Apa Sumber Daya Alam Utama Perancis?

Prancis atau Perancis adalah salah satu negara dengan ekonomi paling kuat di dunia, yaitu berada di peringkat keenam setelah Inggris, Jerman, Jepang, Cina, dan Amerika Serikat. Perdagangan dan pertanian sebagai penyumbang pendapatan terbesar di negara ini. Prancis memiliki lahan subur yang luas untuk mendukung semua jenis kegiatan pertanian yang berkisar dari tanaman pangan hingga produksi kayu.

Namun, ketika menyangkut sumber daya alam, Prancis secara mengejutkan hanya memiliki cadangan yang terbatas jumlahnya. Banyak mineral alami yang melimpah di negara tersebut telah habis karena di eksploitasi selama revolusi industri yang memainkan peran besar dalam mengubah Prancis menjadi seperti sekarang ini. Beberapa sumber daya alam yang masih dapat ditemukan di Prancis seperti penjelasan dibawah ini.

1. Batu Bara
Batubara adalah sumber daya penting yang memainkan peran penting dalam gelombang revolusi industri yang melanda negara-negara Eropa termasuk Prancis. Kembali pada tahun 1800-an, Prancis memiliki cadangan batubara tua yang telah habis karena penggunaan yang berlebihan. Kualitas bijih rendah dan tidak dapat bersaing dengan batubara dari negara lain. Sebagian besar digunakan di dalam negeri sebagai gantinya.

Ketika dunia berubah dan sumber-sumber energi baru ditemukan, penambangan batu bara di Prancis berkurang secara drastis hingga dihentikan pada tahun 2004. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk melestarikan lingkungan dengan beralih ke sumber energi yang ramah lingkungan. Presiden Prancis saat ini telah berjanji untuk menutup semua kegiatan penambangan batubara di Prancis pada tahun 2021.

2. Gas Alam
Gas alam pertama kali ditemukan di wilayah barat daya Prancis bernama Lacq pada tahun 1957 di mana diperkirakan sekitar 8,8 triliun kaki kubik gas alam terperangkap di bawah tanah dan siap untuk diekstraksi. Produksi dimulai pada tahun 1958 tetapi menurun pada tahun 1978 setelah menipisnya cadangan. Pada akhir milenium, produksi gas alam diabaikan dan terlalu kecil untuk mendukung kebutuhan negara memaksa Prancis beralih ke impor.

3. Uranium
Endapan uranium terletak di Massif Central yang pada suatu waktu memiliki cadangan bijih uranium yang diperkirakan mencapai 50.000 ton. Prancis, bagaimanapun, memiliki permintaan energi yang sangat tinggi dan deposit uranium tidak dapat dipenuhi.

Penambangan uranium di Prancis yang berakhir pada tahun 2001 memaksa negara tersebut untuk beralih ke impor uranium untuk menutupi lebih dari setengah dari konsumsi energi tahunan dengan Niger menjadi salah satu sumber uranium utamanya.

Ada lebih dari 59 pembangkit nuklir aktif pada 2010 dengan semuanya berkontribusi sekitar 94,6% dari seluruh listrik primer yang digunakan di rumah-rumah dan pabrik-pabrik di seluruh negeri.

4. Energi PLTA
Sebanyak tenaga nuklir sangat penting di Prancis, energi hidro-listrik adalah sumber energi terbarukan yang paling penting di Prancis yang mencakup sekitar 19,7% kapasitas terpasang di Prancis; ia menempati urutan kedua setelah energi nuklir.

Prancis memiliki banyak sungai yang mengalir melalui bentang alamnya yang luas, menciptakan air terjun yang didukung oleh waduk dan bendungan yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik bagi massa.

Bendungan Eguzon di Prancis Tengah adalah salah satu stasiun utama yang menghasilkan persentase substansial dari total output. Bendungan itu mengambil airnya dari Sungai Creuse, dan tingginya sekitar 61 meter.

5. Energi Angin
sumber daya alam Prancis
Pada 2015, Prancis adalah negara dengan tenaga angin terbesar ke-8 di dunia yang menghasilkan total 10,38 MW listrik. Luasnya wilayah daratan di Prancis dan sifat lanskapnya telah memberi Prancis potensi besar untuk memaksimalkan produksi energi angin yang akan mengurangi dampak energi nuklir dan hidroelektrik.

Perkiraan proyeksi di masa depan menunjukkan bahwa Prancis akan dapat menghasilkan 26.000 MW pada tahun 2023.

6. Bauksit
Bauksit pertama kali ditemukan di Prancis pada tahun 1821 di wilayah Brignoles di distrik pertambangan Foix. Yang aneh tentang tambang bauksit khusus ini adalah bahwa tidak banyak yang terjadi sejak penemuan, meskipun daerah tersebut telah menjalani pemeliharaan rutin tanpa ekstraksi besar-besaran bauksit itu sendiri sehingga sebagian besar deposit tidak tersentuh.

Ketidakmampuan operasi penambangan besar-besaran diakibatkan karena mereka menganggap deposit bauksit terlalu kecil untuk membenarkan setiap tindakan ekstraksi yang signifikan.

7. Bijih Besi
Lorraine telah menjadi sumber utama bijih besi di Prancis di mana deposit besar sumber daya alam yang berharga bersama batubara bertanggung jawab atas pertumbuhan populasi yang cepat selama revolusi industri.

Untuk sementara waktu, Lorraine adalah rumah bagi industri baja yang bergantung pada bijih besi, karena simpanannya semakin menipis dari waktu ke waktu dan ketika persaingan dari negara lain menjadi kaku, sebagian besar industri ini tutup.

Pemerintah saat ini berusaha untuk menghidupkan kembali Lorraine kembali ke kejayaannya dengan hasil yang beragam. Banyak penduduk yang tersisa beralih ke pertanian.

8. Energi Termal dan Solar
Ketika dunia bergerak menuju pengurangan ketergantungan pada energi nuklir dan gas alam, sumber energi ramah lingkungan lainnya telah dieksplorasi di seluruh dunia. Pada 2016 Prancis meresmikan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama mereka di Marseille dengan tujuan memberikan alternatif energi angin.

Tenaga surya secara aktif terlibat di Prancis dengan total output sekitar 7.165 MW yang diproduksi pada 2016 saja. Lokasi strategis Prancis memungkinkannya untuk menerima berjam-jam sinar matahari langsung sehingga negara ini menjadikan energi matahari sebagai pilihan yang layak.

9. Sumber Daya Lainnya
Ada sumber daya alam besar dan kecil lainnya yang diandalkan Prancis untuk perdagangan dan kegiatan sehari-hari negara itu. Mineral seperti Potash ditambang di Alsace sementara natrium klorida diekstraksi dari tambang Lorraine dan bagian dari Franche-Comte. Belerang juga merupakan sumber daya lain yang ditemukan dalam simpanan gas alam terbatas di Aquitaine.

Ketika berbicara tentang minyak bumi, Prancis sangat bergantung pada impor tetapi telah mendirikan kilang di seluruh negeri. Cadangan minyak mentah di Prancis sangat sedikit dan tersebar untuk mendukung proyek ekstraksi skala besar.
Komentar