Apa Sumber Daya Alam Utama Perancis?

Perancis adalah salah satu negara dengan ekonomi paling kuat di dunia, yaitu berada di peringkat keenam setelah Inggris, Jerman, Jepang, Cina, dan Amerika Serikat. Perdagangan dan pertanian sebagai penyumbang pendapatan terbesar di negara ini. Prancis memiliki lahan subur yang luas untuk mendukung semua jenis kegiatan pertanian yang berkisar dari tanaman pangan hingga produksi kayu.

Namun, ketika menyangkut sumber daya alam, Perancis secara mengejutkan hanya memiliki cadangan yang terbatas jumlahnya. Banyak mineral alami yang melimpah di negara tersebut telah habis karena di eksploitasi selama revolusi industri yang memainkan peran besar dalam mengubah Perancis menjadi seperti sekarang ini. Beberapa sumber daya alam yang masih dapat ditemukan di Perancis seperti penjelasan dibawah ini.

Batu Bara

Batubara adalah sumber daya penting yang memainkan peran penting dalam gelombang revolusi industri yang melanda negara-negara Eropa termasuk Perancis. Kembali pada tahun 1800-an, Prancis memiliki cadangan batubara tua yang telah habis karena penggunaan yang berlebihan. Kualitas bijih rendah dan tidak dapat bersaing dengan batubara dari negara lain. Sebagian besar digunakan di dalam negeri sebagai gantinya.

Ketika dunia berubah dan sumber-sumber energi baru ditemukan, penambangan batu bara di Prancis berkurang secara drastis hingga dihentikan pada tahun 2004. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk melestarikan lingkungan dengan beralih ke sumber energi yang ramah lingkungan. Presiden Prancis saat ini telah berjanji untuk menutup semua kegiatan penambangan batubara di Prancis pada tahun 2021.

Gas Alam

Gas alam pertama kali ditemukan di wilayah barat daya Perancis bernama Lacq pada tahun 1957 di mana diperkirakan sekitar 8,8 triliun kaki kubik gas alam terperangkap di bawah tanah dan siap untuk diekstraksi. Produksi dimulai pada tahun 1958 tetapi menurun pada tahun 1978 setelah menipisnya cadangan. Pada akhir milenium, produksi gas alam diabaikan dan terlalu kecil untuk mendukung kebutuhan negara memaksa Perancis beralih ke impor.

Uranium

Endapan uranium terletak di Massif Central yang pada suatu waktu memiliki cadangan bijih uranium yang diperkirakan mencapai 50.000 ton. Perancis, bagaimanapun, memiliki permintaan energi yang sangat tinggi dan deposit uranium tidak dapat dipenuhi, pada kenyataannya penambangan uranium di Perancis berakhir pada tahun 2001 yang memaksa negara tersebut untuk beralih ke impor uranium untuk menutupi lebih dari setengah dari konsumsi energi tahunan dengan Niger menjadi salah satu sumber uranium utamanya. Ada lebih dari 59 pembangkit nuklir aktif pada 2010 dengan semuanya berkontribusi sekitar 94,6% dari seluruh listrik primer yang digunakan di rumah-rumah dan pabrik-pabrik di seluruh negeri.

Energi PLTA

Sebanyak tenaga nuklir sangat penting di Perancis, energi hidro-listrik adalah sumber energi terbarukan yang paling penting di Perancis yang mencakup sekitar 19,7% kapasitas terpasang di Perancis; ia menempati urutan kedua setelah energi nuklir. Perancis memiliki banyak sungai yang mengalir melalui bentang alamnya yang luas, menciptakan air terjun yang didukung oleh waduk dan bendungan yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik bagi massa.

Bendungan Eguzon di Perancis Tengah adalah salah satu stasiun utama yang menghasilkan persentase substansial dari total output. Bendungan itu mengambil airnya dari Sungai Creuse, dan tingginya sekitar 61 meter.

Energi Angin

sumber daya alam perancis
Pada 2015, Prancis adalah negara dengan tenaga angin terbesar ke-8 di dunia yang menghasilkan total 10,38 MW listrik. Luasnya wilayah daratan di Perancis dan sifat lanskapnya telah memberi Perancis potensi besar untuk memaksimalkan produksi energi angin yang akan mengurangi dampak energi nuklir dan hidroelektrik. Perkiraan proyeksi di masa depan menunjukkan bahwa Prancis akan dapat menghasilkan 26.000 MW pada tahun 2023.

Bauksit

Bauksit pertama kali ditemukan di Perancis pada tahun 1821 di wilayah Brignoles di distrik pertambangan Foix. Yang aneh tentang tambang bauksit khusus ini adalah bahwa tidak banyak yang terjadi sejak penemuan, meskipun daerah tersebut telah menjalani pemeliharaan rutin tanpa ekstraksi besar-besaran bauksit itu sendiri sehingga sebagian besar deposit tidak tersentuh. Ini telah dikaitkan dengan ketidakmampuan operasi penambangan besar-besaran karena mereka yang terlibat menganggap deposit bauksit terlalu kecil untuk membenarkan setiap tindakan ekstraksi yang signifikan.

Bijih Besi

Lorraine telah menjadi sumber utama bijih besi di Perancis di mana deposit besar sumber daya alam yang berharga bersama batubara bertanggung jawab atas pertumbuhan populasi yang cepat selama revolusi industri. Untuk sementara waktu, Lorraine adalah rumah bagi industri baja yang bergantung pada bijih besi, karena simpanannya semakin menipis dari waktu ke waktu dan ketika persaingan dari negara lain menjadi kaku, sebagian besar industri ini tutup. Pemerintah saat ini berusaha untuk menghidupkan kembali Lorraine kembali ke kejayaannya dengan hasil yang beragam. Banyak penduduk yang tersisa beralih ke pertanian.

Energi Termal dan Solar

Ketika dunia bergerak menuju pengurangan ketergantungan pada energi nuklir dan gas alam, sumber energi ramah lingkungan lainnya telah dieksplorasi di seluruh dunia. Pada 2016 Perancis meresmikan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama mereka di Marseille dengan tujuan memberikan alternatif energi angin.

Tenaga surya secara aktif terlibat di Perancis dengan total output sekitar 7.165 MW yang diproduksi pada 2016 saja. Lokasi strategis Perancis memungkinkannya untuk menerima berjam-jam sinar matahari langsung sehingga negara ini menjadikan energi matahari sebagai pilihan yang layak.

Sumber Daya Lainnya

Ada sumber daya alam besar dan kecil lainnya yang diandalkan Prancis untuk perdagangan dan kegiatan sehari-hari negara itu. Mineral seperti Potash ditambang di Alsace sementara natrium klorida diekstraksi dari tambang Lorraine dan bagian dari Franche-Comte. Belerang juga merupakan sumber daya lain yang ditemukan dalam simpanan gas alam terbatas di Aquitaine.

Ketika berbicara tentang minyak bumi, Perancis sangat bergantung pada impor tetapi telah mendirikan kilang di seluruh negeri. Cadangan minyak mentah di Prancis sangat sedikit dan tersebar untuk mendukung proyek ekstraksi skala besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel