Profil Negara Swiss [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara swiss
Swiss atau yang juga dikenal dengan switzerland merupakan salah satu negara yang berada di benua Eropa. Negara ini termasuk ke dalam negara yang banyak diperbincangkan di dunia karena termasuk negara maju dan berpengaruh. Sebagian besar wilayah Swiss yang terdiri dari pegunungan Alpen juga menjadi daya tarik lainnya. Bagi Anda yang tertarik dengan negara di Eropa Barat ini, berikut diberikan profilnya secara lengkap.

Sejarah Negara Swiss

Dalam sejarahnya, Swiss dikenal sebagai negara netral yang tidak memihak kepada siapapun. Karena hal tersebut, negara ini kemudian dijadikan tuan rumah oleh organisasi internasional seperti PBB. Berikut ini selengkapnya mengenai sejarah Swiss:

Sejarah Awal

Suku pertama yang muncul di daerah ini yaitu budaya Hallstatt dan La Tene. Kemudian sekitar abad ke-5 suku Almenia mulai menempati dataran tinggi Swiss. Selanjutnya suku Almenia juga menempati lembah Alpen sekitar abad ke-8. Swiss modern selanjutnya menjadi dua kekuasaan yang berbeda yaitu Kerajaan Burgundia dan Kerajaan Alemannia.

Semenjak tahun 1200, dataran tinggi Swiss terdiri dari Zahringer, Wangsa Savoia, Kyburg, dan Habsburg. Pada tahun 1264 Wangsa Kyburg jatuh, hal tersebut membuat Habsburg yang dipimpin oleh Raja Rudolf I mulai memperluas daerah kekuasaan hingga ke dataran tinggi Swiss.

Konfederasi Swiss Kuno dan Era Napoleon

Konfederasi Swiss kuno adalah sebutan untuk persekutuan yang dilakukan antara komunitas lembah Alpen Tengah. Konfederasi tersebut memberikan jaminan keamanan jalur perdagangan gunung serta memfasilitasi pengelolaan perdagangan bebas. Piagam Federal 1291 menjadi dokumen pendirian konfederasi dimana piagam tersebut telah disetujui oleh Unterwalden, Komune Pedesaan Uri, dan Schwyz.

Pasukan Revolusi Prancis menaklukkan Swiss pada tahun 1798. Rezim baru yang terbentuk dari kekalahan Swiss tersebut disebut dengan Republik Helvetia. Saat itu, Swiss tak lebih dari negara satelit Prancis karena tradisi yang sudah ada sejak berabad-abad mulai berubah dan hancur. Pemberontakan Nidwalden pada September 1798 merupakan salah satu contoh nyata penindasan yang dilakukan Angkatan Darat Prancis dan perlawanan penduduk setempat.

Ketika terjadi perang antara Prancis dan Rusia. Habsburg juga melakukan penyerangan terhadap Swiss. Selanjutnya Napoleon memfasilitasi pertemuan antara kedua belah pihak di Paris pada 1803. Hasil dari pertemuan tersebut yaitu Undang Undang Mediasi yang memperkenalkan konfederasi atas 19 kanton serta pemulihan otonomi Swiss.

Kongres Wina yang dilakukan pada 1815 menjadi titik balik kebangkitan Swiss serta memulihkan kemerdekaannya. Kemudian negara yang ada di Eropa mulai mengakui dan menyetujui kenetralan Swiss secara tetap. Perjanjian tersebut menjadi tanda bahwa Swiss terakhir kali berperang dalam konflik Internasional. Selain itu, Swiss juga mampu memperluas wilayahnya dengan menambah 3 kanton yaitu Geneve, Wallis, dan Neuchatel.

Negara Federal dan Sejarah Modern

Pada awal sejarah negara federal, Swiss sempat mengalami konflik internal selama kurang lebih sebulan yang menyisakan kurang dari 100 orang korban. Meski perang tersebut terbilang kecil dibandingkan perang di negara Eropa lain namun dampak besar bagi psikologis warga Swiss. Selanjutnya pada tahun 1848, Swiss mulai mengadopsi konstitusi federal dan penggunaan referendum.

Karena termasuk negara netral, Swiss tidak mengalami penyerangan pada dua perang dunia yang pernah terjadi. Namun kenetralan Swiss sempat dipertanyakan karena peristiwa Grim-Hoffmann meski hanya sebentar. Swiss kemudian bergabung dengan LBB pada tahun 1920 dan Dewan Eropa pada 1963. Swiss sering menjadi penengah antara kedua belah pihak yaitu Blok Poros dan juga Sekutu.

