Lapisan Ozon : Pengertian – Letak – Fungsi – Penyebab dan Dampak Penipisannya

lapisan ozon pelindung bumi

Pengertian Lapisan Ozon

Bumi adalah satu-satunya planet yang bisa ditinggali diantara beragam planet yang ada di tata surya. Hal ini karena bumi dilapisi oleh berbagai lapisan yang menjamin agar makhluk hidup di dalamnya tidak terkena ancaman yang berasal dari angkasa luar. Salah satu lapisan yang memiliki peran penting itu adalah lapisan ozon. Untuk mengetahui lebih jelas tentang lapisan ozon, di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Untuk mempelajari tentang lapisan ozon yang memiliki peran penting bagi bumi ini, pertama-tama yang harus dipahami adalah pengertian dari ozon itu sendiri. Ozon adalah salah satu gas yang terdapat di lapisan atmosfer bumi. Dengan begitu dapat disimpulkan jika lapisan ozon adalah lapisan atmosfer bumi yang banyak mengandung ozon.

Gas Ozon yang ada pada lapisan ozon pada dasarnya merupakan bentuk lain dari gas Oksigen namun memiliki sifat yang lebih aktif. Ozon ini terdiri dari oksigen dengan jumlah 3 macam sehingga gas ini memiliki lambang O3.

Meskipun merupakan bentuk lain dari gas Oksigen, namun Ozon memiliki bentuk yang berbeda dengan gas Oksigen yang banyak digunakan untuk bernapas. Berbeda dengan Oksigen yang tidak memiliki bentuk maupun warna serta tidak berbau, maka Ozon yang ditemui di lapisan Ozon bumi berwarna biru dengan bau yang menyengat.

Fungsi Lapisan Ozon

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gas Ozon banyak terdapat di lapisan atmosfer bumi dengan fungsi yang sangat penting untuk bumi. Sementara itu yang dimaksud dengan atmosfer adalah lapisan terluar bumi yang terbentuk dari gas-gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Atmosfer terdiri dari banyak lapisan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda salah satunya adalah lapisan ozon ini.

Sebagai salah satu lapisan atmosfer bumi, lapisan ozon ini tentu memiliki fungsi dan manfaat yang penting untuk melindungi bumi. Salah satu fungsinya adalah sebagai pelindung bumi dari paparan radiasi sinar Ultra Violet. Sinar ini adalah sinar yang berasal dari matahari.

Sinar Ultra Violet adalah sinar yang sangat berbaya bagi makhluk hidup yang tinggal di bumi. Tanpa adanya lapisan ozon ini, tentu saja makhluk hidup yang ada di bumi akan terpapar radiasi sinar UV secara langsung. Jika makhluk hidup terlalu lama dan banyak terpapar sinar UV ini, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker kulit dan gangguan kesehatan lainnya.

Tidak hanya manusia, dampak dari paparan radiasi sinar UV juga bisa terjadi pada tanaman. Jika terpapar sinar UV, tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan baik, bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali. Selain itu, jikapun tanaman itu bisa tumbuh, maka tanaman itu tidak akan bisa dikonsumsi karena di dalamnya sudah mengandung racun. Maka dari itulah fungsi dari lapisan ozon ini begitu dibutuhkan.

Dengan adanya lapisan ozon, bumi akan terlindung dari paparan radiasi sinar UV tersebut. Inilah yang menjadi manfaat lapisan ozon yang utama. Dengan adanya lapisan ini, sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari bisa sedikit diserap sehingga kapasitasnya paparan yang masuk ke bumi tidak terlalu banyak.

Letak Lapisan Ozon

letak lapisan ozon
Sudah dijelaskan sebelumnya jika ozon banyak terdapat di lapisan atmosfer bumi. Lapisan pelindung bumi ini terbentuk dari beragam jenis gas, salah satunya adalah Ozon (O3). Sayangnya Ozon tidak terdapat pada semua lapisan atmosfer bumi.

Lapisan Atmosfer bumi sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang dibagi berdasarkan ketinggian dan masing-masing perannya bagi bumi. Lalu, dimanakah letak lapisan ozon yang berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar UV ini berada? Untuk memahami letaknya, Anda bisa mencari gambar lapisan ozon yang tersebar di Atmosfer bumi.

Ada dua lapisan Atmosfer yang banyak mengandung gas Ozon di dalamnya. Dua lapisan Atmosfer yang banyak terdapat Lapisan Ozon di dalamnya adalah lapisan Stratosfer dan Troposfer. Sayangnya kadarnya berbeda pada setiap lapisan.

