Dalil Teori Evolusi Lamarck

Apa itu Teori Lamarck? - Berbicara tentang teori evolusi, seorang ahli yang identik dengan teori ini adalah Charles Darwin. Namun, Anda juga harus tahu ada tokoh lain yang juga menciptakan teori evolusi sebelum Darwin mengungkapkan teorinya. Dialah Jean Baptiste de Lamarck.

Lihat juga: Teori Terbentuknya Alam Semesta

Dalam teori yang dikemukakannya, disebutkan jika semua makhluk hidup mengalami evolusi sebagai respon atau sebagai akibat terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Contoh terkenal dari teori evolusi yang dikemukakan oleh Lamarck ini adalah Jerapah. Bagaimana dalil teorinya, contoh beserta penjelasan, serta fakta-fakta apa saja yang bisa dibuktikan dari teori ini? Berikut penjelasannya.

Teori Lamarck Sebagai Bentuk Adaptasi Makhluk Hidup

Jauh sebelum Darwin mengemukakan teori evolusi yang menyatakan bahwa manusia berasal dari kera, Lamarck sudah lebih dulu mengemukakan pendapat tentang evolusi atau perubahan pada makhluk hidup yang merupakan akibat dari adanya perubahan lingkungan. Bisa dibilang, makhluk hidup melakukan evolusi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.

Berdasarkan teori evolusi yang dikemukakannya, Lamarck juga menunjukkan contoh evolusi yang dilakukan makhluk hidup sebagai akibat dari perubahan lingkungannya. Berikut beberapa contohnya.

1. Leher Jerapah Panjang karena Makanannya Di Atas Pohon
Contoh paling terkenal dari teori ini adalah tentang evolusi jerapah. Lamarck berpendapat jika pada jaman dahulu jerapah hanya ada satu jenis dan memiliki leher pendek. Namun karena makanannya tinggi, mau tidak mau jerapah berevolusi dengan menguatkan otot lehernya agar bisa menjangkau makanannya. Karena itulah lehernya menjadi panjang.

teori lamarck

2. Rusa Memiliki Kaki yang Kuat agar Terhindar dari Serangan Predator
Contoh selanjutnya adalah bahwa rusa memiliki tulang kaki yang kuat serta bisa berlari dengan lincah karena bertujuan untuk menghindari kejaran predator.

Lihat juga: Teori Nebula

Dengan beberapa contoh tersebut, bisa dikatakan teori ini adalah bentuk adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup terhadap perubahan kondisi lingkungan atau keadaan lingkungan sekitarnya. Evolusi yang dimaksud adalah terjadinya adaptasi tersebut.

Fakta yang Dibuktikan Oleh Teori Lamarck

Berdasarkan contoh dan penjelasan yang diberikannya, setidaknya teori evolusi Lamarck ini membuktikan beberapa fakta penting seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Penemuan Fosil Makhluk Hidup Jaman Dulu berbeda dengan Saat ini
Berdasarkan teori yang dijelaskan Lamarck, bisa dijelaskan dengan penemuan Fosil makhluk hidup yang justru menguatkan teorinya. Penemuan tersebut adalah bahwa makhluk hidup yang hidup di jaman lalu berbeda dengan makhluk hidup yang hidup saat ini.

2. Menjelaskan Adaptasi pada Makhluk Hidup
Berdasarkan teori yang dikemukakan Lamarck ini jugalah dapat dijelaskan mengapa makhluk hidup memiliki sistem adaptasi yang baik, yaitu sebagai akibat terhadap perubahan lingkungan sekitarnya. Gagasan teori ini juga menjelaskan bagaimana makhluk hidup beradaptasi dengan caranya masing-masing.

Lihat juga: Teori Thomson

3. Mekanisme Evolusi Use dan Disuse
Pengembangan teori ini juga menghasilkan mekanisme use and disuse. Maksudnya, makhluk hidup akan mengembangkan organ yang digunakan ataupun tidak digunakan sebagai ciri khusus. Yaitu, organ akan terus berkembang karena semakin sering digunakan. Sebaliknya, akan menghilang jika tidak pernah digunakan.

Hal ini kemudian juga menjelaskan tentang adanya tulang ekor pada manusia. Besar kemungkinan jika pada awalnya, manusia memiliki ekor. Namun, karena tidak memiliki fungsi dan tidak pernah digunakan tulang itupun akhirnya menghilang dan hanya tertinggal tulang yang disebut tulang ekor.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang teori evolusi Lamarck. Dengan semakin banyak mengetahui tentang fenomena dan bagaimana terbentuknya akan membuat Anda semakin mengerti bagaimana alam bekerja, termasuk dalam perkembangan makhluk hidup.

Dalil Teori Evolusi Lamarck