Pada tahun 2002, Swiss meninggalkan negara Vatikan untuk menjadi anggota penuh PBB. Sehingga Vatikan menjadi negara berdaulat terakhir yang tidak bergabung sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Swiss memang dianggap sebagai negara yang independen, netral, dan isolasionis.

Geografi Swiss

peta negara swiss
Gambar Peta Swiss.

Swiss merupakan negara yang terletak di pegunungan Alpen yang membentang dari Eropa Barat hingga Eropa Tengah. Negara seluas 41285 km2 ini memiliki jumlah penduduk sekitar 8 juta jiwa. Semakin ke selatan semakin jarang dihuni penduduk karena pegunungan yang semakin bertambah tinggi. Berikut ini penjelasan detail mengenai geografi negara Swiss:

Letak dan Batas wilayah

Berdasarkan letak astronomisnya, negara Swiss ini berada di antara 45°LU – 48°LU dan 5°BT – 11°BT. Swiss merupakan salah satu negara di dunia yang terkurung daratan dan tidak memiliki wilayah laut. Di sebelah Selatan Swiss berbatasan dengan negara Italia, dan untuk bagian Barat berbatasan dengan Prancis. Sedangkan di bagian Utaranya, negara Swiss berbatasan dengan Jerman. Dan terakhir di sebelah Timur berbatasan dengan 2 negara yaitu Austria dan Liechtenstein.

Kenampakan Alam

Negara Swiss terdiri dari tiga wilayah geografi yaitu pegunungan Jura di bagian Barat, Plato Swiss di bagian Tengah, dan Alpen Swiss di bagian Selatan. 60% dari total luas negara merupakan pegunungan Alpen yang menjadi pegunungan tertinggi. Kebanyakan penduduk Swiss bertempat tinggal di bagian tengah atau Plato Swiss. Jaringan hidrografi di negara Swiss diantaranya yaitu Danau Jenewa, Danau Constance, dan Danau Maggiore.

Terdapat lebih dari 1500 danau di negara Swiss yang menjadi 6% cadangan air Eropa. 6% wilayah nasionalnya juga ditutupi dengan danau dan glester. Danau Jenewa merupakan danau terbesar yang ada di Swiss, sedangkan danau kedua terbesar adalah Danau Constance. Pegunungan yang ada di Swiss juga terbilang tinggi dimana 48 pegunungan memiliki ketinggian di atas 13.000 kaki. Gunung tertinggi di negara Swiss adalah Monte Rosa.

Bagian utara terlihat lebih padat dan luasnya 30% dari total luas Swiss. Wilayah utara ini juga disebut dengan Plato Swiss. Wilayah plato swiss memiliki pemandangan terbuka dan berbukit, sebagian padang rumput, sebagian hutan, dan sebagian kebun sayur atau buah. Kota-kota Swiss dan danau besar berada di wilayah ini.

Kondisi Iklim

Umumnya Swiss beriklim sedang namun dapat bervariasi di tiap daerah. Musim panas yang terjadi biasanya terasa hangat lembab dengan curah hujan periodik. Musim ini paling cocok digunakan untuk menggembala ternak. Sedangkan musim dingin tidak lembab di pegunungan, sedangkan wilayah yang lebih rendah mengalami inversi sehingga sulit ditemukan cahaya matahari selama berminggu-minggu.

Musim gugur di Swiss merupakan musim yang paling kering dan menerima curah hujan lebih kecil dibandingkan musim panas. Namun negara Swiss tidak memiliki iklim yang stabil dan cenderung berubah-ubah setiap tahunnya dan tetap bisa diprediksi.

Lingkungan Hidup

Karena banyak lembah halus yang dipisahkan oleh pegunungan dan membentuk ekologi unik, ekosistem di Swiss terbilang cukup rapuh. Beberapa tanaman hanya tumbuh di pegunungan tinggi dan sulit ditemukan di wilayah lainnya.

Geologi, kondisi iklim, serta topografi wilayah Alpen membuat ekosistem yang ada sangat sensitif terhadap perubahan iklim yang terjadi. Namun Swiss tetap mampu menempati urutan pertama dari 132 negara dalam menjaga lingkungan berdasarkan 2014 Kinerja Lingkungan Indeks.

