Letak Selat Malaka dan Karakteristiknya

Karakteristik Selat Malaka - Selat merupakan salah satu kenampakan alam di bumi yang cukup potensial. Selat adalah sebuah wilayah laut yang berukuran cukup sempit dimana laut sempit inilah yang memisahkan antara dua pulau. Di Indonesia ada beberapa jenis selat yang cukup terkenal seperti Selat Sunda, yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Ada juga selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali dan beberapa jenis selat lainnya.

Tidak hanya menghubungkan antara satu pulau dengan pulau lain di Indonesia, beberapa selat juga memisahkan antara satu negara dengan negara lain, seperti contohnya Selat Malaka. Berikut ini akan dijelaskan tentang letak Selat Malaka dan karakteristiknya yang membedakannya dengan selat atau wilayah perairan lain.

Letak Selat Malaka Secara Geografis dan Astronomis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selat adalah laut sempit yang memisahkan antara dua pulau. Selat Malaka ini adalah selat yang berada di kawasan Asia Tenggara tepatnya selat yang memisahkan antara Semenanjung Malaysia dan Indonesia.

1. Letak Geografis Selat Malaka
Selat Malaka secara geografis terletak diantara Semenanjung Malaysia yang terdiri dari negara Malaysia, Thailand, Singapura dan Negara Indonesia. Sedangkan secara astronomis, Selat Malaka ini terletak pada garis 95° BT dan 103° BT. Dari letak ini, selat Malaka ini terkenal sebagai lokasi strategis terutama untuk jalur perdagangan dan transportasi dunia.

2. Batas-Batas Selat Malaka
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Selat Malaka ini memisahkan antara kawasan semenanjung Malaysia dengan negara Indonesia. Secara langsung maupun tidak langsung selat Malaka ini pasti berbatasan dengan beberapa wilayah dari kedua negara tersebut, yakni. Di bagian utara berbatasan dengan wilayah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Sebelah selatan dan berbatasan dengan Provinsi Riau bagian Utara sedangkan di bagian Timur berbatasan dengan wilayah negara Malaysia dan Singapura.

Karakteristiknya Sosial Selat Malaka

Sebagai sebuah laut sempit yang memisahkan dua buah daratan, Selat Malaka memiliki karakteristik khusus yang khas yang membedakannya dengan selat-selat lain, termasuk di dalamnya adalah peran selat Malaka ini dalam lalu lintas transportasi dan perdagangan dunia. Berikut ini adalah letak Selat Malaka dan karakteristiknya.

1. Merupakan Jalur Perdagangan Internasional
Meskipun hanya merupakan sebuah laut sempit, ternyata Selat Malaka menjadi jalur perdagangan dunia yang memiliki peran sangat penting. Hal ini karena Selat Malaka inilah yang menjadi jalur perdagangan utama antara negara-negara besar di dunia, yaitu Indonesia, India dan Republik Rakyat Tiongkok. Karena lokasinya yang sangat strategis inilah Selat Malaka menjadi selat yang selalu ramai oleh kapal pedagang.

letak strategis selat malaka

2. Menjadi Pusat Isu-Isu Ekonomi Dunia
Selat Malaka yang terkenal sebagai jalur penting dalam perdagangan dunia ini juga kerap menjadi penyebab timbulnya isu-isu dunia. Mulai dari isu perebutan hak hingga isu perompakan dan lain sebagainya. Meskipun selat malaka ini menjadi bagian perairan dari tiga negara namun kebanyakan isu yang timbul tersebut berhasil diatasi justru oleh Indonesia.

Selat Malaka mungkin bukan lagi wilayah laut yang asing bagi masyarakat Indonesia. Selat ini menjadi salah satu jalur perdagangan laut paling penting karena menghubungkan negara-negara besar dunia. Fakta lain yang menarik dari Selat Malaka ini adalah pentingnya peran dan fungsi selat ini sebenarnya sudah dimulai sejak jaman kerajaan Sriwijaya. Karena kesuksesan kerajaan inilah yang kemudian membuat Selat Malaka memiliki peran penting dalam perdagangan Internasional. Demikian tadi penjelasan tentang letak Selat Malaka dan karakteristiknya.

Letak Selat Malaka dan Karakteristiknya