pegunungan ini membentuk perbatasan alami antara Asia dan Eropa Rusia. Titik tertinggi di pegunungan ini adalah Mt. Narodnaya dengan ketinggiannya yang mencapai 1.895 m.

Pegunungan Kunlun
Kunlun merupakan salah satu gugusan gunung terpanjang di Asia, membentang melintasi China barat dan Dataran Tinggi Tibet. Puncak tertingginya adalah Gunung Dewi Kunlun dengan rata-rata ketinggian 7.167 m (23.514 kaki).

Pegunungan Zagros
Zagros merupakan gugusan gunung besar di Iran dan Irak. Rangkaian sistem pegunungan ini membentang sepanjang dataran tinggi sebelah barat hingga barat daya negara Iran, serta berakhir di Selat Hormuz. Titik tertingginya adalah Zard Kuhbakhtiari dengan ketinggian 4.548 m (14.921 kaki).

Bentang Alam Sungai

Selain pegunungan, sungai sebagai salah satu fitur yang membentuk bentang alam ternyata sangat banyak terdapat di Benua Asia. Karena banyaknya tersebut maka di bawah ini hanya dijelaskan pada beberapa sungai yang paling tidak familiar atau populer kita dengar ataupun lihat sehari-hari seperti Sungai Gangga, Indus, Lena, Mekong, Ob, Yangtze dan Sungai Kuning.

Sungai Indus
Aliran air Sungai Indus berasal dari Tibet dan mengalir melewati India dan Pakistan. Sungai ini merupakan sungai paling penting di Pakistan karena menyediakan sumber air bagi masyarakat Pakistan. Sebagai sumber air minum, aliran air sungai ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk Pakistan untuk mengaliri lahan pertanian mereka. Total panjang Sungai Indus adalah sekitar 2,9 kilometer.

Sungai Gangga
Sungai Gangga merupakan sungai yang paling suci bagi umat Hindu dan juga merupakan jalur kehidupan bagi jutaan orang di India. Banyak masyarakat India yang aktivitas sehari-harinya bergantung pada sungai ini, mulai mandi, sumber air minum, mencuci, hingga jalur transportasi. Panjangnya Sungai Gangga mencapai 2,51 kilometer.

Sungai Mekong
Mekong adalah sungai terpanjang ke-10 di dunia, sekaligus sebagai sungai terpanjang ke-7 di Benua Asia. Diperkirakan panjangnya adalah 3.050 (4.909 km) dan menyediakan transportasi darat untuk jutaan orang yang tinggal di sepanjang tepiannya, dan anak-anak sungainya

Sungai Ob
Ob merupakan sungai utama yang mengalir di Siberia barat, Rusia. Sungai Ob banyak digunakan penduduk setempat terutama untuk irigasi, air minum, sumber energi hidroelektrik, dan memancing. Panjang sungai ini diperkirakan mencapai 3,65 kilometer.

Sungai Lena
Lena adalah sungai paling timur dari tiga sungai besar yang ada di Siberia (dua lainnya adalah Sungai Ob dan Sungai Yenisei). Sungai ini mengalir ke Samudra Arktik dan masuk dalam kategori sungai terpanjang ke-11 di dunia, dengan total panjang sekitar 4,4 km (2.734 mil).

Sungai Yangtze
Sungai Yangtze China merupakan pemegang rekor sungai terpanjang di Asia, serta sungai terpanjang ke-4 di dunia. Sungai ini memiliki panjang mencapai 6,30 kilometer. Sungai Yangtze dan daerah aliran sungainya melewati hampir 1/5 wilayah daratan Republik Rakyat Tiongkok serta hampir 1/3 dari total penduduk China bermukim disekitar sungai ini.

Sungai Kuning
Sungai Kuning merupakan sungai terpanjang ke-2 di China, serta terpanjang ke-6 di dunia. Dengan panjang sekitar 5,46 km, sungai ini disebut-sebut sebagai "tempat lahirnya peradaban Cina". Di salah satu cekungannya (lembah Wei) disinyalir merupakan tempat kelahiran pertama peradaban China Kuno dan juga merupakan wilayah paling makmur dalam sejarah Tiongkok Awal.

Demikian informasi mengenai bentang alam Benua Asia yang dapat geologinesia bagikan. Kekayaan fitur geografi di Asia sangat beragam dan terkenal di mata dunia. Keragaman inilah yang kemudian membentuk keunikan budaya dari tiap-tiap wilayah di Benua ini. Semoga semua ini dapat bermanfaat bagi Anda.