Ekonomi Negara Swiss

Sebagai negara yang maju, sektor perekonomian di negara Swiss stabil, berteknologi tinggi, serta makmur. Meskipun menjadi negara netral, namun Swiss tetap melakukan hubungan bilateral yang menguntungkan dengan negara lain termasuk dari sektor ekonomi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah berbagai hal mengenai perekonomian yang ada di negara Swiss:

Perekonomian Swiss Saat Ini

Sebagai bukti bahwa Swiss merupakan negara dengan perekonomian termakmur yaitu dengan masuknya negara ini ke dalam golongan negara termakmur yang ada di dunia berdasarkan pendapatan per kapita pada tahun 2011. Swiss berada di urutan ke-36 berdasarkan keseimbangan kemampuan belanja dan berada di urutan ke-19 berdasarkan produk domestik bruto. Sedangkan berdasarkan ekspor yang dilakukan, Swiss mampu menempati urutan ke-20 meski dengan ukuran yang kecil.

Indeks kebebasan Ekonomi 2010 yang didapatkan Swiss juga terbilang tinggi di wilayah Eropa. Bahkan pendapatan per kapita warga negara Swiss ternyata lebih tinggi dibandingkan negara maju lainnya seperti Jepang dan negara Eropa Barat lain. Ada banyak perusahaan multinasional terkenal yang berasal dari Swiss seperti Credit Suisse, Tetra Pak, Swiss Re, UBS AG, Nestle, Adecco, ABB, Glencore, dan lain sebagainya.

Sektor Ekonomi Utama Swiss

Produksi menjadi sektor ekonomi utama dari negara Swiss. Sektor utama produksi yang dilakukan diantaranya adalah obat, instrumen musik, kimia, hingga instrumen pengukuran presisi. Ekspor terbesar Swiss yaitu dari kimia sebanyak 34%, elektronik atau mesin 20,9%, serta instrumen lain 16,9%. Selain sektor tersebut, sektor jasa seperti asuransi, perbankan, dan pariwisata merupakan industri penting lain dari negara Swiss.

Pekerja di Swiss
Total pekerja yang bekerja di negara Swiss lebih dari 3,8 juta orang. Karena perekonomian dan industri yang berjalan dengan baik, tingkat pengangguran di Swiss cukup rendah berkisar 1,7% hingga 4,4% sejak Juni 2000 hingga Desember 2009. 25% dari pekerja yang ada di Swiss bergabung dengan sebuah serikat kerja.

Politik dan Pemerintahan Swiss

Swiss merupakan negara yang termasuk ke dalam republik liberal dan menjadi salah satu negara netral yang ada di dunia. Legislatif dari negara Swiss terdiri dari dewan nasional dan dewan negara. Dewan nasional dan dewan negara memiliki fungsi legislatif yang berbeda-beda.

Sistem pemerintahan di negara Swiss terbilang cukup unik. Negara ini mengukuhkan diri sebagai negara federal sejak tahun 1848. Sistem yang dianut yaitu demokrasi secara langsung dimana pemerintahannya terdiri dari 7 anggota yang dipilih oleh Federal Assembly. Status ketujuh anggota tersebut juga bisa disebut dengan menteri dimana memiliki tugas untuk memimpin department utama.

Yang cukup unik adalah ketujuh anggota tersebut akan menjadi presiden secara bergantian dengan masa jabatan selama 1 tahun. Negara federal yang ada di Swiss biasa disebut dengan kanton. Setidaknya kini terdapat 26 kanton yang kemudian berhimpun menjadi negara Swiss. Setiap kanton memiliki hak penuh untuk membuat aturan daerah. Namun masalah internasional, pertahanan, kehakiman, dan keuangan negara dipegang oleh pemerintah pusat.

Angggota parlemen atau Federal Assembly yang bertugas memilih 7 anggota sebagai menteri utama yang akan menjadi presiden ditentukan oleh kanton masing-masing. Presiden di negara Swiss juga sekaligus menjadi perdana menteri.

Demografi Swiss

Berada di antara kebudayaan Eropa yang sangat menjamur, membuat kebudayaan dan demografi dari negara Swiss juga terpengaruh. Berikut ini pembahasan mengenai demografi yang ada di negara Swiss:

Bahasa

Tidak seperti negara lainnya yang hanya memiliki satu bahasa resmi, Swiss memiliki 4 bahasa resmi sekaligus. Hal tersebut karena Swiss berada diantara negara Eropa lain yang memiliki kebudayaan dan bahasa kental. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini diantaranya adalah bahasa Jerman, bahasa Italia, bahasa Prancis, dan bahasa Romans.

