Apa itu Hujan Frontal ? Pengertian, Manfaat dan Proses Terjadinya

Hujan Frontal - Salah satu fenomena alam yang sering Anda rasakan adalah turunnya hujan. Hujan biasanya terjadi di waktu-waktu tertentu sesuai dengan keadaan dan letak wilayah di suatu daerah. Namun, ternyata hujan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, namun ada banyak jenis hujan yang bisa dipelajari. Salah satunya adalah hujan frontal.

Lalu sebenarnya apa itu hujan frontal? Hujan frontal adalah hujan yang terjadi karena adanya pertemuan 2 massa udara yang berbeda, yaitu massa udara panas dan massa udara dingin. Perbedaan massa tersebut menyebabkan pendinginan mendadak sehingga terjadilah hujan frontal.

Proses dan Tahapan Terjadinya Hujan Frontal

1. Adanya Massa Udara Panas dengan Suhu Udara yang Tinggi
Terjadinya hujan frontal biasanya ditandai dengan adanya massa udara panas dengan suhu udara yang tinggi. Massa udara panas dan suhu udara yang tinggi ini biasanya sering terjadi di daerah rendah, seperti dataran rendah dan pantai.

2. Adanya Massa Udara Dingin dengan Suhu Udara yang Rendah
Selain adanya massa udara panas dan suhu udara yang tinggi, terjadinya hujan jenis ini juga bisa disebabkan karena adanya massa udara dingin dengan suhu udara yang rendah. Keadaan udara seperti itu biasanya banyak dirasakan di daerah dataran tinggi yaitu dataran di atas pegunungan, perbukitan, dan masih banyak lagi.

3. Pertemuan Diantara Kedua Massa dan Suhu
Dari kedua perbedaan jenis dan massa udara tersebut akhirnya bertemu. Namun massa udara dingin dengan suhu udara yang rendah lebih berat jika dibandingkan dengan massa udara panas dengan suhu udara yang tinggi.

hujan frontal

4. Uap Air Jatuh Menjadi Hujan
Karena massa udara dingin dengan suhu udara yang rendah lebih berat, hal tersebut menyebabkan pendinginan. Proses pendinginan itu membuat banyak titik-titik air yang membentuk sebuah awan. Awan tersebut terus terdorong hingga ke permukaan bumi sehingga terjadilah hujan frontal di sana.

Manfaat Hujan Frontal

Setelah mengetahui apa itu hujan frontal, Anda juga akan mengetahui beberapa manfaat yang bisa dirasakan akibat adanya hujan tersebut. Tidak semua hujan akan mendatangkan dampak yang buruk atau negatif. Manfaat hujan (positif) dapat dirasakan oleh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Berikut ini beberapa manfaat hujan frontal bagi lingkungan sekitar yang bersifat positif:

1. Pelepasan Kondensasi Karena Pendinginan Mendadak
Anda sudah mengerti bahwa hujan frontal terjadi karena adanya dua jenis dan massa udara berbeda saling bertemu. Pertemuan mengakibatkan pendinginan mendadak dan terjadilah hujan frontal. Hal tersebut sangat bagus, karena jika kondensasi tersebut terus menumpuk akan mengakibatkan adanya awan hitam sehingga cuacanya cukup berbahaya.

2. Tanaman Subur di Daerah Front
Hujan frontal dapat membuat tanaman subur, terutama tanaman yang berada di daerah front (lihat pada gambar di atas posisi dari hujan frontal). Hujan di daerah tersebut membuat tanaman memiliki pasokan air yang cukup sehingga bisa tumbuh subur dan berkembang dengan baik.

3. Dapat Mengurangi Polusi Udara
Adanya hujan frontal juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi polusi udara. Hal tersebut karena air yang berasal dari hujan frontal dapat membersihkan zat yang tidak penting sehingga bisa mengurangi polusi udara yang terjadi di daerah front. Walaupun hanya berkurang sedikit, setidaknya dengan adanya hujan frontal bisa meminimalisir adanya pencemaran udara sehingga udara di sekitar front akan tetap sejuk dan bersih.

Itulah beberapa hal tentang apa itu hujan frontal, proses terjadinya, hingga manfaat dari hujan frontal. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang belum ditulis. Maka dari itu, Anda tidak boleh sering mengeluh jika terjadi hujan, karena hujan sendiri bisa mendatangkan hal yang baik untuk dirasakan.

Apa itu Hujan Frontal ? Pengertian, Manfaat dan Proses Terjadinya