Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Daya Alam Negara-Negara di Benua Afrika

Potensi sumber daya alam adalah suatu hal yang sangat diperhatikan oleh sebuah negara. Potensi sumber daya alam yang dimiliki suatu negara bisa berbeda dengan negara lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi tanah, iklim, dan sebagainya.

Beberapa negara yang berdekatan biasanya memiliki sumber daya alam yang tidak jauh berbeda, salah satunya negara-negara yang ada di benua Afrika. Negara di benua ini memiliki berbagai macam potensi sumber daya alam yang sangat terkenal.

Benua Afrika dikenal memiliki kondisi geografis berupa dataran yang luas dan tandus. Namun sebenarnya ada banyak sumber daya alam yang sangat potensial di sana. Sumber daya alam yang menonjol dari benua ini adalah SDA pertanian dan pertambangan. Hasil kedua sumber daya alam tersebut dapat memberikan penghasilan untuk negara mereka.

Berikut merupakan contoh negara di afrika yang terkenal dengan sumber daya alamnya:

1. Sudan
Sudan merupakan negara yang berada di timur laut benua Afrika dan termasuk dalam Afrika Utara. Sudan memiliki luas wilayah sebesar 1.886.068 km2. Dengan luas wilayah ini menjadikan Sudan sebagai negara terbesar di benua Afrika.

Sumber daya alam yang dimiliki oleh Sudan cukup beragam. Di bidang pertanian, Sudan banyak mengembangkan pertanian jagung, kopi, dan kapas.

Selain pertanian, Sudan juga mengolah hasil tambang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut:
# Bidang SDA SDA yang Dimiliki
1. Pertanian Jagung, Kopi dan Kapas
2. Pertambangan Krom, Asbes, Kobalt, Emas, Tembaga, Gipsum, Granit, Timah, Besi, Mangan, Kaolin, Nikel, Minyak bumi, Mika, Perak, Gas alam, Seng, dan Uranium

2. Ethiopia
Selain Sudan, negara negara di benua Afrika yang kaya akan sumber daya alam adalah Ethiopia. Ethiopia berada di Afrika Timur dan berbatasan langsung dengan Somalia, Kenya, Sudan, dan Eritrea.

Sektor pertanian menjadi sektor utama untuk mengangkat pertanian negara. Kopi, kapas, dan jagung adalah produk yang dihasilkan dari sektor pertanian.

Kopi memegang peran utama dalam ekspor pertanian. Di bidang pertambangan, ada banyak mineral yang dapat diperoleh dan dijadikan sumber penghasilan.
# Bidang SDA SDA yang Dimiliki
1. Pertanian Kopi, Jagung, dan Kapas
2. Pertambangan Gas alam, Perak, Mangan, Emas, Biji besi, Tembaga, Timah, dan Platinum

3. Nigeria
Nigeria merupakan salah satu negara yang berada di Afrika Barat. Nigeria dikenal dengan istilah Raksasa Afrika yang melihat dari jumlah populasi dan perekonomian yang berkembang.

Pada tahun 2010, sebanyak 30% penduduk Nigeria bekerja di bidang pertanian. Sektor pertanian menjadi sumber penghasilan ekspor Nigeria. Ekspor terbesar Nigeria di bidang pertanian adalah kokoa.

Di bidang pertambangan, sumber daya yang dimiliki Nigeria sangat besar. Nigeria merupakan salah satu negara pengekspor minyak bumi mentah yang besar. Namun, industri pertambangan yang ada di Nigeria masih dalam tahap pengembangan.
# Bidang SDA SDA yang Dimiliki
1. Pertanian Kakao, Karet, Kelapa sawit, Sayur seperti buncis, Biji-bijian seperti wijen, padi, jagung, kacang tanah, kedelai, Ubi-ubian seperti ketela, ubi jalar, Buah-buahan seperti melon, pisang
2. Pertambangan Minyak bumi, Batubara, Bijih besi, Timah, Kapur, Pualam, dan Seng

Itulah contoh beberapa negara di benua Afrika dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki. Masih banyak lagi negara lain di benua ini yang juga kaya dengan sumber daya alam, terutama di sektor pertanian dan pertambangan.