Mayoritas penduduk Swiss menggunakan bahasa Jerman Swiss dan Jerman Standar dengan presentase sebesar 63,7%. Sedangkan penduduk yang menggunakan bahasa Prancis, Arpitan, dan Franche-Comte sebanyak 19,2%. Sisanya yaitu 7,6% menggunakan bahasa Lambordia dan Italia, lalu 0,6% menggunakan bahasa Romans. Selain bahasa resmi tersebut, beberapa penduduk Swiss juga menggunakan bahasa lain seperti bahasa Albania, Inggris, Portugis, Spanyol, Serbia dan Kroasia, serta Turki.

Meski ada banyak bahasa yang masuk ke negara Swiss, namun pemerintah federal harus berkomunikasi dalam bahasa resmi. Biasanya disediakan terjemahan dari dan ke bahasa resmi seperti Italia, Jerman, dan Prancis.

Agama

Meskipun sebagian besar wilayah di Swiss mengakui gereja-gereja resmi yang merupakan gereja katolik roma, namun Swiss sendiri tidak memiliki agama resmi negara. Sebagian besar penduduk memiliki agama tertentu, dan sebagian lainnya ada yang tidak beragama. Berikut ini adalah agama-agama yang dianut oleh warga Swiss, yaitu:
  1. Katolik Roma (45%)
  2. Protestan (35%)
  3. Islam (2.5%)
  4. Ortodoks Timur (1.5%)

Imigrasi yang membawa masuk agama minoritas seperti Islam dan Ortodoks Timur. Selain keempat agama tersebut, ada juga penduduk yang menganut agama Kristen dan Yahudi. Sedangkan penduduk tidak beragama masuk ke dalam Agnostik, Atheis, atau tidak terkait dengan sebuah agama resmi tertentu.

Seni dan Budaya Swiss

Keanekaragaman linguistik yang ada di negara ini mempengaruhi sebagian besar budaya yang ada. Perbedaan budaya tersebut juga meliputi wilayah linguistik. Namun dengan keanekaragaman budaya yang ada di Swiss membuat Anda bisa lebih banyak belajar dan menjelajah tradisi dan adat istiadat dari negara Swiss. Berikut ini informasi lebih lengkap mengenai budaya yang ada di negara Swiss:

Festival Budaya

Kebanyakan orang mengenal Swiss karena pegunungan Alpen, salju, ski, cokelat, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya budaya Swiss sendiri lebih menarik dari hal tersebut. Hampir sama seperti kebanyakan negara Eropa lain, Swiss juga memiliki festival budaya yang menjadi hal lumrah. Festival budaya di negara ini biasa dilakukan dan dijadikan hiburan oleh penduduk dan warga Swiss.

Festival budaya yang digelar di Swiss bisa dibilang cukup lengkap. Anda bisa menemukan berbagai festival budaya mulai dari teater, festival film, festival musik, museum, acara tari, dan pertunjukan seni lainnya. Mengadakan berbagai festival tersebut merupakan hal yang umum bagi sebagian wilayah di negara Swiss.

Kebiasaan Penduduk Swiss

Prinsip sentral yang cukup kuat dari budaya negara Swiss adalah demokrasinya. Warga negara Swiss dapat menyampaikan pendapatnya melalui petisi jika menentang undang-undang yang dibuat atau diajukan oleh parlemen. Selain itu, budaya Swiss juga termasuk dengan kebiasaan warganya.

Kesan pertama yang bisa dilihat dari warga Swiss adalah kebersihan, infrastruktur yang efisien dan harga tinggi, serta keselamatan. Tidak sedikit juga pendatang baru yang beranggapan bahwa warga asli Swiss sangat mempertimbangkan perilaku terhadap orang lain dan sangat menghargai bantuan seseorang.

Itulah profil negara lengkap dari salah satu negara di Eropa Barat yang beribukota di Bern ini. Setiap profil dari Swiss mulai dari sejarah hingga budayanya bisa Anda jadikan tambahan ilmu baru. Semoga segala informasi mengenai negara Swiss yang terkenal tersebut dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel