Letak Selat Sunda dan Karakteristiknya

Selat Sunda - Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam baik hayati maupun non hayati. Hal ini tidak lepas dari letak Indonesia yang sangat strategis ditambah dengan kenampakan alamnya yang beragam yang membuatnya dikaruniai sumber daya alam yang luar biasa melimpah (lihat: pengertian sumber daya alam). Ada wilayah daratan yang dilengkapi dengan gunung, barisan pegunungan maupun juga perbukitan. Ada kawasan air yang terdiri dari danau, waduk dan sungai yang mengalir ke laut. Salah satu yang menjadi ciri khas kenampakan alam di Indonesia adalah adanya laut yang mengelilingi Indonesia serta adanya selat yang menghubungkan antara satu pulau dengan pulau lainnya.

Nah, berhubungan dengan selat, di Indonesia sendiri ada salah satu selat yang letaknya sangat strategis dan merupakan penghubung antara 2 pulau besar di Indonesia. Selat tersebut diberi nama Selat Sunda. Lalu dimanakah letak selat tersebut dan apa saja ciri khasnya? berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang letak Selat Sunda dan Karakteristiknya.

Letak dan Batas Wilayah Selat Sunda

Selat adalah kenampakan alam berupa laut sempit yang memisahkan dua pulau. Di Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau, tentu juga banyak terdapat selat yang menghubungkannya. Salah satunya adalah Selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya selat adalah kawasan perairan sempit yang menghubungkan dua pulau. Selat Sunda ini sendiri adalah kawasan laut sempit yang menjadi pemisah antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Selain Pulau Jawa dan Sumatera, di sekitar Selat Sunda ini juga dikelilingi oleh pulau kecil seperti Pulau Anak Karakatau, Pulau Sebuku Kecil, dan beberapa pulau kecil lainnya.

letak selat sunda
Sumber: https://maps.google.com

Secara geografis letak Selat Sunda berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, yang mana di wilayah Barat Selat Sunda berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Banten. Sedangkan di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa dan sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Karakteristik Khas Selat Sunda

Seperti kenampakan alam lain yang bisa ditemukan di Indonesia, selat Sunda juga memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis perairan lain yang ada di bumi. Bahkan karakteristik ini juga membedakan antara Selat Sunda dengan selat-selat lain yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya.

1. Memiliki Titik Tersempit Seluas 30 km
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berdasarkan letaknya selat Sunda menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, selain itu Selat Sunda juga menghubungkan antara Laut Jawa yang berada di sebelah utara dengan Samudra Hindia di sebelah selatan.

Meskipun disebut sebagai laut sempit namun sebenarnya selat ini tidak terlalu sempit. Yang lebih unik lagi, selat Sunda ini memiliki titik tersempit yang hanya seluas 30 km.

2. Terdapat Banyak Pulau Kecil yang Memiliki Gunung Vulkanik Aktif
Karakteristik selanjutnya yang hanya bisa ditemukan di Selat Sunda adalah bahwa selat ini dikelilingi oleh banyak sekali pulau-pulau kecil. Seperti pulau Sangiang, Pulau Tiga, Pulau Tempurung, Pulau Sebuku Kecil, Pulau Anak Krakatau dan pulau-pulau kecil lainnya.

Diantara pulau-pulau kecil tersebut bahkan memiliki gunung vulkanik yang masih aktif yaitu Gunung Anak Krakatau yang berada di Pulau Anak Karakatau. Karena karakteristiknya inilah yang membuat Selat Sunda menjadi selat yang cukup menakutkan di dunia.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang karakteristik Selat Sunda mulai dari letaknya, batas wilayah serta ciri khas yang membedakannya dengan selat-selat lain. Dengan mengetahui karakteristik kenampakan alam tertentu yang ada di Indonesia akan memberikan wawasan lebih kepada Anda sebagai warga Indonesia. Dengan begitu Anda bisa tahu betapa kaya alam dan geografis Indonesia sehingga kita juga harus turut menjaganya.

Letak Selat Sunda dan Karakteristiknya