Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Mengenal Bentang Alam Negara Thailand

bentang alam thailand
Bentang alam Thailand cukup bervariasi, mulai dari gunung hingga dataran aluvial subur yang dihiasi sawah hingga pantai berpasir yang terletak di garis khatulistiwa dan terpengaruh oleh musim hujan Asia. Bentang alam Thailand dibagi menjadi lima fisiografi yang berbeda yaitu pegunungan terlipat di utara dan barat, Dataran Tinggi Khorat di timur laut, lembah Sungai Chao Phraya di bagian tengah, pinggiran laut dari wilayah tengah hingga tenggara, dan semenanjung ramping di barat daya.

Pegunungan di bagian utara negara ini merupakan sebuah kelanjutan proses pengangkatan yang membentuk pegunungan Himalaya, meluas hingga ke selatan disepanjang perbatasan Thailand-Myanmar dan mencapai bagian selatan berbatasan dengan negara Malaysia Utara. Punggung bukit granit yang memanjang terbentuk ketika magma bergerak ke atas melalui lapisan sedimen yang lebih tua.

Ketinggian puncak pegunungan di negara ini rata-rata sekitar 5.200 kaki (l.600 meter) di atas permukaan laut. Gunung Inthanon, setinggi 8.481 kaki (2.585 meter) merupakan gunung tertinggi di negara ini yang terletak di sebelah barat laut Thailand, dekat kota bersejarah Chiang Mai.

Di kota Chiang Mai juga terdapat Gunung Suthep, tempat beradanya situs kuil Budha yang terkenal dan istana kerajaan yang digunakan saat musim panas. Disana juga dapat terlihat beberapa bukit kapur dan gua-gua dengan sisa-sisa manusia prasejarah didalamnya.

(Baca juga ciri ciri dataran tinggi)

Bentang alam Thailand berupa dataran tinggi Khorat terletak di bagian Timur laut yang dibatasi oleh Sungai Mekong di utara dan timurnya. Dataran ini terbentuk sebagai akibat pengangkatan disepanjang 2 patahan berarah tegak lurus yaitu satu patahan berarah utara-selatan terletak di barat, dan satu patahan berarah timur-barat terletak selatan. Akibatnya, batuan sedimen yang menjadi alasnya menjadi relatif miring, bukan terangkat secara masif.

Kemiringan yang demikian akhirnya membentuk gugusan perbukitan dan pegunungan di sepanjang tepi barat dan selatan dataran tinggi yaitu pegunungan Phetchabun dan Dangrek. Tebing curam di dataran tinggi ini menghadap ke dataran Chao Phraya di barat dan dataran Kamboja di selatan.

Ketinggian permukaan Plateau Khorat ini berkisar 650 kaki (200 meter) di barat laut hingga sekitar 300 kaki (90 meter) di tenggara. Medannya bergelombang, dan puncak bukit umumnya miring ke tenggara sesuai dengan kemiringan batuannya.

Diantara pegunungan utara, barat, serta dataran tinggi Khorat, terdapat lembah Sungai Chao Phraya yang luas, yang merupakan jantung budaya dan ekonomi Thailand. Wilayah itu kadang-kadang disebut Dataran Sentral.

Dataran Sentral terdiri dari dua bagian yaitu di utara merupakan dataran bergelombang, dan di selatan terdiri atas dataran rendah sangat landai serta delta Chao Phraya. Kedua dataran tersebut dibentuk oleh penyebaran sedimen dalam jumlah besar yang turun dari pegunungan dibawah anak-anak sungai Chao Phraya, sehingga menghasilkan endapan kipas aluvial yang luas.

Wilayah pedesaan di Thailand yang umumnya berada di tenggara memiliki bukit-bukit tinggi disepanjang perbatasan dengan Kamboja. Puncak yang terkenal di bagian tenggara Thailand adalah adalah Gunung Khieo, yang mempunyai ketinggian 2.614 kaki (797 meter), dan Gunung Soi Dao dengan ketinggian 5.471 kaki (1.668 meter).

(Baca juga manfaat dataran rendah)

Bukit-bukit di daerah tersebut mencapai hingga ke batas laut, sehingga menciptakan garis pantai yang ditandai dengan banyak pulau. Dengan bentang alam pantai berpasir ini, kota-kota pesisir seperti Chon Buri dan Rayong dan beberapa pulau disana menjadi tempat wisata populer di negara ini.

Bagian barat daya negara Thailand terdiri dari semenanjung dengan punggungan pegunungan dan garis pantai berpasir yang landai. Gunung-gunung di wilayah tersebut tinggi mencapai sekitar 4.900 kaki (1.500 meter) membentuk semenanjung sempit yang menghubungkan Thailand dan Myanmar.

Bentang alam Thailand berupa semenanjung di bagian barat daya ini memisahkan Laut Andaman dan Laut Cina Selatan, dan makin kearah Malaysia semenanjungnya semakin menyempit. Di lepas pantainya dapat terlihat pulau-pulau besar dengan lekukan relief yang cukup terjal.

Pulau Phuket merupakan salah satu pulau indah yang terletak di wilayah barat daya Thailand ini. Selain phuket, ada beberapa pulau lainnya disana seperti Samui dan Phiphi yang merupakan pulau wisata sangat populer saat ini, bahkan melampaui kepopuleran pulau wisata Hua Hin yang terletak di bagian utara semenanjung negara ini.