Apa itu Hujan Orografis ? Pengertian, Manfaat dan Proses Terjadinya

Hujan Orografis - Hujan yang terjadi di Indonesia dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis hujan yang ada di Indonesia adalah hujan orografis. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu hujan orografis berikut pengertian lengkapnya.

Hujan orografis adalah hujan yang seringkali terjadi di wilayah atau daerah pegunungan. Proses terjadinya hujan ini biasanya diakibatkan karena naiknya udara yang mengandung uap air yang berasal dari kaki gunung atau lembah menuju ke atas gunung, sehingga nantinya akan menyebabkan hujan di bagian atas gunung tersebut. Hujan orografis hanya terjadi di daerah pegunungan, tidak di tempat lainnya.

Proses dan Tahapan Terjadinya Hujan Orografis

1. Awalnya, di daerah pegunungan terdapat lembah yang karena perbedaan massa udara disana maka udara akan mengandung uap air tinggi. Uap air tersebut kemudian akan bergerak karena pengaruh angin.

2. Kandungan uap air tersebut kemudian bergerak ke arah atas pegunungan. Angin yang membawa uap air tersebut biasa disebut dengan angin fohn. Angin fohn memiliki karakteristik sebagai angin kering. Wilayah tempat adanya angin fohn tersebut biasanya dinamakan sebagai wilayah bayangan hujan.

hujan orografis

3. Angin fohn yang membawa uap air tersebut terus bergerak ke atas di sekitar wilayah pegunungan dan semakin tinggi. Tingginya uap air yang dibawa tersebut berpengaruh terhadap pengembunan atau kondensasi di daerah puncak pegunungan. Hal tersebut dikarenakan karena semakin berada di puncak, maka hawa udara juga semakin dingin.

4. Akibat adanya pengembunan uap air atau kondensasi, awan yang berada di sekitar atas gunung tersebut menjadi semakin hitam atau mendung. Awan hitam tersebut memiliki kandungan air atau titik-titik air yang cukup banyak sehingga sewaktu-waktu bisa terlepas ke permukaan bumi.

5. Setelah titik-titik air tersebut tertampung cukup lama, awan tidak akan bisa menopang lebih banyak lagi sehingga terjadilah hujan orografis yang berada di daerah pegunungan.

Manfaat Hujan Orografis di Wilayah Pegunungan

Jika Anda sudah mengetahui apa itu hujan orografis, berikut ini beberapa manfaat hujan orografis bagi lingkungan pegunungan. Walaupun sebenarnya ada manfaat lain bagi makhluk hidup lainnya, tapi Anda juga perlu untuk mengetahui manfaat bagi wilayah pegunungan itu sendiri.

1. Cadangan Air Bersih Bertambah
Manfaat hujan orografis bagi lingkungan pegunungan adalah bertambahnya cadangan air bersih di sekitar pegunungan. Hal tersebut dikarenakan air hujan orografis tersebut akan menyerap masuk ke dalam tanah di sekitar pegunungan. Infiltrasi air ke dalam tanah tersebut akan membentuk air tanah dan dapat dimanfaatkan sebagai cadangan air bersih.

2. Suhu Udara di Pegunungan Menjadi Segar
Jika daerah pegunungan terlalu tandus dan kering, maka suhu udara yang ada di sekitarnya juga akan panas dan kering. Apalagi jika terjadi proses penguapan, pasti suhu udara akan sangat panas. maka dari itu, adanya hujan orografis di daerah pegunungan sangat membantu dalam menjaga suhu udara di pegunungan untuk tetap segar. Air hujan orografis akan membantu mengurangi penguapan.

3. Tanaman Tumbuh Subur
Turunnya hujan orografis juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi tanaman yang tumbuh di sekitar pegunungan. Tanaman yang ada di pegunungan akan tumbuh subur dan tidak kekeringan.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan apa itu hujan orografis, kronologi terjadinya, dan manfaat yang ditimbulkan oleh hujan tersebut. Namun, semua kelebihan tersebut terjadi jika volume air hujan yang turun ke permukaan bumi normal. Namun jika berlebihan juga akan menimbulkan dampak negatif seperti banjir, merusak tanaman, merusak habitat hewan, dan masih banyak lagi.

Apa itu Hujan Orografis ? Pengertian, Manfaat dan Proses Terjadinya