Lapisan ozon terdapat pada lapisan Troposfer memiliki kadar yang lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan ozon pada lapisan Stratosfer. Pada lapisan Troposfer, kandungannya hanya mencapai 10%. Selanjutnya, 90% kandungan gas Ozon terdapat pada lapisan Stratosfer.

Penyebab Menipisnya Lapisan Ozon

Saat ini jika berbicara tentang lapisan Ozon, maka topik yang diangkat pasti tidak jauh-jauh dari isu penipisan lapisan Ozon. Hal ini tentu meresahkan mengingat fungsi dari lapisan ini begitu penting untuk melindungi bumi dan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Semakin lama, lapisan Ozon yang melindungi bumi terus mengalami penipisan bahkan kerusakan yang akhirnya membuatnya tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Penipisan lapisan yang berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar UV ini pada dasarnya adalah karena meningkatnya gas-gas yang bisa merusak gas Ozon tersebut.

Tentu saja gas-gas yang merusak lapisan ozon itu tidak datang dengan sendirinya. Kebanyakan, gas-gas ini timbul justru karena aktivitas manusia sendiri. Apa sajakah aktivitas yang bisa merusak lapisan pelindung bumi satu ini, berikut ini adalah beberapa contoh perilaku tersebut:
1. Meningkatnya Penggunaan Kendaraan Bermotor
Salah satu hal yang diklaim menyebabkan penipisan lapisan ozon ini adalah semakin banyaknya produksi asap oleh kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor ini banyak mengandung gas-gas yang merusak ozon yang ada di Atmosfer, seperti gas Karbon.

2. Penebangan Hutan Hingga menjadi Gundul
Kegiatan lain yang tidak hanya menimbulkan kerusakan lingkungan namun juga menyebabkan penipisan lapisan ozon adalah penggundulan hutan. Jika hutan terus digunduli, tidak akan ada pohon-pohon yang berperan dalam mengendalikan jumlah Karbon yang terus meningkat. Tidak hanya itu, berkurangnya jumlah pohon di bumi juga akan mengakibatkan suhu bumi terus meningkat sehingga lapisan pelindung bumi juga akan terus menipis.

3. Meningkatnya Penggunaan AC dan Hair dryer
Siapa sangka jika hal sepele seperti penggunaan AC dan hairdryer juga bisa menjadi penyebab rusaknya lapisan ozon. Kedua benda ini banyak mengandung gas CFC. Jika terlalu sering digunakan, gas ini akan meningkatkan suhu bumi serta membuat lapisan pelindung bumi seperti ozon semakin menipis.

Dampak Penipisan Lapisan Ozon

Menipisnya ozon yang menjadi lapisan pelindung bumi karena kegiatan-kegiatan manusia ini akhirnya juga memberi dampak yang juga dirasakan oleh manusia sendiri. Beberapa dampak menipisnya lapisan ozon bumi itu antara lain sebagai berikut:
1. Mencairnya Es di Kutub
Penipisan lapisan ozon di bumi mengakibatkan cahaya matahari yang begitu panas tidak diserap terlebih dahulu sebelum mencapai bumi. Suhunya yang begitu tinggi bahkan bisa menyebabkan es di kutub mencair yang juga membawa dampak lain bagi lingkungan. Dampak lain itu antara lain terjadinya bencana banjir hingga tenggelamnya pulau-pulau kecil.

2. Terganggunya Ekosistem di Bumi
Semua makhluk hidup di bumi sangat menggantungkan kehidupan dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dalam jumlah sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Namun dalam jumlah berlebih justru bisa mengganggu proses fotosintesis, menghambat pertumbuhan tanaman bahkan mempengaruhi reproduksi yang pastinya berpengaruh pada ekosistem di bumi.

3. Munculnya Banyak Penyakit Mematikan
Dampak terakhir dari menipisnya lapisan ozon bumi adalah banyaknya penyakit mematikan yang diderita oleh makhluk di bumi. Salah satunya adalah penyakit kanker kulit yang disebabkan karena kulit terlalu banyak terpapar sinar UV.

Ozon adalah gas yang sangat dibutuhkan sebagai perisai yang melindungi bumi dari bahaya yang berasal dari luar angkasa. Gas ini banyak terdapat di beberapa lapisan Atmosfer bumi. Dengan adanya lapisan ozon ini, bumi dan makhluk hidup di dalamnya akan terhindar dari bahaya-bahaya tersebut.

Sayangnya, semakin lama lapisan ozon yang melindungi bumi ini pun semakin menipis karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu saat ini juga banyak kegiatan dan cara mengatasi penipisan lapisan ozon yang dilakukan oleh banyak orang. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan manusia bisa lebih bijak dalam menjaga buminya.

Posting Komentar