Sumber Daya Alam Utama Kosta Rika

Apa Sumber Daya Alam Utama di Negara Kosta Rika? - Kosta Rika adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Laut Karibia, Nikaragua, Panama, dan Samudra Pasifik. Negara ini dianggap sebagai negara dengan pemerintahan demokratis paling stabil dari semua negara di Amerika Tengah. Kosta Rika mencakup daratan seluas 18.700 mil persegi dan 227 mil persegi adalah perairan. Kosta Rika memiliki garis pantai sekitar 1.290 kilometer di pantai Karibia dan Pasifik.

Lihat juga: Sumber Daya Alam Kamboja

Kosta Rika diberkahi dengan beberapa sumber daya alam yang telah berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan ekonominya (lihat disini pengertian sumber daya alam). Tanah pertanian dan iklim adalah beberapa sumber daya alam paling penting di negara ini. Dibawah ini geologinesia akan membahas beberapa sumber daya alam utama di Kosta Rika.

Lahan pertanian

Secara historis, ekonomi Kosta Rika didasarkan pada pertanian. Pertanian masih berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto negara tersebut. Ini menyumbang 6,5% dari PDB dan 15% dari total jumlah pekerja di Kosta Rika. Berbagai tanaman diproduksi di berbagai bagian negara ini. Ekspor utama pertanian termasuk kopi, beras, pisang, sayuran, dan gula.

Sekitar 10% dari penggunaan lahan diperuntukan untuk pertanian. Sebagian besar wilayah Kosta Rika dapat mendukung setidaknya dua tanaman. Kopi dan gula ditanam di daerah dataran tinggi sedangkan pisang ditanam di dataran rendah. Nanas ditanam di seluruh negeri. Kosta Rika memiliki kemampuan untuk memberi makan seluruh warga negaranya dari hasil produk pertaniannya sendiri.

Pantai

Berbatasan dengan Karibia dan garis pantai Pasifik, Kosta Rika memiliki beberapa pantai yang paling menakjubkan dan paling indah di Amerika Tengah. Negara ini memiliki garis pantai berukuran sekitar 800 mil. Pantai keemasan di Samudra Pasifik dan pantai berbatu di Laut Karibia menjadikan Kosta Rika salah satu tujuan wisata paling populer di Amerika Tengah. Beberapa pantai terkenal di Kosta Rika termasuk Playa Conchal, Manuel Antonio, Playa Flamingo, Tamarindo, dan Punta Uva.

sumber daya alam di kosta rika

Iklim

Karena Kosta Rika terletak di utara garis khatulistiwa, ia mengalami iklim tropis sepanjang tahun. Namun, ia juga memiliki beberapa iklim mikro tergantung pada tingkat ketinggian, geografi, topografi, dan curah hujan di wilayah tertentu. Selama musim hujan (Mei-Oktober di utara dan April-Desember di selatan), angin darat dan konveksi termal membawa banyak hujan ke pantai Pasifik.

Konveksi angin di Karibia memastikan bahwa disana akan ada curah hujan yang memadai di sepanjang tahun. Kosta Rika mengalami musim kemarau dari Desember hingga April dan musim hujan dari Mei hingga November. San Jose merupakan salah satu daerah yang menerima banyak curah hujan dengan suhu yang sedang.

Lihat juga: Sumber Daya Alam Jepang

Mineral

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, Kosta Rika memiliki sekitar 373 deposit mineral. Beberapa mineral terpenting yang ditemukan di negara ini termasuk tembaga yang dapat ditemukan di Cordillera de Talamanca. Ada juga mangan yang ditemukan di dekat Semenanjung Nicoya dan emas yang sangat langka dan dapat ditemukan di bagian lereng Pasifik dan di Semenanjung Osa.

Magnetite tersebar di beberapa pantai, terutama di pantai Karibia selatan. Mineral yang paling penting tetapi belum dieksploitasi adalah bauksit yang umumnya terdapat di lembah "General" dan Coto Brus. Meskipun terdapat mineral berharga seperti itu, pemerintah Kosta Rika belum melakukan investasi signifikan dalam bidang pertambangan.

Margasatwa

Kosta Rika memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang signifikan. Meskipun negara ini hanya menyumbang 0,03% dari total daratan di bumi, Kosta Rika merupakan rumah bagi 5% tumbuhan dan hewan yang ada di dunia. Sekitar 25% dari wilayah daratan Kosta Rika dilindungi oleh taman nasional dan kawasan hutan lindung.

Sekitar sepertiga negara ini ditutupi oleh hutan hijau yang lebat. Taman Nasional Corcovado terkenal dengan keanekaragaman hayati ekologisnya dan pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat satwa liar yang melimpah termasuk kucing besar dan empat spesies monyet Kosta Rika. Cagar Hutan Awan Monteverde memiliki lebih dari 2.000 spesies tanaman, 400 dari 840 burung di Kosta Rika, dan 100 mamalia. Kosta Rika memiliki pohon buah berlimpah yang menghasilkan buah sepanjang tahun.

Sungai

Kosta Rika dilintasi puluhan sungai. Sungai-sungai disana berkisar dari jeram ke kanal dan beberapa di antaranya memiliki lebar hampir 100 meter dan panjang lebih dari 100 kilometer. 14 sungai berasal dari pegunungan dalam negara ini dan mengalir ke Samudra Pasifik, Laut Karibia, dan Danau Nikaragua.

Lihat juga: Sungai Paling Panjang di Dunia

Salah satu sungai paling populer di negara ini adalah Sungai Pacuare, yang merupakan salah satu lokasi arung jeram terpopuler di dunia. Sungai populer lainnya termasuk Sungai Sierpe yang dikenal dengan sistem bakau terbesar di Amerika Latin, Rio Celeste yang populer dengan warna airnya yang biru, dan Sungai Tarcoles yang biasa disebut sebagai "jembatan buaya."

Pegunungan

Dua rantai gunung di Kosta Rika yaitu Cordillera Volcanica, dan Cordillera de Talamanca melingkupi hampir seluruh panjang Kosta Rika. Cordillera Volcanica dibagi menjadi tiga jajaran gunung, yaitu Tilaran, Guanacaste, dan Central. Titik tertinggi di Kosta Rika adalah Gunung Cerro Chirripo pada ketinggian 12.530 kaki di atas permukaan laut. Gunung tersebut merupakan gunung tertinggi ke-5 di Amerika Tengah.

Selain pegunungan, di Kosta Rika juga terdapat 60 gunung berapi. Gunung berapi yang yang cukup banyak ini dihasilkan dari aktivitas dua lempeng tektonik yaitu Lempeng Karibia dan lempeng Cocos yang terletak di bawah daratan negara itu. Dengan ketinggian 11.257 kaki, Gunung Berapi Irazu adalah gunung berapi tertinggi di Kosta Rika.

Hutan

Ada berbagai jenis hutan di Kosta Rika, yang sebagian besar merupakan kawasan hutan lindung. Di Kosta Rika, hutan merupakan rumah bagi ribuan spesies tumbuhan dan hewan. Enam hutan utama Kosta Rika adalah hutan hujan tropis di wilayah barat daya dan dataran rendah Atlantik, hutan awan di kawasan hutan lindung Monteverde dan Santa Elena, hutan kering tropis yang terletak di pantai Pasifik Utara, hutan bakau yang dapat ditemukan disepanjang pantai Pasifik, hutan dataran rendah yang umumnya berada di daerah ketinggian hingga 1.000 meter, dan hutan riparian yang umumnya ditemukan di dekat sungai-sungai yang ada negara ini.

Sumber Daya Alam Utama Kosta Rika