Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sumber Daya Alam Kamboja yang Utama

Apa Sumber Daya Alam Kamboja? - Kamboja merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Negara ini memiliki area yang luasnya mencapai 181.035 km2. Kamboja memiliki batas dengan negara Laos di bagian timur lautnya, Thailand di bagian utara dan barat, serta Vietnam di bagian tenggara dan timur.

Negara ini pernah mengalami naik turun dari segi perekonomian. Akan tetapi dari segi sumber daya alam, negara ini ternyata tak kalah dari negara lain. Kamboja memiliki sejumlah kekayaan alam yang cukup melimpah. Walaupun tak sebanyak Indonesia, tapi tetap saja bisa untuk mendukung perekonomian negara berkembang tersebut. lalu apa saja sumber daya alam Kamboja yang terkenal?.

1. Kayu
Sebenarnya negara Kamboja bisa saja menjadi negara yang kaya raya dari segi sumber daya alam. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah kekayaan alam yang melimpah dan berguna bagi masyarakatnya.

Kondisi ekonomi Kamboja terbilang lebih baik dari beberapa tahun belakangan. Akan tetapi karena adanya ketidakstabilan kondisi politik di negara Angkor Wat tersebut, maka hasil alamnya kurang maksimal dimanfaatkan. Namun, sejumlah sumber daya alam Kamboja seperti misalnya kayu masih menjadi kebanggaan negara ini.

Kamboja adalah negara dengan hutan yang sangat luas. Kayu dari hutan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakatnya hingga saat ini. Fungsi hutan bagi masyarakat Kamboja sangat digunakan secara maksimal.

2. Padi
Selain kayu, ada pula padi yang menjadi tanaman utama dari Kamboja. Untuk penanamannya sendiri paling banyak berada di wilayah Tonselap, yang letaknya dekat dengan Battambang.

Di sepanjang hilir Sungai Mekong dan di bagian selatan Kompong Cham biasanya menghasilkan sumber daya alam yang satu ini dalam hitungan rendah. Akan tetapi masih ada banyak padi lain yang bisa diekspor ke luar negeri karena jumlah penduduknya yang tidak terlalu banyak.

3. Getah dan Lada
Getah adalah tanaman ladang terpenting di Kamboja. Sumber daya alam yang satu ini menjadi bahan ekspor utama yang sangat terkenal. Getah biasanya ditanam di daerah sepanjang bukit Cardamon. Getah juga ditanam di tanah tinggi Annam yang letaknya dekat dengan Kompong Cham.

Selain getah, ada pula tanaman lada hitam yang juga terkenal diekspor walau jumlahnya tak sebanyak getah. Daerah penanaman lada hitam ada di Pegunungan Gajah yang letaknya dekat dengan Kampot.

4. Perikanan
Jika tiga daftar sebelumnya berada di daratan semua, kali ini ada dari segi laut yaitu perikanan. Pada musim kering biasanya para petani berubah menjadi nelayan dan mengumpulkan ikan sebanyak mungkin.

Daerah Tonselap merupakan penghasil sumber daya alam perikanan terbesar di Kamboja. Hasilnya yaitu kurang lebih 50% dari jumlah ikan yang ditangkap di Khmer.

Daerah di sekitar muara Sungai Mekong yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Kamboja juga menghasilkan banyak ikan. Sebagian hasil perikanan di Kamboja biasanya akan diekspor ke luar negeri.
Sumber Daya Alam Utama Sumber Daya Alam Tambahan
Kayu Pertambangan
Padi Minyak Bumi
Getah dan Lada Gas Alam
Perikanan Tembakau

Kekayaan sumber daya alam Kamboja pada kenyataannya sangat membantu meningkatkan perekonomian negara tersebut. Masing-masing negara memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda dan jika diolah dengan tepat maka kekayaan alam tersebut bisa berdampak baik bagi kemajuan sebuah negara. Semoga penjelasan ini dapat berguna bagi Anda. Sekian.